Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Keajaiban sedekah bersama Ustad Yusuf Mansur | Menggapai Impian

Keajaiban sedekah bersama Ustad Yusuf Mansur

Artikel ini mengisahkan tentang keutamaan sedekah agar menjadi kaya dan bahagia. Aku peroleh dari sebuah milis sebagai berikut :

Meraih Kesejahteraan Finansial dengan Pendekatan Spiritual

Kekayaan masih menjadi pesona bagi sebagian besar manusia. Sebab kekayaan membawa kepada pintu segala kesenangan dan kebahagiaan. Kekayaan juga berarti kesempatan untuk menjadikan standar hidup menjadi lebih baik. Belum lagi kenyataan yang ''dikondisikan'' oleh manusia itu sendiri, bahwa kekayaan terkait dengan masalah posisi, status sosial dan kehormatan.


Wajar kemudian bila kekayaan begitu banyak menggoda manusia. Dan ditemukan kemudian, tidak sedikit manusia yang mengorbankan sisi kemanusiaannya dan mengabaikan keberadaan Tuhannya dalam kerangka pencarian dunia. Itu sebabnya, kekayaan juga bisa dalam sekejap berubah menjadi neraka dunia !

Bagaimana cara menghindari hal tersebut? Menurut Pimpinan Wisata Hati, Yusuf Mansur, menjadi kaya adalah sebuah keinginan yang wajar-wajar saja, sebagaimana keinginan untuk menjadi orang yang sukses baik secara pendidikan, jabatan dan lain sebagainya. ''Toh biar bagaimanapun, tidak ada larangan menjadi kaya -- harus malah -- asal bisa tetap bersyukur lagi saleh,'' tegas Yusuf Mansur saat memberikan ceramah tentang Financial Healing: Jawaban Bagi 1001 Masalah dan Keinginan yang diadakan oleh PT Telkom Bandung, di Bandung, Selasa (31/5).
 
 
Acara yang dihadiri oleh ratusan Pegawai Telkom Bandung itu merupakan kerja bareng Telkom Bandung, DAR! Mizan, dan Wisata Hati. ''Dan untuk mengiringi langkah pencarian kekayaan itulah manusia perlu diingatkan, dan diberikan pengarahan yang jelas. Tujuannya, bagaimana bisa menjadi kaya tanpa harus memiskinkan hati. Apalagi bila memiskinkan orang lain,'' tegas Yusuf Mansur.

Sebelumnya, saat berceramah di Masjid Raya Batam Centre, Batam, Senin (30/5), Yusuf Mansur mengupas tema ''Fenomena Keajaiban Sedekah (Membangun Usaha dengan Spiritual). Acara tersebut diadakan oleh Majelis Taklim Humairah Kota Batam, yang dipimpi oleh Ny Rekaveny Soerya, dan dihadiri oleh ribuan jamaah yang datang dari Batam dan sekitarnya.

Penulis seri buku Wisata Hati itu mengaku yakin benar bahwa bersedekah adalah kunci utama untuk menjadi kaya dan sukses. ''Banyak kejadian yang membuktikan itu. Dengan sedekah utang menjadi lunas, miskin menjadi kaya, susah menjadi senang, masalah mendapat solusi,'' ujarnya penuh semangat.

Dari perjalanannya ke berbagai daerah, ustad muda kelahiran Jakarta tahun 1976 itu banyak menemukan fenomena keajaiban sedekah. Karena itu, kata dia, setiap insan perlu mempelajari ilmu sedekah. ''Meskipun terdengar sederhana, sedekah mampu membangun usaha dengan jiwa spiritual. Walaupun terdengar tak lazim tapi sedekah mampu membersihkan harta yang kita miliki dan mampu menggolkan proyek yang kita incar, Insya Allah,'' tuturnya.

Dia lalu mencontohkan tentang seorang pengusaha sedang mengincar sebuah proyek. Biasanya dalam dunia bisnis, orang suka main sikut sana-sikut sini, menyogok, atau memakai uang pelicin. ''Sekarang gantilah sogokan Anda dengan membiayai seribu anak yatim piatu dan anak jalanan. Kalau kita boleh bergurau sama Allah, istilahnya kita menyogok-Nya. Insya Allah proyek itu gol. Karena Allah yang memiliki dunia dan seisinya, maka berharaplah dari-Nya, jangan dari manusia,'' ujarnya.

