Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Kisah Sukses Dimas Hokka, Yang menjadi Dosen di Usia 13 tahun gan !! | Menggapai Impian

Kisah Sukses Dimas Hokka, Yang menjadi Dosen di Usia 13 tahun gan !!

Dimas Hokka

Jadi Dosen saat Masih Duduk di Bangku SMP
Usianya kini 19 tahun. Namun, Dimas Hokka sudah mengukir prestasi mengagumkan sejak belia. Yang paling mencengangkan, ketika masih berusia 13 tahun dan duduk di bangku SMP, dia sudah menjadi dosen.

HINGGA kini, Dimas memegang empat rekor Muri (Museum Rekor Dunia Indonesia). Yang pertama dia pecahkan saat masih duduk di kelas enam sekolah dasar (SD). Yaitu, rekor menghitung lebih cepat daripada kalkulator.

Kedua, Dimas mengukir rekor Muri dalam memprediksi tanggal, bulan, serta tahun lahir seseorang menggunakan aritmatika. Ketiga, memprediksi biografi seseorang menggunakan ilmu aritmatika. Terakhir dan yang paling membuat orang geleng-geleng kepala adalah menjadi dosen ketika usianya masih 13 tahun. Saat itu, dia masih duduk di bangku kelas 2 SMP di Semarang. Dia mengajar bahasa Inggris di Universitas 17 Agustus Semarang.

Hebatnya, semua keahlian tersebut tidak diperoleh dari lembaga pendidikan, tapi belajar secara otodidak. Saat ini, Dimas kuliah di Fakultas Teknik Lingkungan Universitas Indonesia (UI), semester dua. Pada rekor pertamanya, dia mampu memecahkan hitungan penjumlahan angka tiga digit sebanyak 43 baris dalam waktu dua detik. ”Kemampuan berpikir manusia jauh di atas mesin kalkulasi apa pun. Sayangnya, tidak digunakan maksimal,” ujarnya. Menurut dia, menghitung cepat seperti itu cukup menggunakan bayangan dalam otak.

Sebelumnya, Dimas mengaku pernah mempelajari teknik sempoa. Namun, karena dinilai kurang cepat, dia kemudian menggunakan cara yang dikembangkan sendiri, sehingga dapat menghitung hanya dalam hitungan detik. ”Kalau tidak dikembangkan, ya sama saja dengan yang lain,” ujarnya.

Lain lagi untuk rekor kedua yang berkenaan dengan bahasa logika 1 dan 0. Seperti pesulap, dia mampu menghitung tanggal lahir, bulan, dan tahun menggunakan langkah logis, aritmatika, dan bahasa logika. Cara kerjanya, seseorang hanya perlu menjawab iya atau tidak atas pertanyaan yang dia ajukan. Jawaban ya untuk 1 dan tidak untuk 0 atau sebaliknya. Kemudian, dari jawaban tersebut, dirinya akan membentuk sebuah grafik dari fungsi x di mana dia akan memilih daerah dengan probabilitas terbesar. Bila grafik matematika biasa dibuat ke arah kanan atau maju, dia memulai grafik dari akhir ke mula (belakang ke depan) atau menarik mundur garis yang diciptakan pada grafik. Hasilnya adalah angka kelahiran seseorang.

Tak ingin berhenti menggunakan kemampuan yang dimiliki, Dimas mulai mengutak-atik lagi angka-angka yang biasa dia mainkan. Kali ini untuk mengetahui riwayat hidup seseorang. Bukan hanya tanggal lahir, kini nama seseorang yang sedang kita pikirkan atau bagaimana perasaan kita bisa ditebak menggunakan bahasa logika 1 dan 0. ”Semua menggunakan logika dan langkah-langkah yang benar,” ungkapnya. Permainan angka memang salah satu favorit dia. Namur, hari-harinya tak selalu dilewatkan untuk mengutak-atik ang­ka dan menjadi kutu buku. Pemuda itu tumbuh layaknya remaja biasa dengan berbagai aktivitas menyenangkan. Misal­nya, menonton film dan membaca.

Merasa kurang nyaman ketika menonton film berbahasa Inggris karena setiap menonton harus terganggu teks, dia kemudian memulai lagi petualangan baru. Bukan lagi masalah angka, tapi kali ini bahasa Inggris. Les bukanlah jalan yang dia ambil. Dia mengaku lebih senang mempelajari semua dari buku. ”Buku kan banyak. Mengapa harus les?” ujarnya.

