Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Usahawan yang Sombong. Celaka !! | Menggapai Impian

Usahawan yang Sombong. Celaka !!

Eka Tjipta Widjaja
Ungkapan ini kerap digunakan para usahawan generasi pertama Indonesia. Bagi mereka, terutama yang merintis usaha dari titik nol, kesombongan itu sungguh celaka. "Engkau ingin berbisnis tetapi sombong? Ha-ha-ha-ha, sudah, pulang tidur saja, engkau tidak berbakat bisnis," ucap usahawan besar Eka Tjipta Widjaja ketika masih berada di panggung bisnis internasional, beberapa waktu lalu.

Eka, pendiri sekaligus generasi pertama Grup Sinar Mas, menyadari betul bahwa seorang usahawan memang harus punya sikap, jujur, dan reputasi tinggi.Namun, hukum bisnis yang sangat keras adalah pengusaha dilarang sombong. Untuk memberi gambaran riil, ia menyatakan, sombong, apalagi sok tahu, hanya akan mencelakakan si pengusaha.
Eka menuturkan, ia pernah menemukan seorang usahawan "baru berkembang" mengajari seorang usahawan besar tentang strategi bisnis dan arah bisnis ke depan. "Saya diam saja, dan usahawan yang diajari itu juga diam saja. Maklum, ia sangat rendah hati. Namun, saya terkesima, mengapa anak muda itu memiliki perangai seperti itu. Saya bergegas pergi dan membatin, apa tidak salah ya.



Ada anak ayam hendak mengajari burung garuda terbang?"

Kepada anak dan cucunya, Eka suka menekankan peristiwa ini sebagai contoh, "Jangan coba-coba sombong kalau ingin menjadi pebisnis hebat." Sombong atau bangga yang berlebihan hanya akan menjauhkan usahawan dari rezeki. Pelanggan, konsumen, atau klien akan menjauh. Mereka akan mencari usahawan yang lebih enak diajak bekerja sama, lebih asyik dijadikan mitra bisnis.

Sinar Mas tidak main-main dengan impiannya menjadi perusahaan besar dunia. Dua produknya, minyak sawit mentah (CPO) dan bubur kertas (pulp and paper), masuk elite dunia. Hal yang menarik, raksasa bisnis ini tetap rendah hati. Mereka tahu bahwa para rival terus mengejar mereka, kalau perlu mendahului mereka. Oleh karena itu, perusahaan tersebut tidak pernah berhenti berkreasi.

Usahawan properti Trihatma Kusuma Haliman juga menekankan pentingnya rendah hati. "Hochmut kommt vor dem fall (kesombongan datang mendahului kejatuhan)," ujar Trihatma, pekan lalu. Ungkapan Jerman ini kerap diajarkan kepada anak-anak Jerman agar tidak berlebihan. Rendah hati tidak menyurutkan gengsi dan reputasi. Justru rendah hati membuat seorang usahawan dipandang amat tinggi oleh usahawan lain.

Urusan rendah hati ini "hanya" satu unsur kecil dari begitu banyak formula dalam berbisnis. Untuk menjadi pebisnis besar, seorang saudagar tidak hanya dituntut harus rajin, ulet tiada tara, sabar, atau reputasi, tetapi juga cerdas melihat peluang, visi bisnis yang jauh ke depan, kreasi, dan inovasi tiada henti. Bill Gates ataupun Steve Jobs, sekadar menyebut contoh, dipandang amat tinggi karena selalu berlari jauh lebih cepat dibandingkan para kompetitornya. Mereka tidak sekadar satu langkah di depan kompetitor, tetapi dua sampai tiga langkah.

Banyak contoh lain tentang aspek ini. Samsung kini menjadi raksasa produk elektronik dunia, meninggalkan Sony. Adapun produk Korea lainnya, Hyundai, kini menjadi produsen mobil keempat besar di dunia. Bayangkan, tujuh tahun silam siapa yang memandang Hyundai? Namun, kini produk raksasa ini menyusup jauh ke pedalaman raksasa-raksasa ekonomi dunia. Suka tidak suka, harus diakui, Hyundai sukses menerobos panggung elite otomotif dunia. Mereka unggul atas produsen mobil Italia, Inggris, Swedia, dan Perancis. Hyundai hanya kalah dari produsen Jepang, Amerika Serikat, dan Jerman.

Mukiat, salah seorang eksekutif Hyundai Indonesia, menyatakan, produk tersebut mampu menjadi empat besar dunia bukan hanya karena teknologi yang sangat maju, bukan pula sekadar kreasi yang sangat tinggi, melainkan karena sikap rendah hati, tidak merasa lebih dari produsen lain. Para eksekutif papan atas Hyundai tidak pernah merasa puas.