Sekarang, kata dia, bayangkanlah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika berhasil dalam suatu hal, maka langsung saja 2,5 persen disedekahkan di muka. ''Misalnya anda akan memperoleh seratus juta, maka sebelum memperoleh keuntungan itu, gelontorkanlah uang dari kocek anda sejumlah dua setengah juta rupiah untuk sedekah. Tidak besar, kan? Inilah contoh implementasi membangun usaha dengan spiritual,'' paparnya.

Saat berceramah di rumah Soerya Respationo, salah satu calon wakil gubernur Batam (mendampingi calon gubernur H. Nyat Kadir), Senin (30/5) malam, Yusuf Mansur menuturkan beberapa kisah ajaib bersedekah. Misalnya, kisah seorang lelaki bernama Mubalighun yang ditimpa masalah berat. 
 
Karena selalu berutang dan dikejar debt collector, istrinya tidak tahan dan minta cerai. Pada suatu malam, dia merasa dunia akan kiamat baginya, karena pada keesokan harinya rumahnya akan disita, istrinya menunggu di Pengadilan Agama, dan anak sulungnya akan dikeluarkan dari sekolah akibat terlalu lama menunggak bayaran. Pokoknya Mubalighun depresi berat dan bahkan berniat bunuh diri malam itu juga. ''Syukurlah dia sadar, dan teringat uang simpanannya sebesar Rp 300 ribu. Malam itu juga ia sedekahkan uang tersebut kepada fakir miskin. Keesokan harinya dia mendapatkan rezeki besar yang tak disangka-sangka, sehingga rumah tetap dimiliki, istri tak jadi menuntut cerai, dan anak sulungnya bisa tetap bersekolah,'' tuturnya.

Ada juga kisah seorang tukang bubur yang mengorbankan uangnya untuk biaya pengobatan orang tuanya. Apa yang terjadi? ''Begitu angka tabungannya di sebuah bank mencapai lima juta rupiah, ia mendapat hadiah sebuah mobil Mercy,'' kata Yusuf Mansur.

Ny. Hasyimah, istri H. Nyat Kadir, membenarkan fenomena keajaiban sedekah. Suatu hari dalam sebuah acara ia ingin menyumbang sejuta rupiah. Entah kenapa rasanya berat sekali mengeluarkan uang itu. Akhirnya ia hanya menyumbang 500 ribu, namun apa yang didapatnya? Sejak itu ada saja uangnya keluar untuk berbagai keperluan. Jumlahnya sampai berlipat. ''Andai saja saya jadi menyumbang sejuta, saya yakin keadaannya tak akan seburuk itu,'' tandas Ny Hasyimah.

Ny Rekavenny Soerya juga berceritabanyak mengenai keajaiban-keajaiban sedekah, terlebih setelah mendengarkan berbagai ceramah. ''Pengalaman hidup kami membuktikan bahwa pendekatan spiritual, khususnya sedekah, merupakan kunci untuk meraih kesejahteraan finansial,'' papar Ny Rekavenny.
 

62 comments:

  • Jejak Puisi says:
    2/10/2012

    Ust. Yusuf Mansur mang pantas diacungi jempol dngn metode sedekahnya... subhanallah... apalagi beliau memberikan les gratis kepada anak2 kampung dkt pesantrennya di daerah Ketapang - Tangerang (kebetulan, rumah n tmpt ngajar ane gak jauh dri situ) :D

    syukron katsiron atas share-ny y sob... and keep posting

  • Kang Farhan says:
    2/10/2012

    saya jadi lebih ingin semangat nih bang dalam sedkah... memang sedekah adalah jalan terbaik untuk hamba yg sholeh dan percaya pada Allah semata.
    saya suka postingan abang

  • Dwi Yulianto says:
    2/10/2012

    artikel yang bagus sobat..kita bisa mencontohnya... :)
    salam

  • Ary_Putra says:
    2/10/2012

    Terlebihnya saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya buat Jejak Puisi, Kang Farhan, Dwi Yulianto Semoga dengan membaca artikel dahsyat tentang fadilah & keutamaan sedekah di atas di harapkan semoga kita semua senantiasa lebih giat dalam hal beramal shaleh. Insya Allah dengan sedekah yg di sertai niat ihklas serta tulus semata hanya mengharap Ridho dari Allah swt. semoga amal kebaikan selalu senantiasa menyertai kita. Amin

    Salam Sukses

  • Zikir dan Kontemplasi says:
    2/10/2012

    posting yang bagus, mengajarkan kita untuk bersedekah dengan tulus dan ikhlas hanya mengharap ridho-Nya.

