Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Mengapa Tuhan Memberi Kita Masalah? | Menggapai Impian

Mengapa Tuhan Memberi Kita Masalah?

Dalam Kehidupan Pasti kita sering mendapatkan permasalahan, dan jujur terkadang saya pribadi sering pula mendapat permasalahan yang datang silih berganti. Permasalahan yang timbul bisa permasalahan yang berat atau permasalahan yang ringan. entah dalam permasalahan pekerjaan, bisnis, percintaan, keluarga,agama, masalah individu atau masalah lainya. Pernah suatu waktu bertanya dalam hati "katanya tuhan sayang sama saya, lalu kenapa selalu saja hidup ini berlangsung dari permasalahan satu ke permasalahan lainnya" dan saya berkesimpulan sebagai berikut.


Permasalaan yang kita hadapi bisa membuat kita jatuh atau bertumbuh, tergantung dari bagaimana cara kita menanggapinya. Sangat disayangkan banyak orang gagal untuk melihat bagaimana Tuhan menggunakan masalah untuk kebaikan mereka. Mereka lebih memilih untuk bertindak bodoh dan membenci masalah-masalah mereka daripada menghadapi dan merenungkan kebaikan apa yang bisa mereka dapat dari masalah-masalah tersebut.
Dari beberapa perenungan saya Ada lima alasan yang menurut saya mengapa Tuhan dalam memberikan masalah dalam kehidupan kita :

1. Tuhan menggunakan masalah untuk MENGARAHKAN kita. Kadang-kadang Tuhan harus menyalakan api di bawah kita untuk membuat kita tetap bergerak. Sering kali masalah yang kita hadapi akan mengarahkan kita ke arah yang baru dan memberikan kita motivasi untuk berubah. Ada kalanya masalah menjadi cara yang Tuhan pakai untuk menarik perhatian kita.

2. Tuhan menggunakan masalah untuk MENGUJI kita. Manusia bagaikan teh celup... jika anda ingin tahu apa yang ada di dalamnya, celupkan saja ke dalam air panas! Tuhan kadang ingin menguji kesetiaan kita melalui masalah-masalah yang kita hadapi.

3. Tuhan menggunakan masalah untuk  MENGOREKSI  kita. Ada pelajaran-pelajaran yang hanya dapat kita pelajari melalui penderitaan dan kegagalan. Mungkin waktu kita masih kecil orang tua kita mengajar kita untuk tidak boleh menyentuh kompor yang panas. Tetapi mungkin kita baru benar-benar belajar justru setelah tangan kita terbakar. Kadang-kadang kita baru bisa menghargai sesuatu... kesehatan, teman, hubungan..., saat kita sudah kehilangan.

4. Tuhan menggunakan masalah untuk MELINDUNGI kita. Suatu masalah bisa menjadi berkat jika masalah tersebut menghindarkan kita dari bahaya. Tahun lalu ada seorang sahabat yang diberhentikan dari pekerjaannya karena ia menolak untuk melakukan sesuatu yang tidak etis bagi bossnya. Ia menjadi mengganggur, tetapi justru dari masalah itulah ia terhindar dari ditangkap dan dimasukan ke dalam penjara, karena setahun kemudian tindakan boss itu terbongkar.

5. Tuhan menggunakan masalah untuk MENYEMPURNAKAN kita. Jika kita menanggapi masalah dengan cara dan pandangan yang benar, masalah tersebut bisa membentuk kita. Tuhan lebih memperhatikan karakter kita daripada kenyamanan kita. Hanya hubungan kita dengan Tuhan yang akan kita bawa sampai kekal. " ... Kita malah bermegah dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan.

Apa yang ada di tangan kita? Dalam beberapa hal, hidup kita berada di tangan kita. Kita dapat memilih untuk menghamburkan setiap jam, hari, minggu, bulan, dan tahun demi kepentingan kita sendiri Kita akan heran saat menyaksikan betapa banyaknya hal yang Tuhan sempurnakan dalam diri kita dan melalui kita. Jadi sabar dan jalanilah setiap permasalahan yang kita hadapi. dan permasalahan yang timbul adalah suatu rahmat untuk kita. dan menjadi sebuah tantangan kita untuk hidup yang lebih baik.

