Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Mau Tahu ? Klasifikasi Tingkatan IQ Manusia | Menggapai Impian

Mau Tahu ? Klasifikasi Tingkatan IQ Manusia


Tingkatan IQ Manusia


Apa sih IQ itu?
Intelegent quotient atau IQ ialah angka yang mana menjelaskan tingkat kecerdasan seseorang yang dibandingkan dengan sesamanya dalam satu populasi.

Bagaimana caranya mengetahui tingkat IQ (Intellegent Quotient) seseorang ? Umumnya dilakukan melalui psikotest yang memiliki banyak metode atau cara. Namun, para ahli berbeda pendapat dalam menentukan ukuran soal tingkatan IQ manusia. Berikut ini klasifikasi tingkatan IQ manusia menurut pendapat beberapa ahli:

Klasifikasi IQ berbeda untuk setiap metode test yang digunakan.
  1. Stanford-Binet mengklasifikasikan nilai IQ normal yang berkisar diantara 85 – 115.
  2. Lewis Terman mengklasifikasikan nilai IQ normal pada kisaran 90 – 109.
  3. Wechsler mengklasifikasikan IQ normal pada angka 100 dengan nilai toleransi 15 (berarti 85 – 115).

Dikarenakan perbedaan ini, maka selain nilai IQ yang didapat, harus diperhatikan pula metode test apa yang digunakan.

Untuk klasifikasi umum, saat kita tidak mengetahui metode apa yang digunakan. Bisa menggunakan klasifikasi dibawah ini (hasil kompromi ketiga metode diatas).

70 – 79     =  Tingkat IQ rendah atau keterbelakangan mental
80 – 90     =  Tingkat IQ rendah yang masih dalam kategori normal (Dull Normal)
91 – 110   =  Tingkat IQ normal atau rata-rata
111 – 120 =  Tingkat IQ tinggi dalam kategori normal (Bright Normal)
120 – 130 =   Tingkat IQ superior
131 atau lebihTingkat IQ sangat superior atau jenius.

Dengan rata-rata IQ manusia normal adalah di kisaran angka 91-110, berikut ini adalah orang-orang yang mempunyai kecerdasan diatas rata-rata, mungkin sebagian dari mereka sudah kamu kenal sebelumnya:

- Leonardo da Vinci Universal Genius,asal Italy, IQ 220
- Johann Wolfgang von Goethe — Germany : 210
- Kim Ung-Yong, ilmuwan fisika, Korea Selatan : 210
- Gottfried Wilhelm von Leibniz — Germany: 205
- Blaise Pascal Mathematician & religious philosopher France: 195
- Garry Kasparov, pecatur Russia: 190
- Sir Isaac Newton Scientist England: 190
- Galileo Galilei Physicist & astronomer & philosopher Italy: 185
- Buonarroti Michelangelo Artist, poet & architect Italy: 180
- Johannes Kepler Mathematician, physicist & astronomer Germany: 175
- Johann Strauss Composer Germany: 170
- Martin Luther Theorist Germany: 170
- Plato Philosopher Greece: 170
- Ludwig van Beethoven Composer Germany: 165
- Johann Sebastian Bach Composer Germany: 165
- James Watt Physicist & technician Scotland: 165
- Wolfgang Amadeus Mozart Composer Austria: 165
- Bill Gates CEO, Microsoft USA: 160
- Albert Einstein Physicist USA: 160
- Paul Allen Microsoft cofounder: USA 160
- Nicolaus Copernicus Astronomer Poland: 160
- Benjamin Franklin Writer, scientist & politician USA: 160
- James Cook Explorer England: 160
- Stephen W. Hawking Physicist England: 160
- Wolfgang Amadeus Mozart: 154
- John Quincy Adams President USA: 153
- Bonaparte Napoleon Emperor France: 145
- Adolf Hitler Nazi leader Germany: 141

Namun daftar di atas hanyalah jumlah kecil saja dan tidak mencakup semuanya.


Penjelasan tingkatan IQ secara umum:

A. Idiot IQ (0-29)
Idiot merupakan kelompok individu terbelakang paling rendah. Tidak dapat berbicara atau hanya mengucapkan beberapa kata saja. Biasanya tidak dapat mengurus dirinya sendiri seperti mandi, berpakaian, makan dan sebagainya, dia harus diurus oleh orang lain. Anak idiot tinggal ditempat tidur seumur hidupnya. Rata-rata perkembangan intelegensinya sama dengan anak normal 2 tahun. Sering kali umurnya tidak panjang, sebab selain intelegensinya rendah, juga badannya kurang tahan terhadap penyakit.

B. Imbecile IQ (30-40)
Kelompok Anak imbecile setingkat lebih tinggi dari pada anak idiot. Ia dapat belajar berbahasa, dapat mengurus dirinya sendiri dengan pengawasan yang teliti. Pada imbecile dapat diberikan latihan-latihan ringan, tetapi dalam kehidupannya selalu bergantung kepada orang lain, tidak dapat mandiri. Kecerdasannya sama dengan anak normal berumur 3 sampai 7 tahun.Anak-anak imbecile tidak dapat dididik di sekolah biasa.