  • Indonesia Ku says:
    2/10/2012

    posting yang bagus sekali..memotivasi agar kita peduli atas sesama umat..salam..

  • Dwi Yulianto says:
    2/10/2012

    absen pagi....
    semoga sobat dalam ke adaan baik..semangat pagi sobat... :)

  • kang asep sule says:
    2/13/2012

    kadang banyak orang (termasuk ane) yg masih ragu untuk shodakoh.
    Dulu tak sodakoh karna tak tahu keutamaannya,
    sekarang masih tak sodakoh karena ragu walau sudah tau keutamaannya.
    Mudah2an artikel2 semacam ini menginspirasi kita utk lebih rajin sodaqoh.

  • imanarsyad says:
    2/13/2012

    wah bang saya kemaren jumat sedekah 5 ribu eh pas pulang dapet 100 ribu, rencananya mau pos di blog tuh hehe

  • gejala diabetes says:
    2/14/2012

    Very interesting your posting, thanks for putting up.

  • ilhamhalim says:
    2/14/2012

    Ust..... saya selalu hampir setiap jumat sedekah, tapi sampai saat ini faedahnya belum saya rasakan, perasaan hati masih selalu ingin ... ingin dan ingin, apakaha sedekah saya tidak diterima oleh-Nya atau bagaimana mohon jawabannya

  • konsep sedekah yang diusung oleh ustadz yusuf mansur sangat bagus.. sangat inspiratif

  • Gamat Luxor says:
    2/15/2012

    postingan ini sangat bagus...
    sangat bermanfaat untuk yang membacanya...
    ilmu baru bagi saya

  • Reini says:
    2/16/2012

    wah, blog yg bagus niy... slm silaturahmi jg ya.. silakan jg jln2 ke www.khasanah2000.blogspot.com ada diskon kursus masak murah lho, cuma 50 rb... :-)

  • cara pengobatan stroke says:
    2/18/2012

    terimakasih atas semua infonya,,,,
    sangat bermanfaat,,,,

  • Bahasa Corner says:
    2/20/2012

    Sungguh menggugah hati..

    Salam dari kami,

    www.bahasa-corner.com

  • yu kita perbanyak sedekah....

  • placenta domba says:
    3/10/2012

    Hello, I really enjoy reading your posts, thank you for the great post!

  • alat pemadam kebakaran says:
    3/31/2012

    Your post gives useful and sensible information.......thanks

  • super lutein says:
    4/11/2012

    Generally I never read whole articles but the way you wrote this information is simply amazing and this kept my interest in reading and I enjoyed it.

  • sheep placenta says:
    4/23/2012

    artikelnya bagus...dan menjadi pengetahuan yang bagus pula bagi si pembaca

  • produk anti aging says:
    5/03/2012

    This is a great blog posting and very useful. I really appreciate the research you put into it.Superb!

  • wito says:
    5/16/2012

    sedekah... hal mudah yang sulit dijalani...

  • adhin busro says:
    5/27/2012

    Sedekah?
    Betul, sedekah memang dahsyat dan mampu melipatgandakan rezeki. Masalahnya sebagian besar dari kita justru sayang rezeki yang kita cari dengan susah payah kemudian kita berikan kepada orang lain. Katakan gaji kita 2 juta, mau tidak yang 1 juta di sedekahkan? Pasti banyak alasannya. Nah, nampaknya ilmu sedekah belum bisa diyakini 100%. Kita membutuhkan dalil keimanan yang kuat dan tentunya dalil ilmiah, sebagaimana 1 + 1 = 2. Betul tidak?? Mau tau kajian ilmiah sedekah? Mampir ke blog saya

  • Awin Onyis says:
    6/09/2012

    Tidak akan ada keraguan terhadap janji janji Alloh SWT Dzat yang Maha Sempurna dan Mulia....saya sdh membuktikan nya, semua benar adanya....Subhanallah

  • obat alami darah rendah says:
    6/18/2012

    subhanallah !!!!

    takdir pun bisa berubah dengan sedekah !!!
    namun sayang aku masih sangat sulit dengan hati ikhlas bersedekah !! sllu sja ada faktor lain !!! seperti ingin di fuji misal nya !!!