67 comments:

  • must_once says:
    4/25/2011

    Tentunya juga supaya kita tetap ingat dan berhati-hati menapaki kehidupan selanjutnya. Sebuah artikel yang menarik.

  • suciyellow says:
    4/26/2011

    sy juga dalam waktu dekat akan dofollow aah.. :D

  • Iskaruji dot com says:
    4/27/2011

    Dapet pencerahan dan perenungan di blog motivasi ini...nice share and happy blogging!

  • Share everything says:
    4/27/2011

    nice share untuk di renungkan...

  • alat pertanian says:
    4/27/2011

    betul sekali ...

  • Made Budi says:
    4/27/2011

    motivasinya ok sahabat, happy blogging

  • gavee says:
    4/27/2011

    Masalah membuat kita tumbuh dan berkembang

  • wongcrewchild says:
    4/28/2011

    mencerahkan sekali sob, bukti cinta Tuhan pada kita, tinggal kita jalani dengan keikhlasan...thanks sob

  • artikel yang bagus bro, inspiratif.. saya setuju, hidup itukan memang serangkaian dari masalah ya bro, hidup manusia adalah perjalanan dari masalah yang satu ke masalah lainnya, masalah baru akan selesai klu manusia sudah meninggalkan dunia ini (itupun akan dihadapkan pada masalah tanggung jawa di kehidupan selanjutnya siyhh.. ^_^), dan Tuhan tentu tidak sekedar memberi masalah (apalagi tuk menganiaya hambaNya melalui masalah hidup, amat sangat tidak mungkin tentunya), karena Dia maha penyayang, dibalik semua masalah hidup yang Tuhan berikan dan izinkan terjadi di kehidupan manusia pasti ada nilai kasih sayangNya didalamnya, apapun itu tujuanNya memberi masalah tersebut.. ^_^ ya-kan bro
    Walau begitu kadang masih sulit juga ya membuat diri mengerti akan kasih sayang Tuhan melalui masalah hidup yang Tuhan sodorkan di hidup ini..

  • risnadi bergaya says:
    4/29/2011

    mantap gan!
    ane jadi sadar nih gan! :'(
    keep posting gan! :D

  • se-masa says:
    4/29/2011

    tuhan memebrikan kita masalah agar kita kuat sobat,,.. teruskan sob memberikan motivasi,,

  • Vicky Mahendra says:
    4/30/2011

    mantap gan....

    kunjungi web saya di http://vicqyyy.co.cc/component/content/article/35-kebiasaaanku/70-begadang.html

    trims :)

  • Fety Kusumanugraha says:
    4/30/2011

    good artikel, jadi motivasi hidup, pantang menyerah, jangan putus asa, tetap semangat....

  • sichandra says:
    4/30/2011

    semoga kita dapat melewati segala cobaan dari tuhan dengan baik dan positif :)

  • Kepri Online says:
    4/30/2011

    Artikel yang patut dihayati sebagai bekal hidup kita, sob..trims, sob..oh ya, sob..ada award buat sobat nih..mohon diambil ya, sob...

  • Bhima Permana Putra says:
    4/30/2011

    Bener bgt ne,Tuhan memberi cobaan kepada hambanya sesuai dengan batas kemampuannya sendiri

  • Toyota Community says:
    5/01/2011

    Tuhan memberikan cobaan agar kita selalu ingat kepada-Nya dan tak akan lupa selalu agar kita selalu diwajibkan agar beribadah. Dan meminta pertolongan kepada-Nya agar kita semua dimudahkan jalannya dan riskinya. Terkadang kita juga lupa bahwasanya jika kita sudah mencapai sesuatu yang kita inginkan, kita lupa mengucap syukur atas bantuan-Nya kita dapat mencapai apa yang kita raih. Semoga Kita taat untuk selalu beribadah. Salam TOYOTA