Sedikit demi sedikit dia mengembangkan kemampuannya dalam hal bahasa Inggris. Sebagai langkah awal, Dimas mendengar dan melihat adegan film tanpa melihat teks. Baru kalau tidak mengerti, dia akan melihat teks atau mencarinya di kamus. Sebab, terkadang teks film tak selalu sama dengan arti sebenarnya. Di bidang satu ini pun kemampuannya berkembang pesat. Dalam waktu singkat dia berhasil menguasai bahasa Inggris secara utuh, mulai percakapan, pola kalimat, hingga perbendaharaan kata.

sumber : Jawapos

24 comments:

  • sampeweweh says:
    12/25/2011

    keren ini anak sob :D beruntung indonesia hehe

  • opick says:
    12/25/2011

    wah enak sekali umur 13 tahun sudah jadi dosen

  • Fazri says:
    12/26/2011

    benar-benar smart banget tuh orang. kok jadi iri yak

  • Tonnys says:
    12/26/2011

    satu diantara seribu, dan itu pasti tidak di dapat dengan mudah :)
    salam kenal sob :)

  • Di Indonesia banyak yang pintar2,tapi saya heran,setelah tamat sekolah pada kabur ke luar negeri

  • ICAH BANJARMASIN says:
    12/26/2011

    Luar biasa ya 13 thn sdh begitu..sungguh otak encer tuh orang..

  • Hebat!!!!!!! Sungguh ini adalah capaian yang patut diacungin jempol.

  • Indramayu Cyber Team says:
    12/27/2011

    waaw keren tuh bocah,, hehehe :)

    seandainya ane bisa kaya dia. hahaay xD

  • hamparan says:
    12/27/2011

    otaknya encer sob,,,, anugrah yang harus disyukuri, ga semua orang bisa begitu, meski cara yang ditempuh sama,,, nice share :)

  • BRI Jakarta Veteran says:
    12/27/2011

    wah sungguh sangat menakjubkan !

  • arie5758 says:
    12/28/2011

    Luar biasa kemampuannya, semoga nantinya kemampuan itu bisa dimanfaatkan untuk Indonesia. Dan negara ini juga tidak boleh kehilangan penerus jenius seperti dia... Nice artikel sob :)

  • Ary_Putra says:
    12/28/2011

    Terima Kasih buat Commentnya juragan semua ya.
    memang betul kemampuan berfikir dia sangat Luaaarrr Biasa sekali. itulah mungkin yang dinamakan bakat alami seseorang. Dimas Hokka mrpkn salah 1 dari sekian org yg di beri kelebihan Luar Biasa dari Tuhan.

  • Geo Blogger says:
    12/31/2011

    Luar biasa!!!!!!!

  • jual karpet says:
    1/05/2012

    artikelnya sangat memotivasi saya gan

  • Sweethy says:
    2/06/2012

    Hebat sekali dia. Memang Sang maha Pencipta menciptakan manusia dengan segala kelebihan dan kelemahannya.

    Semoga kita juga bisa mengoptimalkan kemampuan kita dan brusaha jadi yang terbaik.

  • Fahmi Setiawan says:
    2/07/2012

    Ini anak bener-bener hebat...
    nice info gan :D
    visit back ya :D

  • gamat luxor bengkulu says:
    4/18/2012

    amazing sekali gan .
    hebat :0
    10000 jempol buat dia

  • Vie says:
    4/23/2012

    keren nih msh usia 13 thun udh jd dosen. . .
    saluut deehh. ..

  • ale says:
    11/02/2012

    Makasih nih gan untuk artikelnya..
    oiya terus semangat dan eksis yang di dunia bloger.
    :D

  • Miz Tia says:
    11/04/2012

    keren keren.. indonesia punya.

  • xamthone says:
    11/16/2012

    canggih bener sampek2 kakulator aja kalah,keren...

  • suratan makna says:
    2/01/2013

    bahasa penuturan dia emang beda sob dalam memandang sesuatu, menurut dia semuanya terasa simpel begitu saja.

  • keren nih infonya, makasih, selalu sukses dah buat webnya :)

  • Resep Masakan Indonesian says:
    12/14/2015

    wanjirrr 2 detik gila wkwkwkwk pinter banget. tukeran dong otak nya :3

Gambar Komentar