C.Moron atau Debil IQ / Mentally retarted (50-69)
Kelompok ini sampai tingkat tertentu masih dapat belajar membaca, menulis, dan membuat perhitungan sederhana, dapat diberikan pekerjaan rutin tertentu yang tidak memerlukan perencanaan dan dan pemecahan. Banyak anak-anak debil ini mendapat pendidikan di sekolah-sekolah luar biasa.

D.Kelompok bodoh IQ dull/ bordeline (70-79)
Kelompok ini berada diatas kelompok terbelakang dan dibawah kelompok normal (sebagai batas). Secara bersusah paya dengan beberapa hambatan, individu tersebut dapat melaksanakan sekolah lanjutan pertama tetapi sukar sekali untuk dapat menyelesaikan kelas-kelas terakhir di SLTP

E. Normal rendah (below avarage), IQ 80-89
Kelompok ini termasuk kelompok normal,rata-rata atau sedang tapi pada tingakat terbawah, mereka agak lambat dalam belajarnya, mereka dapat menyelesaikan sekolah menengah tingkat pertama tapi agak kesulitan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas pada jenjang SLTA.

F. Normal sedang, IQ 90-109
Kelompok ini merupkan kelompok normal atau rata-rata, mereka merupkan kelompok terbesar presentasenya dalam populasi penduduk.

G. Normal tinggi (above average) IQ 110-119
Kelompok ini merupakan kelompok individu yang normal tetapi berada pada tingkat yang tinggi.

H. Cerdas (superior) ,IQ 120-129
Kelompok ini sangat berhasil dalam pekerjaan sekolah/akademik. Mereka seringkali terdapat pada kelas biasa. Pimpinan kelas biasanya berasal dari kelompok ini.

I. Sangat cerdas (very superior/ gifted) IQ 130-139
Anak-anak very superior lebih cakap dalam membaca, mempunyai pengetahuan yang sangat baik tentang bilangan, perbendaharaan kata yang luas, dan cepat memahami pengertian yang abstrak. Pada umumnya, faktor kesehatan, ketangkasan, dan kekuatan lebih menonjol dibandingkan anak normal.

J. Genius IQ 140>
Kelompok ini kemampuannya sangat luar biasa. Mereka pada umumnya mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan menemukan sesuatu yang baru meskipun dia tidak bersekolah. Kelompok ini berada pada seluruh ras dan bangsa, dalam semua tingkat ekonomi baik laki-laki maupun perempuan. Contoh orang-orang genius ini adalah Edison dan Einstein.

Uraian diatas menjelaskan tentang tingkat intelegensi dalam ukuran secara kognitif, pandangan lama menunjukkan bahwa kualitas intelegensi atau kecerdasan yang tinggi dipandang sebagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan individu dalam belajar dan meraih kesuksesan.

Namun baru-baru ini telah berkembang pandangan lain yang menyatakan bahwa faktor yang paling dominan yang mempengaruhi keberhasilan individu dalam hidupnya bukan semata-mata ditentukan oleh tingginya kecerdasan intelektual, tapi oleh faktor kemantapan emosional yang ahlinya yaitu Daniel Goleman disebut Emotional Intelegence (kecerdasan emosional).
Bedasarkan pengamatannya, banyak orang yang gagal dalam hidupnya bukan karena kecerdasan intelektualnya rendah, namun mereka kurang memiliki kecerdasan emosional mekipun intelegensinya berada pada tingkatan rata-rata. Tidak sedikit orang yang sukses dalamnya hidupnya karena memilki kecerdasan emosional.

Kecerdasan emosional ini semakin perlu di pahami, dimilki dan diperhatikan dalam pengembangannya karena mengingat kehidupan dewasa ini semakin kompleks. Kehidupan yang sangat kompleks ini memberikan dampak yang sangat buruk terhadap konstelasi kehidupan emosional individu. Dalam hal ini Daniel Goleman mengemukakan hasil survei terhadap para orang tua dan guru yang hasilnya bahwa ada kecenderungan yang sama di seluruh dunia, yaitu generasi sekarang banyak mengalami kesulitan emosional daripada generasi sebelumnya, mereka lebih kesepian dan pemurung, lebih bringasan dan kurang menghargai sopan santun, lebih gugup dan mudah cemas, lebih impulsif dan agresif.