  • produk perawatan wajah says:
    7/11/2012

    I visited this page first time and found it Very Good Job of acknowledgment and a marvelous source of info.........Thanks
    produk perawatan wajah

  • madi says:
    7/16/2012

    saya sering bersedekah tapi kok sy sering dpt masalah,sitiap sedekah sy sangat ikhlas melakukannya.

  • ifand pecinta says:
    7/21/2012

    terima kasih akhii buat sharingnya
    sangat menginspirasi

    salam

    www.wisatahati-antv.com

  • iis says:
    7/27/2012

    ass.pa ustad mf mnggu wkt nya,pa ustad sy mau minta solusi,ht sy skr sering bingbang takut gelisah prnkahan sy sdh 3thn dn blm dkaruniai mo2ngn sy dn suami sdh mndmbakn skli.pa ustad mhn skli solusi dn doa ny biar ht sy tenang.dngn itu mhn blsn pa ustad

  • itulah matematika Allaah....
    Ketika kita menginfakkan harta kita di jalanNya ataupun untuk membantu orang lain dalam kesusahannya balasannya akan berlipat ganda...

  • kecantikan wajah says:
    8/04/2012

    nice information, Keep posting more ^^
    kecantikan wajah

  • Indra Rinaldy says:
    8/14/2012

    Sedekah itu nyata

    Pengalaman saya, saya sangat senang menahan uang saya untuk tidak bersedekah, suatu saat semua harta saya habis di tipu orang, tetapi berkat sedekah alhamdulillah apa yang dulu saya miliki sekarang saya dapatkan kembali, sedekah yang saya berikan terus terang kurang iklas tetapi janji allah tidak pernah dipungkiri, saya mendapatkan berkah sedekah yang luar biasa.

  • tips kecantikan says:
    8/16/2012

    The blog is written in such a way that it is so easy

    to read and understand..thanks for putting up :)
    tips

    kecantikan

  • penyakit katarak says:
    8/22/2012

    Thanks for your enjoy article.The blog is written in such a way that it is so easy to read and understand....I look forward to more updates. =D

  • Tari says:
    9/04/2012

    I believe in sedekah, that true n I ever feel it. Thx god

  • zell v says:
    9/21/2012

    I like this website, Thanks for sharing this information. Keep posting more.

  • penyakit katarak says:
    10/09/2012

    I very happy to find this website on bing, just what I was looking for : D also bookmarked

  • Anonymous says:
    10/20/2012

    Anak Bisa Kuliah dengan Sedekah

    Kurang lebih 1 th yll saya sedekah 2 juta rupiah denga niat anak saya bisa kuliah di PT Negeri. Alhamdulillah tahun ini anak saya diterima di PT Negeri di Surabaya tanpa TES, Gratis dan mendapat bea hidup 600rb/bulan. Subhanalloh. Dahsyatnya sedekah di jalan Alloh SWT. Mr. Nuri Jogja.

  • ezapulsa says:
    10/22/2012

    Gimana caranya mau ikut metode ust. yusuf mansur....?
    Di tunggu jawabannya...
    Dhani2_587@yahoo.com

  • baju muslim modern says:
    11/02/2012

    hey..your article so interesting guys :)