Seorang eksekutif otomotif di Jakarta menyatakan, jangan pernah lengah. Lihat bagaimana nasib Nokia. Produk telepon genggam asal Finlandia itu demikian gagah perkasa, seolah tak ada yang mampu mengejarnya. Namun, ketika datang Blackberry, Nokia langsung terpengaruh. (Abun Sanda)


Sumber : http://klickajadeh.blogspot.com/

25 comments:

  • Masnady says:
    1/07/2012

    bener bgt sob..? pelajaran yg bermanfaat nih..??

  • arie5758 says:
    1/09/2012

    Kesombongan itu akan menghancurkan siapa saja cepat atau lambat, terlebih untuk seseorang yang mau merintis usaha. Andai dia bisa sukses, maka kesuksesannya tidak akan bertahan lama... sudah banyak buktinya. Makasih sharingnya sob :)

  • tagantar says:
    1/09/2012

    kesombongan suatu saat akan merenggut semua yg telah tercapai,..alangkah lebih baik'nya rendah hati terhadap sesama, tanpa merendahkan hak serta martabat pribadi yg lain'nya,...
    hehe... !!

  • binkbenk says:
    1/09/2012

    pelajaran yang sangat berharga banget sob..
    thanks dah share..
    koment balik dipostingan ane ya..
    salam hangat

  • FLanzka Technology says:
    1/10/2012

    Setuju, jadi Pengusaha jangan sombong...

  • hemmm banyak yang bisa kita pelajari dari artikel yang di atas..
    makasih mas...
    good job..

  • zhey five says:
    1/11/2012

    wahhhh sungguh artikel yang sangat membangun diri neh.... sukses selalu sobat...

  • SEO | Computer says:
    1/11/2012

    Betoel.. sombong kudu ditiadakan

  • sampeweweh says:
    1/11/2012

    Bukan cuma di dunia bisnis sobat yang perlu sikap rendah diri namun sehari-hari juga sobat,, thanks pencerahannya yaaa

  • Unknown says:
    1/11/2012

    kesombongan seseorang lambat laun akan hancur

  • ahmad says:
    1/11/2012

    makasih gan, ini menjadi pengingat sangat penting, untuk menuju usaha yg sukses..

  • Dynabolt says:
    1/11/2012

    Bener mas ndro masa usaha kita sombong

  • Gelora Sriwijaya says:
    1/12/2012

    emang gan,kesombongan itu bikin kita jadi lupa diri dan malah enggan mengoreksi diri sendiri..

  • My Laboratorium says:
    1/12/2012

    Memang sombong itu awal dari kegagalan :D

  • setuju..
    yang pantas menyombongkan diri hanyalah Alloh SWT

  • Unknown says:
    3/10/2012

    iya bener banget gak boleh sombong. kadang malu sama bangsa sendiri sebagai pribumi, saya melihat banyak banget pengusaha kita yg hatinya kerdil. baru sukses sedikit aja sombongnya luar biasa
    beramal aja pake perhitungan untung ruginya.

    mudah-mudahan generasi muda kita bisa mengambil pelajaran dari situ

  • agenxamthoneplus says:
    3/21/2012

    Rendah hati adalah salah satu kunci sukses.

  • jika ingin menjadi usahawan yang sukses memang tidak boleh memiliki sikap sombong tapi rendah hati..
    supaya di senangi oleh kosumen dan rekan bisnis nya.

  • sombong memang tidak akan memberikan keuntungan untuk kita...
    melainkan hanya akan mengakibatkan kehancuran.

  • obat herbal hiv aids says:
    4/18/2012

    sombong hanya membawa celaka,,,
    dan kita itu tidak patut untuk sombong karena kita itu makhluk yang sangat lemah di mata allah.

  • gamat luxor banjarmasin says:
    4/18/2012

    jangan merasa paling tinggi ..
    kita hrus sadar , yang menciptakan lebih hebat dai org sombong itu..:)

  • agen xamthone says:
    10/11/2012

    betul orang sombong d benci ALLAH

  • sewa genset says:
    1/09/2013

    setuju banget gan.. kalo udah jadi pengusaha, biasanya sombong-_- ckck

  • Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong...
    sang pencipta aja yang nyiptain kita dan seluruh jagat raya ini gak sombong ... kenapa kita yang tidak punya apa-apa sombong!!!

  • dicontohkan nokia,,berarti nokia itu perusahaan sombong ya?

Gambar Komentar