IQ – Deskripsi – % dari Populasi dunia
130+ – Sangat superior – 2.2%
120-129 – Superior – 6.7%
110-119 – Rata-rata plus – 16.1%
90-109 – Rata-rata – 50%
80-89 – Rata-rata minus – 16.1%
70-79 – Garis batas – 6.7%
Below 70 – Sangat rendah – 2.2%


CARA MENGETES IQ SECARA ONLINE

Nah, buat kamu-kamu yang penasaran ingin mengetahui berapa tingkat intelejensi diri kamu , berikut caranya:
  1. Jika kamu mau mencoba jujur, sebelum mengikuti test ini tidak perlu belajar apapun.
  2. Test ini menggunakan bahasa asing, tapi jangan kuatir, kamu pasti bisa.
  3. Clue-nya, kamu cuma disuruh berpikir dan memilih. Tidak perlu bawa kamus atau buka gugeltranslate. 
  4. Yang pasti ini butuh koneksi ke internet. Karena test dilakukan secara online.
  5. Kalo sudah siap, silakan kunjungi link berikut ini:
  1. Klik/pilih English -> kemudian Start
  2. Jawab semua pertanyaan walaupun tidak tahu.
  3. Kamu hanya mempunyai waktu 40 menit untuk menjawab 39 pertanyaan. Jadi, hanya diberikan kesempatan satu menit untuk menjawab setiap pertanyaannya.
  4. Setelah 39 soal selesai dikerjakan, klik Menu lalu Send.
  5. Hasilnya adalah jumlah IQ anda sebenarnya. Dan silahkan buka kembali tabel klasifikasi umum diatas, kamu masuk golongan yang mana?
  6. Setelah keluar hasilnya, jangan lupa buat teman-teman balik kesini dan tinggalkan komentar dengan menunjukkan HASILNYA berapakah tingkatan  IQ anda saat ini  hehee 



---- SELAMAT MENCOBA ----



Dari berbagai sumber.

364 comments:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 364   Newer›   Newest»
  • penyuluh perikanan says:
    3/16/2013

    wah sangat bermanfaat sekali postingannya gan, sukur alhamdulillah dapat pengetahuan baru setelah membacanya
    terima kasih anyak sudah berbagi

  • blogger gresik says:
    3/16/2013

    asik masih normal hahahahaha nice info

  • wah saya rata rata nih.. 110..

  • mas-andes says:
    3/17/2013

    terimakasih gan untuk infonya, sangat barmanfaat. apalagi untuk anak usia sekolah jadi gak perlu repot2 untuk ikut tes IQ di sekolahnya, yang belom tentu tiap tahun mesti ada :)

  • saya tadi sudah cek, ternyata saya termasuk golongan orang yang memiliki tingkat IQ normal.

  • waktu di tes di SMA bagus banget,kok sekarang turun ya..

  • rata2 ga masalah, ada ga orang indonesia yg iq nya sangat tinggi

  • dandis says:
    3/19/2013

    wah kemaren nilai ane cuman 80 . .

  • biro perjalanan murah says:
    3/19/2013

    ternyata pendapatnya orang berbeda ya standar IQ kita

  • Teknologi Unik says:
    3/19/2013

    Habibi pasti yang paling Tinggi

  • Obat Insomnia Alami says:
    3/20/2013

    wah ternyata saya termasuk superior soalnya waktu dulu sih itu juga pas masuk SMA IQ di atas 120

  • ale says:
    3/21/2013

    hasilnya bikin nyesekk..

  • sep tian says:
    3/22/2013

    Nangkring Gan
    Poto Asik
    nice posting mass broo..

  • Grosir Koyo Kinoki Gold says:
    3/22/2013

    Informasi yang menarik gan... Saya baru tau ada pembagian tingkatan IQ seperti itu. Oya, ngomong-ngomong, agan sendiri di kelompok yang mana neh? :)

  • sukague.com says:
    3/22/2013

    waow jago banget einstein

  • paribasa sunda says:
    3/22/2013

    Waw.. mantap, Alat Ukur IQ nya...

  • tas branded says:
    3/23/2013

    terima kasih infonya....IQ ku berapa yah ?

  • Jasa Limbah Sidoarjo says:
    3/23/2013

    bagus Gan infonya ,terus terang aja Saya baru tahu tentang Alat ukur iq di atas.
    thanks udah berbagi.

  • Sporting Goods says:
    3/23/2013

    Saya ikut test iq selalu jeblok. berarti saya blogger idiot ya...

  • tasgrosir says:
    3/25/2013

    Artikel yang berguna!
    Dengan artikel ini bertambahlah pengetahuan kita yang sebelumnya kita tidak tahu.
    Thanks ya :)

  • agen xamthone plus bogor says:
    3/26/2013

    IQ saya 90 gan...
    jadi normal-normal aja nih.

  • aksesoris mobil terios says:
    3/27/2013

    ckckck...1q saya dibwh 80....

  • Jasa Pembuatan Website says:
    3/27/2013

    wahhh bermanfaat sekali postannya..
    asik buat dicoba..
    makasiih gan!
    sukses..

  • meskipun tergolong ke dalam kategori IQ normal, Saya bersyukur sekali, karena alhamdulillah tidak termasuk ke dalam kategori idiot, hehe..

  • Amri Evianti says:
    3/28/2013

    Wahhh..saya sudah pernah tes IQ pada saat SMP...kini blum pernah test lagi..bisa dicoba tuhh..terimakasih

  • mebel jepara says:
    3/28/2013

    ou seperti itu ya sebenarnya iq manusia, luar biasa...

