Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Hakikat Masalah Dalam Kehidupan Kita | Menggapai Impian

Hakikat Masalah Dalam Kehidupan Kita


Hakikat dunia ini adalah masalah. Dengan banyaknya masalah maka terciptalah berbagai lapangan kerja dan profesi. Right..??

Nah, hakikat masalah yang membebani kehidupan kita adalah sebuah pesan yang datang dari Allah swt, sebuah pesan dari alam bawah sadar kita. Sebuah pesan yang berbunyi,

"Perbaiki diri, evaluasi diri, Tingkatkan ketakwaan, & mendekatlah pada-Ku, jalan menuju kemuliaan dirimu sudah Aku berikan lewat ujian masalah ini."

Ketahuilah bahwa sesungguhnya dalam kehidupan ini kita sering mendapatkan sesuatu yang tidak kita sukai. Oleh karena itu daripada memendam sakit hati kepada kehidupan, adalah lebih baik bila kita belajar untuk menyukai apapun yang kita dapatkan. Dengan menerapkan sikap ini kita sudah merubah posisi diri kita, yaitu bila kita suka berkeluh kesah ataupun marah-marah atas segala masalah kehidupan kita. Maka saat itu posisi diri kita adalah sebagai KORBAN. Sebagai object yang tidak berdaya mengahadapi kondisi dan situasi yang tidak menyenangkan.


Nah, alih-alih berkeluh kesah. Bukankah lebih baik Kita terima saja dengan ikhlas segala keadaan itu, toh... itu adalah situasi yang dimana kita sudah dalam posisi tidak bisa untuk menghindarinya. Mau tidak mau situasi itu harus kita lalui... Nah, dengan merubah sikap kita tersebut. Posisi kita berubah dari sekedar KORBAN, kita sekarang menjadi PELAKU atau Subject. Sebagai pelaku, maka kitapun punya kemampuan untuk merubah Masalah menjadi Berkah. 

Pandangan kita akan berubah, tidak lagi memandang masalah sebagai sebuah beban. Namun memandang masalah sebagai sebuah kesempatan untuk memperbaiki kualitas kehidupan kita. Sebuah kesempatan untuk memperbaiki keadaan, dan menghapus kesalahan di masa lalu. Sehingga dengan begitu kita malah bisa mengucapkan puji syukur kepada Tuhan, atas masalah yang diberikan kepada kita. Yang dengan masalah itu bisa menjadi sebuah batu pijakan untuk kita meraih kesuksesan di masa mendatang. Inilah, ciri-ciri karakter orang-orang Sukses yang harus juga kita miliki.

Life is Never Flat
Kehidupan di dunia tidak pernah datar dan lurus-lurus saja. Life is never flat and life is never straight. Pengusaha sukses tidak akan selamanya sukses suatu saat ia harus besiap menghadapi kerugian. Pelajar yang pintar nan cerdas tidak akan selalu mendapatkan nilai di atas rata-rata, suatu saat ia harus siap dengan nilai yang tidak memuaskan. Orang yang badannya selalu sehat, harus siap jika suatu hari tubuhnya dilanda kesakitan. Di suatu waktu, kebahagiaan tiba memenuhi ruang di dalam hati, tapi di lain waktu seseorang harus siap ketika kesedihan kunjung.

Ini adalah wujud bahwa semua yang ada di dunia ini diciptakan oleh Allah swt. secara berpasangan dan semuanya tidak pernah diam dalam suatu keadaan. Terus berputar, silih berganti.

Dua Macam Ujian
Kita sering merasa bahagia jika yang terjadi pada diri kita adalah sesuatu yang kita harapkan, sesuatu yang kita inginkan dan kita cita-citakan. Kaya raya, bisnis sukses, memiliki tubuh yang selalu sehat, memiliki keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah. Itu adalah beberapa contoh harapan dan keinginan hidup.

Sebaliknya, kita merasa sengsara, sedih, dan berduka ketika mendapatkan segala hal yang tidak kita inginkan. Misalnya, sakit. Siapa yang mau sakit? Tidak akan ada kan, karena semua orang hanya menginginkan sehat. Misalnya juga bangkrut. Siapa pengusaha yang ingin usahanya gulung tikar? Oh... tidak bisa! Begitu kata Sule, he...he...he... Atau tidak lulus Ujian Nasional (UN) yang momok menakutkan bagi para pelajar kelas IX dan XII. Saya kira tidak ada pelajar yang ingin gagal UN, semuanya pasti hanya menginginkan satu kata saja tidak yang lain yaitu L-U-L-U-S alias lulus.