  • Thanjawa Arif says:
    5/01/2011

    Isinya diciptakan manusia di dunia adalah memang adalah untuk diuji, dengan ujian tersebut Allah akan mengetahui kadar keimanan kita, bersekolah saja kalau akan kenaikan kelas ada ujian.
    Pengingat yang cerdas (salut!)
    Salam

  • Belajar Komputer says:
    5/02/2011

    Saya rasa Allah masih mencintai hambanya dengan mengujinya, apakah dengan ujian tersebut kita masih bisa bersabar dan bermunajat kepada-Nya atau tidak.. :)

  • amPuzz says:
    5/03/2011

    Because Allah loves his people and test their love with a problem :D

  • Adrian says:
    5/05/2011

    bagus banget sob artikelnya..jadi tau nih saya dan nambah ilmu diblog ini..hehe..jgn lupa jga komentar balik di blogku ya

  • Adrian says:
    5/05/2011

    bagus sob artikelnya..jadi tau dan tambah ilmu lagi nih..hehe.jgn lupa komen balik di blogku ya

  • rydho says:
    5/06/2011

    mantab sob,,,

  • cosarosta says:
    5/15/2011

    memberi kita cobaan agar lebih bertaat....saya rasa itu jawannya

  • tuhan memberikan ujian ga melebihi batas kemampuan umat nya,,,,,

  • Afria says:
    6/10/2011

    nice post...
    jadi lebih terbuka pikiran dan hati saya :)

  • pulsa murah says:
    7/05/2011

    terkadang banyak manusia yang menganggap bahwa bnyaknya masalah yg di hadapinya,di karenakan tuhan tidak sayang sama dia

  • galih says:
    7/13/2011

    artikel yg bagus,asik bwt bahan renungan.

  • pembalut sehat says:
    8/03/2011

    wooo so dalem ah... mantab2 gan postnya.

  • ragazze immagine says:
    8/23/2011

    it appears such as this is often a very popular website. Keep up the truly amazing work. Impressive blog and i really enjoyed reading your information and mostly peoples are like your blog. Thanks for your wonderful sharing.

  • xamthone plus says:
    9/18/2011

    wah arikel nya sangat menarik dan sangat bagus nie gan.........

  • jus manggis says:
    9/19/2011

    mantap nie postingan nya sangat bagus nie dan keren...........

  • Jelly Gamat Gold says:
    9/19/2011

    thanks sharenya bermanfaat sekali untuk saya,
    Tuhan membari kita maslah karena Tuhan sayang pada kita..

  • xamthone plus says:
    9/19/2011

    dibalik itu semua pasti ada hikmahnya...

  • obat alami asam urat says:
    9/19/2011

    kadang saya suka berpikiran,, bahwa masalah saya itu berat dan tk sanggup menghadapinya...padahal tuhan memberikan masalah bukanlah masalah di luar kemampuan umatnya

  • xamthone plus says:
    9/20/2011

    tentunya dengan adanya permaslahan maka akan membuat pikiran kita lebih terbuka dan dewasa untuk kedpannya,,,,

  • jus manggis xamthone says:
    9/21/2011

    mantap juga nie artikel nya sangat menarik nie......

  • obat herbal kanker hati says:
    9/22/2011

    thanks infonya n salam kenal ja

  • sip mas..
    thanks infonay a

  • xamthone plus says:
    9/26/2011

    mantap juga nie info nya sangat bagus dan sangat menarik nie.......

  • jus manggis xamthone says:
    10/10/2011

    salam kenal ja

  • obat alami kolesterol says:
    10/13/2011

    oke juga nie sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,

  • hemmmmss...bener juga ya,,Tuhan itu selalu memiliki hikmah dibalik semua perintah maupun ujian nya,,,makasih atas artikelnya,,
    bermanfaaat buat saya untuk lebih bisa bersyukur atas pa yang Tuhan berikan.