  • Fauzi Bageur says:
    3/28/2013

    Terimakasih atas informasinya
    informasi yang telah anda tuag melalui artikel ini, sangat menarik…

  • Provider Outbound Malang says:
    3/29/2013

    Informasi yang sangat bermanfaat gan........ Saya doakan blog/websitenya semakin berjaya, melejit terus trafficnya.
    Salam persahabatan dari Kami 1stoutbound

  • Uang Dari Internet says:
    3/30/2013

    wuich leonardo da vinci paling gede angkane

  • BlackBerry Z10 says:
    3/30/2013

    thanks sharenya. saya golongan normal.alhamdullilah..thanks.

  • ipat fatimah says:
    4/01/2013

    okh jadi begitu sangat laur biasa sekali IQ manusia ini
    makasih infonya menambah ilmu

  • review jujur says:
    4/01/2013

    ane kira2 yang mana ya tipenya ? :D

  • mekanik komputer says:
    4/01/2013

    ane pernah tau sih klarifikasi macam IQ kalo gitu.. tapi ane bingung mereka cara ngukurnya pake apa ya?

  • Hika says:
    4/02/2013

    wew ada yg IQnya sampe tumpeh2.. :D

  • sedot wc Gresik says:
    4/03/2013

    makasih mas infonya,Saya jadi pingin nyoba ngetes Iq Saya,

  • Jasa Limbah Mojokerto says:
    4/03/2013

    Saya sudah coba Gan,eh ternyata termasuk golongan F, thanks sudah share Gan,
    salam sukses terus aja.

  • label baju murah says:
    4/05/2013

    wah hrs tes psikotes dlu nih untuk mengukur tingkat IQ kita...hehe

  • Paket Outbound Murah says:
    4/05/2013

    Artikel yang sangat bermanfaat, informasi yang dalam dan detail, salam kenal gan, nitip lapak ya gan http://www.1stoutbound.com

  • wah, saya termasuk golongan orang rata-rata nih.
    terima kasih share-nya, salam kenal ya mas..

  • al mulk says:
    4/08/2013

    IQ ane standr orang indonesia gan :)

  • vhiezcarra says:
    4/09/2013

    ane superior gan,,
    ahahahhaha

  • seowaps says:
    4/09/2013

    wah sangat bermanfaat sekali postingannya gan, sukur alhamdulillah dapat pengetahuan baru setelah membacanya
    terima kasih anyak sudah berbagi

  • lowongan kerja 2013 says:
    4/09/2013

    IQ ane 125 gan :D

  • ahmad mustaghfirin says:
    4/10/2013

    Mantap gan atas infonya,. ijin nyimak aja gan dan salam kenal aja dari CODING NGEBLOG jangan lupa kunjungi balik gan.

  • Divanaa Blog says:
    4/10/2013

    wahh IQ saya standar mas,, hehhe

    terma kasih informasinya..

  • sewa mobil jakarta says:
    4/11/2013

    Mantap, makasih informasinya. Jadi tahu tingkatan IQ saya seperti apa sebenarnya nih.

  • prieuk tok says:
    4/12/2013

    wah,, pke hpe gk bsa kang,,,
    Pling yaa IQ ku standar orang indonesiaa.... Normal,,, :)

    Ayuk mampir di blog
    Fakta Unik Copas
    Ada banyak cerita menarik dan fakta unik loh.
    Contohnya
    Tentang mitos orang indonesia ] cerita panas ] beita artis terbaru ] seputar indonesia ] Fakta Unik dunia ] tips sehat ] cerita unik ]
    Dan masih banyak fakta unik lainnya, mampir ya.. :)

  • Anonymous says:
    4/12/2013

    pas sma 128 , sekarang 138

  • Jual Obat Asam Urat says:
    4/13/2013

    Owh,, gitu yah jadi rata-rata IQ kita itu 90-110 yah ?

  • mas saya mau tanya,
    Kan gini, waktu di SMP saya ikutan psikotest hasilnya 156 ( ini saya jawab soalnya tidak asal-asalan ). tapi saat di sma, kok IQ saya tiba-tiba anjlok berat jadi 114

    Apakah ada yang salah dengan hasil psikotestnya atau gimana nih ?
    Saya juga bingung, padahal psikotesnya saya kerjakan dengan mudah dan keyakinan pasti benar.
    mohon solusinya :)

  • wahahaa ternyata masih rata-rata IQ saya,,terimakasih infonya membantu sekali!!

  • Sedot wc lamongan says:
    4/14/2013

    Kalo Saya di tingkat F Mas,
    alhamdulillah,,,

  • Terapi Ion Rendam Kaki says:
    4/15/2013

    IQ ane 126 Hehehee..
    Pusingg..

  • game pc murah says:
    4/16/2013

    aku 120 hehehehe

  • jadi tau saya, ternyata tingkatan Intlegensi masusia separti itu. makasih banget ya kang artikelnya, nice deh pokonya

  • Wong Ndablek says:
    4/19/2013

    Mantap nih pengetahuannya... aq juga dah tes alhamdulillah nggak parah2 amat... cuman 132 hehehe...