  • yusuf.syarif10@gmail.com says:
    11/12/2012

    Hal : Permohonan Dana Bantuan Beasiswa Perkuliahan
    Kepada Yth,
    Para Pembaca yang di Rahmati Allah 
    Di tempat.
    السلام عتيكم ورحمة الله وبركاته
    Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah . Shalawat dan salam marilah senantiasa kita limpahkan kepada Nabi besar Muhammad , pembawa dan pemimpin kebenaran bagi umat manusia. Serta sholawat dan salam semoga terlimpahkan kepada para sahabat Nabi  dan orang-orang yang senantiasa istiqomah didalam mengikuti jejak dan sunnah Muhammad .
    Alhamdulillah atas karunia dan nikmat Allah  kita dapat meneruskan dakwah dan perjuangan Nabi Muhammad  untuk menyebarkan Islam ke seluruh umat manusia dan ini adalah karunia serta nikmat dari Allah  bahwa kita telah dipercaya oleh Allah  untuk memegang amanah meneruskan perjuangan Nabi .
    Saya adalah seorang santri alumni dari salah satu Pondok Pesantern di Sumtra Utara ini. Ayah saya adalah seorang petani yang memiliki hutang sebesar ± 200 juta rupiah. Saya sekarang mengajar di salah satu Pondok Pesantren di Kab. Labuhan Batu Selatan (LABUSEL). Yang Alhamdilllah saya mengajarkan pelajaran salah satu bahasa internasional yang membumi yaitu bahasa inggris. Saya seorang guru abdi yang tamatan SMA/Aliyah. Dengan hal tersebut ilmu yang saya punyai untuk mengajarkan kepada siswa sangatlah minim. Apa lagi di era zaman yang serba maju seorang guru harus mempunyai title (gelar) minimal S1.
    Dengan alasan-alasan tersebutlah saya seorang guru sadar bahwa ilmu yang saya miliki masih minim dan harus di tambah. Tetapi saya sedih dengan biaya yang saya miliki belum mencukupi dan sangat minim.
    Dengan inilah saya mengajak para pembaca sekalian untuk menyisihkan keapangan rezki yang dimiliki. Agar sekiranya membantu saya untuk menambah biaya kuliah saya. Dan saya berharap kepada anda untuk menginfakkah harta anda untuk orang yang semangat dalam menuntut ilmu seperti saya Insya Allah. Insya Allah harta yang anda infakkan sekalian adalah salah satu amalan jariyah (amalan yang tidak pernah putus pahalanya) hingga hari kiamat. Yang Insya Allah ini adalah salah satu jalan kepada Anda untuk menambah berat timbangan amalan kebaikan anda disisi Allah , ketika kita semua di kumpulkan oleh Allah ta’ala untuk di hitung Amalnya. Amiin…
    Dan saya berharap kepada Anda sekalian untuk menginfakkan harta yang anda miliki dengan niat yang tulus ikhlas agar Allah menambah rezeki anda semua. Dan saya memohon dan berharap sekiranya saya jika di berikan infak ini salah seorang dari anda tidak mengikat saya ke lembaga atau istansi. Karena saya akan mengamalkan semua ilmu yang saya dapat kepada semua orang baik muda atau pun tua baik laki-laki ataupun wanita tanpa terkecuali.
    Yang Alhamdulillah anda bisa menyalurkan dan menyisihkan harta Anda sebgai infak yang bermanfaat ke Rekkening bank BRI saya.

    A/N : Dedy Yusuf
    No. Rek : 5322-01-005177-53-4
    Bank : Bank BRI Medan
    Unit : Unit Melati Medan

    Demikianlah Surat permohonan bantuan menambah biaya kuliah saya yang saya sampaikan, yang Insya Allah mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua baik saya yang dapat menambah ilmu saya dan anda yang dapat menambah rezeki anda baik harta maupun pahala. Saya sampaikan juga bahwa ini adalah bukan suatu penipuan yang banyak terjadi disekitar kita. Tapi ini Alhamdulillah benar adanya. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada para pembaca yang sudah menginfakkan hartanya untuk keilmuan saya. Dan saya berdoa kepada Allah semoga Anda selalu dalam lindungan Allah dan limpahan harta dan nikmat kesehatan yang sangat berhaga dari apapun. Amiin …
    والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    Hormat Saya,


    ( Dedy Yusuf )

  • xamthone says:
    11/15/2012

    mau blajar bersedekah...

  • sedekah itu memang luarbiasa, ^_^

  • Buku Islam says:
    12/06/2012

    sedekah memang luar biasa manfaatnya dalam kehidupan...