  • cara pemesanan xamthone says:
    10/28/2011

    di setiap masalah pasti ada hikmahh,,jadi kalo di dalam hidup kit atidak ada maslah kalo di ibaratkan makan sayur tanpa garam,,thanks mas

  • cara pemesanan gold g says:
    10/31/2011

    sip mas.
    thanks infonya n good post nya

  • aliblogger says:
    11/02/2011

    wah sip deh postingannya sob

  • company profile says:
    11/02/2011

    makasih infonya semiga bermanfaat

  • masalah itu bisa berarti cobaan.
    ketika aku sedang mengaji kitab kuning (kifayatul atqiya') bersama ustadzku, ternyata cobaan itu bukan semata-mata karna keinginan Tuhan sendiri. Tapi...
    COBAAN AKAN DATANG JIKA KITA MELALAIKAN/MENYIA-NYIAKAN TAQWA.

  • obat alami maag says:
    11/10/2011

    oke juga nie info nya sangat bagus dan sangat menarik nie gan,,,

  • MaMuF says:
    11/11/2011

    Masalah...?
    Yang penting jangan bikin masalah.

  • emping melinjo says:
    11/16/2011

    sutuju bgt gan,,,

  • masalah adalah ujian yang diberikan tuhan kepada kita untuk menguji apakah kita pantas hidup lecih baik lagi apa tidak.

  • obat herbal migren says:
    12/27/2011

    setiap tuhan memberikan sesuatu kepada kita pasti ada hikmah nya..
    termasuk masalah yang tuhan berikan kepada kita.

  • obat herbal kanker usus says:
    12/27/2011

    masalah yang tuhan berikan bisa kita jadikan sebagai intropeksi buat kita sendiri.

  • anak-jelex says:
    1/30/2012

    tulisannya bagus... sdkt komentar aja. dg datangnya masalah, sebenarnya kita akan menjadi manusia yang lebih "kuat"


    salam ~ anak-jelex ~

  • donkissotes.com says:
    2/01/2012

    dg adany masalah kita akan maju, sama saja dg sekolah kita diberi soal & PR,,,

  • Fahmi Setiawan says:
    2/07/2012

    artikel yang menarik gan:D

  • Allah tidak akan memberikan cobaan kepada kita apabila kita tidak mampu menghadapi cobaan tersebut..

  • hidup adalah suatu hal yang mesti kita perjuangkan...

  • masalah itu ujian, ujian itu tantangan..
    apabila kita tidak bisa menyelesaikan masalh itu, tentu kita sudah kalah dengan orng lain...

  • gamat luxor bengkulu says:
    4/18/2012

    karena mendidik kita untuk bisa bersabar gan :)

  • Panji says:
    10/03/2012

    tanpa adanya masalah kita tidak akan bisa move on.
    karena masalah lah akan membentuk pribadi kita di masa depan,

    tankz gan bwt artilenya.

  • agen xamthone says:
    10/12/2012

    jgn putus asa/menyerah dgn masalah karena Tuhan slalu menolong..

  • silverBullets says:
    11/29/2012

    untuk kata-kata yang lebih tepatnya, bukan "tuhan memberikan masalah", tetapi "tuhan memberikan cobaan".. kalo masalah, sifatnya seperti serba salah, ini itu salah, semua sebar salah. Nah itu baru namanya masalah. hee cuma saran doank.
    Salam blogger...

  • fathulmubeng says:
    1/06/2013

    luar biasa artikel2nya sangat bermanfaat dan sangat inspiratif gan, makasih ya....

  • penyewaan genset says:
    1/07/2013

    setuju dengan artikel yang diatas, dan Tuhan juga mau kalo kita semakin dekat sm Dia. Pasti setiap orang yang memiliki masalah, otomatis dia akan banyak berdoa kan, berarti semakin dekat dengan yang diatas deh hehe..

  • agen guavita terbesar says:
    1/16/2013

    tentunya karena kita orang pilihan yg Tuhan anggap mampu :) jd dapet pencerahan nih. nice!

Gambar Komentar