  • Tutorial Blogger says:
    4/20/2013

    Untung masih Normal, bahkan masuk superior :D

  • saya udah coba dapet 300 tp bagu dua :)

  • Azis Maulana Akbar says:
    4/22/2013

    DI SMA 125, skrg 104

  • Info Game says:
    4/22/2013

    Wah baru tau ada yang kayak gitu, nice info nya gan :D

  • akhbar says:
    4/22/2013

    wah ternyata sulit juga ya untuk menuju ke tingkatan yang genius

  • Tria says:
    4/27/2013

    Alhamdulillah agak tinggi dikit. hehe :D

  • makalahkami says:
    4/27/2013

    yang perlu digarisbawahi dari test IQ ini... keberhasilan dan kesuksesan seseorang tidak hanya diukur dari IQ, banyak fakta yang membantah teori kesuksesan berawal dari IQ namun dibutuhkan EQ, SQ dan IQ

  • Dark Wizard says:
    4/28/2013

    wah. Kalsifikasinya begitu ya.. saya berapa ya.. mau coba rada ragu. hahahahahha :D

  • jangan muda kena pengaruh pada orang lain percaya sendiri aja

  • Free Full Software says:
    4/29/2013

    wah moga moga iqku tergolong yang hebat tuuh :D

  • Toko Komputer Jogja says:
    4/30/2013

    wah banyak yang tinggi2 ya iqnya , ane masih masih rata-rata jadi gak usah bilang hehehe

  • Wah, aku termasuk golongan rata-rata.

  • jugglingart.org says:
    5/03/2013

    Aku nilainya rata-rata nih....Yang enting gak di bawahnya deh he..he..

  •  Vans oldskool says:
    5/04/2013

    yahh,,saya belom pernah test IQ nie,ntar sya coba deh,thank's gan infonya keren banget

  • wah ane termasuk cerdas nih hehehe

  • R-van ER-van E-van says:
    5/05/2013

    belum sempet nyoba... -___-

    jgn lupa mampir kesini ya-> Larevan Super Blog

  • usaha rumahan says:
    5/05/2013

    Ilmu baru, mantap sekali Sob, terimakasih ya atas artikel tentang klasifikasi IQ manusia ini! salam kenal dan sukses Sob!

  • Pantesan si einstein di bilang jenius. Bagus infonya gan.

  • lia says:
    5/06/2013

    orang orang yang sangat jenius IQ ny tentu tinggi

  • pusat grosir murah says:
    5/08/2013

    Terima kasih untuk berbagi pada topik favorit saya dengan benar-benar beberapa garis terbaik tertanam inspirasi benar-benar mencintai pos akan mengunjungi di sini segera
    satu

  • herpes simpleks says:
    5/17/2013

    terimakasih gan untuk infonya, sangat barmanfaat. apalagi untuk anak usia sekolah jadi gak perlu repot2 untuk ikut tes IQ di sekolahnya, yang belom tentu tiap tahun mesti ada :)

  • AMAR says:
    5/17/2013

    oohh... jadi ternyata tingkatan intlektual seseorang seperti itu.
    makasih banget ya sob artikelnya, nice pokonya..

  • Arya says:
    5/20/2013

    Dulu wktu Gw tes IQ,,
    IQ gw 121,,
    Jadi termasuk Superior,,

    Thanks infonya,,

  • Mens Lutvie Creed says:
    5/21/2013

    Ini adalah artikel yang sangat bagus yang belum pernah saya komen
    maksih gan infonya semoga sukses dalam dunia bisnisnya
    salam kenal gan

  • Uphy says:
    5/21/2013

    Kalo begitu saya ikutan tes IQ secara Online dulu. Mudah-mudahan tidak masuk dalam kategori idiot :)

  • jual game pc says:
    5/21/2013

    IQ-ku 109, jd lumayan pandai ya,......

  • almulk says:
    5/23/2013

    ternyata masih rata-rata IQ saya,,terimakasih infonya membantu

  • buat website says:
    5/24/2013

    Siip, lanjutkan berbaginya ya gan , masih banyak yang perlu infonya

  • IDM terbaru says:
    5/25/2013

    Hore,,
    Gw trmasuk Superior,,

  • imam fahrudin says:
    5/25/2013

    terimakasih banyak infonya, kelihatannya IQ saya masih normal, walaupun saya memang agak sulit unutk hafalan.

  • Fitria says:
    5/25/2013

    IQ saya masih dalam tingkatan normal. :D

  • RIzky Imam says:
    5/26/2013

    sekarang yang punya IQ tertinggi itu Heidi Hankins, anak 4 tahun dgn IQ TERTINGGI yaitu 160. IQ-nya hanya satu poin saja di bawah Albert Einstein. Wow bangetkan bro

  • blogdyan says:
    5/28/2013

    di indonesia siapa ya yan IQ 131

  • satoshi48 says:
    5/29/2013

    Leonardo da Vinci meraih posisi teratas :D

  • keren banget artikelnya gan.ane mau coba tes iQ juga ah

  • Mukena Bali says:
    5/31/2013

    Lumayan susah kalau tes IQ itu, butuh latihan terus dan butuh kesabaran
    ada contoh tes IQ gak ya?