  • penyuluh perikanan says:
    12/23/2012

    postingan yg sangat mengetuk sekali sobat, terutama utk hati
    terima kasih. salam sukses

  • Anonymous says:
    12/25/2012

    Ayo lebih rajin bersedekah biar hidup berkah

  • rachmad anwar says:
    1/03/2013

    Sungguh dahsyat sedekah

  • Admin Griya Zahara says:
    1/05/2013

    semoga saya bisa meneladani semu a,amiin
    wassalam
    Yetti Zahara
    www.griyazahara.com
    solution for your fashion

  • batik tulis jogja says:
    1/06/2013

    Very interesting your posting

  • batik tulis jogja says:
    1/17/2013

    I'm like your article...

  • sabar says:
    3/11/2013

    Allahumma yaa fattaah..ya razaaq,,, sedekah untuk menyembuhkan penyakitmu..Allah maha melihat

  • pulsa murah says:
    3/22/2013

    subhanallah , , sungguh menabjubkan

  • Misbahul Munir says:
    4/08/2013

    bener banget mas, boleh boleh saja kita kaya, kalau ndak kaya terus yang mbangun masjid, musholla, menyantuni fakir miskin dan anak yatim piatu siapa?

    sedekah sangat bermanfaat bagi kehidupan kita, apalagi dilakukan dengan keihklasan hati, makasih infonya mas, menyegarkan pikiran! :)

  • rumah dijual says:
    4/09/2013

    beliau memang selalu menganjurkan kita untuk sedekah :)

  • Eldy Man says:
    5/25/2013

    semoga menjadi suri teladan yah,,,aminn

  • SMAN SERIBU BUKIT says:
    6/06/2013

    InyaAllah ketika kita bersedekah saat itu juga kita dapatkan 10 kali lipat atau lebih, bukan berarti dalam bentuk uang bisa jadi dalam bentuk barang, atau hati merasa lapang, atau diberi istri yg cantik atan anak yg sholeh sholeha

  • Anonymous says:
    6/18/2013

    Sedekah gk perlu nunggu ikhlas,gk perlu mikir riya'.take action aja.pengalaman sy dan temen2:
    1.Pernah dimintai uang,pdhl wkt itu cm pny 4rb doank,mikir⁴...kasih ndak yaaa...,kasih dah,plg sklh sy mampir ke rmh saudara.nah pas mw pulang nih,kk sy bilang" nih bwt km,kk skrg sdh krj" bgtu sy plg, wow 40rb.sesuai janji Allah 10X lipat!.
    2.Dr pg sampe siang bengkel kami sepiiiii,gk ada pasien.menjelang dzuhur.kami sedekah k bbrapa org tetangga.apa yg terjadi?selesai shlt dzuhur,mobil berdatangan nonstop sampe maghrib.
    3.Ini yg extrem,sdh brtahun2 (seorng customer) menikah blm jg dkaruniai anak.sowan ke kiai,cm dsuruh sdekah.alhmdulillah skrng sdh pny momongan.

  • Ust. Yusuf mansur dalam segi membangun usaha emg sangat top...

  • obat tradisional gondok says:
    8/31/2013

    saya ini termasuk fans nya ust nih..

  • VENDRA says:
    10/05/2013

    Assalamualaikum. kenapa hdup gw semakin lama semakin berat. dulu saat msh kecil gw sering sakit sakitan shg gw jadi lemah tenaga. shg gw kalau sekolah, krja, olahraga, nyari jdoh dll gw jadi bahan ejekan. gw juga jarang berprestasi. gw di kampung sering dijelekin dan difitnah tetangga. gw sering dibenci dan dimusuhi teman. gw tdk tau sebab nya. gw merantau di sana gw sering dijahati org dan sering ditolak cewek. pdhl gw baik, jujur dan suka menolong. gw pulang kampung, nganggur dan jomblo sangat lama sampai 10thn lbh tp tdk ada yg mau menolong. org2 lbh suka jahat kpd gw drpd menolong gw. gw nyoba wirausaha gagal trs. gw sdh beberapa thn tahajud, puasa, dzikir dll tp nasib tdk berubah. gw tambah sulit dpt jdoh dan rejeki. gw malah kena penyakit vertigo. stlh sembuh, kepala jadi gampang pusing. mohon do'a nya, supaya nasib gw berubah lbh baik.

  • velza kuro says:
    3/02/2014

    ...Kalo kita berdoa..menginginkan sesuatu..jawaban pertaman kali,atau tanda do'a kita di dengar tu biasanya emang ujian...sabar...ntar pasti cair... :)

Gambar Komentar