  • Cytotec says:
    6/03/2013

    menarik bgt utk di baca artikelnya

    sukses selalu ya

  • ilmu teknik sipil says:
    6/03/2013

    Sepertinya saya masuk 130-139. hahahahahaha

  • iklan baris indonesia says:
    6/04/2013

    mantep banget nih artikelnya menambah pengetahuan, maju terus blognya...

  • Obat Batu Empedu says:
    6/04/2013

    kesempatan pertama ngeliat web ini, keren dah...
    salam buat semua semoga selalu sehat dan fit

  • Trik Berbagi says:
    6/04/2013

    artikel yang bermanfaat...thanks..

  • informasi teknologi says:
    6/04/2013

    wah ternyata bill gates setara sama Albert Einstein ya, pantes microsoft gak ada matinya.

  • udin says:
    6/05/2013

    iya, mantaff sob.

  • Tren Fashion says:
    6/05/2013

    lumayanlah dapat 115, padahal banyak yang asal pilih...wkwkwk ;D

  • brian-shine says:
    6/05/2013

    wah saya seperior dong,,,IQ saya 143

  • pimz says:
    6/05/2013

    uiihhh nice info...

    sukses buatblognya...

  • Obat Batu Empedu says:
    6/06/2013

    Terimakasih banyak ya atas informasinya..
    sukses selalu ya dengan web nya.

  • Anonymous says:
    6/06/2013

    dapet 135 nih... :)

  • charles says:
    6/06/2013

    Biasanya yang IQnya tinggi malah kelakukannya aneh"

  • elrahmat rahmat says:
    6/07/2013

    assalamualaikum,,,
    hah kira - kira ane tingkat IQ nya brpa y??? IQ jongkok tw mlah tiarap..
    maen y kpan - kpan ke gubuk ane di http://asamuratherbalku.wordpress.com/

  • elrahmat rahmat says:
    6/07/2013

    kira kira brpa y tingkat IQ ane, IQ jongkok tw mlah dah tiarap nih...
    KPAN - kpan maen ke http://asamuratherbalku.wordpress.com/

  • Bisnis di Facebook says:
    6/07/2013

    Oh ternyata gitu, makasih banget sobat, sangat bermanfaat dan bisa tambah ilmu.. hehe

  • sitirobiah says:
    6/08/2013

    waw,, kerenn sob

  • sitirobiah2013 says:
    6/08/2013

    nice post

  • Lillah Lukman says:
    6/08/2013

    blog yg bagus gan
    kunjungi balik ya gan http://lifeneducation.blogspot.com

  • Salsavira RF says:
    6/08/2013

    lumayan normal deh IQ-ku

  • Downloads Mp3 says:
    6/08/2013

    ok pengetahuan baru, teriikasi tinklarifma kasih tentang gkatan ip.

  • rusydi hikmawan says:
    6/09/2013

    mesti dicoba. tapi kadang IQ tidak menentukan kesuksesan kan

  • obat diabetes says:
    6/09/2013

    iqu bisa di kembangkan, pada dasarnya semua sama, tergantung kita yang menggunakan nya. makasih gan atas imfonya,,lam keal saja gan dari saya.

  • Jocker says:
    6/09/2013

    ane rata2 kurang jenius gan :D

  • kaos distro murah says:
    6/10/2013

    Kalau tentang IQ IQ an saya tidak tau gan pusing, saya nyimak saja yah

  • Tulisan yang menarik, ditambah lagi dengan gaya penulisan yang santai menjadikan pembaca betah membaca blog ini. Materi yang disampaikan juga simple dan mudah dimengerti.

    Salam hangat,

    http://borobudurrafting.com/, 081.227744.23(t-sel)

  • akkapur laura says:
    6/12/2013

    103 normal saya hehehehe alhamdulillaahhh

  • spare part laptop says:
    6/12/2013

    thankz, gan informasinya sangat bermanfaat sekali ...

  • komunitas tante girang says:
    6/12/2013

    wah keren...

  • obat peninggi badan says:
    6/12/2013

    makasih atas infonya semoga bermanfaat

  • obat herbal diabetes says:
    6/12/2013

    IQ saya 100 katanya normal.terima kasih infonya

  • cepi xtm btkl says:
    6/13/2013

    oh jadi gitu yah ,,,,mkasih sob buat infonya yah

  • adin says:
    6/13/2013

    mksih infonya.

  • paket internet murah says:
    6/13/2013

    iq tinggi biasanya males.. (pengalaman pribadi)

  • obat pencegah menopause says:
    6/13/2013

    informasinya sangat bermanfaat

  • Obat Diabetes Alami says:
    6/14/2013

    luar biasa artikelnya..
    saya juga mau test IQ juga ah..

  • Lembayung kelam says:
    6/15/2013

    jadi kepengen... kapan2 aja deh :D

  • Sharing Informasi says:
    6/16/2013

    nice artikel gan... salam kenal

  • Anonymous says:
    6/16/2013

    Info yang bermanfaat sekali terima kasih gan,.,

    Kalau ada yang mau cari software full version gratis berkunjung saja kesini,.,
    Kemarin saya download windows 7 nvidia edition disini gan

    http://www.gigapurbalingga.com

  • cepi xtm btkl says:
    6/17/2013

    makasih gan buat informasinya yah, semoga ber manfaat buat kita semua ...

  • MaungBandung.COm says:
    6/18/2013

    saya merasa terbantu dengan informasi ini, terimakasih teman semoga tambah sukses.

  • freedownloadgame says:
    6/18/2013

    butuh waktu yang lama ternyata ya. tadi baru nyoba sebentar

  • saya 111 - 120 gan

  • download123 says:
    6/21/2013

    saya suka artikel blognya, itu sebabnya saya serign berkunjung kesini untuk dapat ilmu baru yang berkesan dan bermanfaat

  • toko obat herbal says:
    6/21/2013

    terima kasih banyak ya nanty kami pasty berkunjung lagi , moga bermanfaat bagi
    kami, moga sukses ..

  • dew says:
    6/24/2013

    coba ah tes IQ

  • Kata Kata Bijak says:
    6/25/2013

    izin coba deh mas, siapa tahu berhasil hehehe

  • VanillaVanka(dot)Com says:
    6/26/2013

    Hahhaayyy.... mayoritas penduduk indonesia

  • Mukhlis mukhlis says:
    6/26/2013

    Wah baru tau saya......terima kasih sudah berbagi. nitip link ya bro..:)

    www.planetkecil.com
    www.kerajinankulit.biz
    http://inipendapat.blogspot.com

  • Berkah mulia group says:
    6/26/2013

    ane normal gan.. seru ya tes nya..hehe :)

  • KomputerGrafis says:
    6/27/2013

    habibi kok ga ada gan?saya pengen nyoba tapi waktunya mepet ada keperluan.saya komentar dan bookmark dulu.

  • KomputerGrafis says:
    6/27/2013

    udah nyoba gan. dpt skor 110 lebih dikit :(

  • Rodin says:
    6/30/2013

    Terimakasih artikelnya :) Jadi nambah ilmu nih, salam blogwalking :) |

  • Joss gandoss artikel ya gan, di tunggu artike terbarunya yaa...

  • earn money writing says:
    7/01/2013

    Saya telah tweeted posting Anda.

  • fauzi says:
    7/01/2013

    terima kasih om udah mau share...
    beginilah indahnya berbagi :)

  • Josefin C N B says:
    7/02/2013

    umum
    cma 100

  • AgenBola855 says:
    7/02/2013

    wah sangat bermanfaat sekali ini gan, terima kasih atas informasinya, mampir yaa AgenBola855
    hehee . . .
    .

  • Wah, termasuk ke dalam golongan rata-rata nih.. :D

  • jus manggis murah says:
    7/03/2013

    terimakasih informasi yang di berikan sangat bermanfaat

  • ibra blogeneering says:
    7/04/2013

    makasih infonya bro....bisa jadi referensi..... ditunggu kunjungan balik ke http://ibraandi.wordpress.com

  • ramdan says:
    7/05/2013

    makasih ya udah share..sangat bermanfaat

  • AgenBola855 says:
    7/06/2013

    amin ane normal hahah..........thanks gan ..

  • Pembesar Penis says:
    7/07/2013

    Keren banget artikelnya gan..jadi tambah ilmu nich...kalau nambah ilmu,nambah juga IQ ane z gan..he..he..

  • Kesehatan Islami says:
    7/07/2013

    Ilmu yang patut kita sharing nih

  • baca manga indonesia says:
    7/07/2013

    thanks atas artikel'a
    jadi bisa tau tingkatan IQ
    Salam kenal

  • Indoemu says:
    7/08/2013

    wah infonya sangat bermanfaat nih.
    sukses terus gan :)

  • boyz-freedownload says:
    7/08/2013

    artikelnya bagus gan dan bermanfaat :D
    kira2 saya yg keberapa yg tingkatan IQ saya :v
    ckck :D

    kunjungi balik situs saya gan :)
    saya tunggu kunjungan dan comment yg relevannya :)

  • Makasih atas infonya, semoga bermanfaat

  • jam tangan kw says:
    7/09/2013

    jadi pengen tes IQ ...
    mau tau seberapa yaaa IQ saya ?
    hehehehhe...
    makasi buat infonya....

  • Pri Adi says:
    7/09/2013

    aku dapet IQ 122....
    cukuplah..lumayan..!!

  • Pri Adi says:
    7/09/2013

    aku dapet nilai IQ 122..gan..
    lumayanlah..!!:)

  • adi says:
    7/09/2013

    aku dapet nilai IQ 122..
    lumayan lah gan..trims infonya..

  • adin says:
    7/10/2013

    mksih ya infonya bgs

  • deri says:
    7/10/2013

    mksih ya infonya bgs

  • Barang China Unik says:
    7/10/2013

    kelihatannya IQ saya masih normal, artikelnya keren gan

  • Desain Company Profile says:
    7/10/2013

    Terimakasih banyak atas informasinya

  • Obat Herbal Liver says:
    7/11/2013

    Informasi di atas mengandung banyak informasi yang buat saya kaji, terimakasih gan atas semua infoirmasinya, semoga panjang umur dan sehat selalu.

  • Kidzoro says:
    7/11/2013

    WAh IQ einstein besar sekali, dia memang sangat jeniuss!!

  • Alat Bantu Sex says:
    7/12/2013

    Tes IQ. WAHH KEREN BANGET SOB

    BARU TAU NICH

    MAMPIR YA www.adaobat.info

  • PERANGSANG WANITA says:
    7/12/2013

    bagus sangat bermanfaat sekali

  • Makasih atas Linknya .. saya coba dulu. Penasaran berapa IQ saya. Semoga tidak masuk katagori Bodoh :D

  • Uraian diatas menjelaskan tentang tingkat intelegensi dalam ukuran secara kognitif, pandangan lama menunjukkan bahwa kualitas intelegensi atau kecerdasan yang tinggi dipandang sebagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan individu dalam belajar dan meraih kesuksesan.

  • Jual polo shirt murah says:
    7/18/2013

    ow, jadi tau ternyata seperti itu tingkatan IQ dalam diri manusia. good posting, thanks my pren.

  • pala says:
    7/18/2013

    artikel nya bagus, keren, berkualitas dan bermanfaat banget gan :)
    keep sharing dan posting yg berkualitas gan :)


    kunjungan pertama :)
    palabatik
    tokobagusbaju

  • Disini Tempatnya says:
    7/20/2013

    ITCBET.com Website Taruhan Lengkap dan Terpercaya Minta Dukungannya Ya Gan Untuk Kontes Yang Sedang Saya Ikuti Dengan Berkomentar Di Dalam Post Tersebut. Salam Kenal Gan :)

  • Pembuat Lagu Motivasi says:
    7/22/2013

    Wah IQ ku berapa ya .... lupa mz udh lupa jaman smp kayaknya ...hehe

  • Johaedi Namaku says:
    7/22/2013

    terima kasih atas infonya, bermanfaat bagi saya

    http://johaedi.blogspot.com/

  • zanetts says:
    7/23/2013

    remarkable article, I hope to bring benefit to us all the readers
    Greetings ... greetings bloggers

  • berita kesehatan says:
    7/27/2013

    Siapa orang indonesia yang mempunyai IQ sangat superior?

    Anehnya Albert Einstein yang punya IQ segitu awalnya malah di sebut ideot.

  • jual baju bola says:
    7/27/2013

    101 gan, how about you?

  • bakulvoucher angetan says:
    7/28/2013

    patut di baca kalo ini.. terimakasih sudah berbagi.. :)

    bakulvoucher.com bakulvoucher.com
    bakulvoucher.com bakulvoucher.com
    bakulvoucher.com bakulvoucher.com

  • IBCBET says:
    7/29/2013

    artikel anda sungguh bermanfaat dan keran sekali gan

    thank you gan

  • asal banyak belajar dan rajin,pasti juga bisa pintar...

  • Insyaallah di atas rata-rata deh IQ aku mah ... :) hahah

  • Obat Untuk Penyakit Maag says:
    7/31/2013

    Artikel di atas banyak informasi yang sangat luarbiasa, sehingga menambah suatu Ilmu Pengetahun yang dapatkan. Terimakasih gan semoga Amal Ibadah Puasanya diterima.

  • Bagus says:
    8/03/2013

    Cakep artikel IQ.

  • jelly gamat gold-g says:
    8/04/2013

    sangat bermanfaat nih gan artikelnya

  • mesin says:
    8/05/2013

    klo misalkan saja kita bisa menggunakan 5 persen otak kita, udah hebat banget ya

  • ari fazola says:
    8/05/2013

    Gimana ya biar IQnya bisa nyampe 300 :D

    http://center-gaming.blogspot.com/

  • bmaster23 says:
    8/06/2013

    info yg menarik,tapi saya masih gak tau iq saya hehehe :D

  • Bisnis dan Kesehatan says:
    8/06/2013

    Kalau latihannya terus-menerus dan berulang kali gagal berarti IQ-nya OON.
    Gak tahu saya termasuk yang mana. :)

  • info says:
    8/08/2013

    terimakasih gan untuk infonya, bener2 barmanfaat. apalagi untuk anak usia sekolah jadi gak perlu repot2 untuk ikut tes IQ di sekolahnya, yang belom tentu tiap tahun mesti ada :)

  • Anonymous says:
    8/09/2013

    Yah cuman 134 -____- tes disma kmaren 140 -___-

«Oldest ‹Older   1 – 200 of 364   Newer› Newest»

Gambar Komentar