Islam memandang bahwa bagaimana pun kondisi yang sedang terjadi, semua adalah ujian kehidupan. Mau kesenangan atau kesengsaraan, mau kebahagiaan ataupun kesedihan, dua hal ini adalah ujian. Dan, memperkuat realitas tersebut, Ibnu Abbas mengungkapkan bahwa sesungguhnya dunia adalah ruang ujian. Innaddun-yā dārul balā. Demikian tegasnya.

Namun, kebanyakan manusia baru merasa sedang diuji oleh Allah ketika mendapatkan sesuatu yang tidak diharapkan kedatangannya. Jika ini terjadi pada diri seseorang, Umar bin Khathab lebih dahsyat menegaskan bahwa orang tersebut adalah makhdū’un ‘an ‘aqlihi, tertipu oleh akalnya sendiri. Pertanyaan saya adalah, mungkinkah ada orang yang tertipu oleh akalnya sendiri? Jika ada, orang tersebut adalah orang yang sangat bodoh. Dan label ini diberikan Umar putra Khathab kepada orang yang tidak merasa sedang diuji oleh Allah dengan segala bentuk kesenangan hidup.

www.naqsdna.com



142 comments:

  • prawira wardhana says:
    2/27/2013

    perlu banyak belajar..
    adakah yang mau menjadi guru buat saya?????

  • dunia-perairan says:
    2/27/2013

    kita manusia di ciptakan dengan masalahnya masing2,,
    masalah adalah bentuk kasih sayng Rabb kepada hmbanya yg tetap sabar dan berikhtiar,,
    dari sejuta masalah, satu masalah manusia didunia ini yang sudah selsai adalah wafat,karena kita semua manusia pasti akan wafat,,
    konten yang bagus mas, terima kasih sudah berbagi,,
    salam sahabat dari kami

  • informasi, hiburan dan ilmu yang ada di blog ini keren dah..
    tapi sayangnnya jarang posting nih.
    :)

  • Reky Wiryanto Bongso says:
    2/27/2013

    dengan adanya masalah sob, hidup akan jadi lebih berwarna :D

  • Nasehat Ngaco says:
    2/28/2013

    Terima kasih sob, infonya sangat bermanfaat ...

    Kunjungan baliknya selalu saya tunggu, dan jangan lupa untuk menambahkan saya kedalam Lingkaran G+ anda, terima kasih ...

  • Indah P says:
    2/28/2013

    Subhanallah.....sebuah renungan yg menyejukkan hati. Sangat bagus artikel diatas mas, kita tau jaman sekarang jarang sekali anak muda tidak memahami arti sebuah masalah. Jika kita tarik kebelakang sesungguhnya masalah itu datang dari Allah, bisa karena dari dosa kita atau perbuatan kita sendiri, namun jarang sekali kita ingat ketika sedang bahagia.

    Luar biasa banget nih .... mksh ya mas

  • Ary_Putra says:
    2/28/2013

    Terima Kasih buat sahabat semuanya atas kehadirannya ya. OK bicara soal masalah memang sungguh pelik. Masalah slalu datang dan pergi begitu saja dalam kehidupan kita. Dengan hadirnya masalah di harap kita sebagai manusia untuk senantiasa sabar dan ihklas dalam menghadapinya, karna dengan adanya masalah di harapkan kita bisa lebih menjadi pribadi yg dewasa. Semoga dari postingan di atas bisa di jadikan renungan serta inspirasi buat para pembaca yang telah hadir disini. salam sukses semuanya

  • Teknik Sipil says:
    2/28/2013

    masalah selalu ada didunia ini, jdi tinggal kita bgmn menikmatinya aja...........salam blogger

  • Ponsel Terbaru says:
    2/28/2013

    masalah harus kita kendalikan, bukan masalah yang kendalikan kita

  • games bola says:
    2/28/2013

    Terima kasih buat artikel yang bermakna ini, semoga bisa jadi pencerahan kepada setiap orang yang membacanya. Salam sukses buat semuanya!

  • Linda says:
    2/28/2013

    soal masalah dalam hidup jalani saja, dan lebih memperbaiki diri.

  • Abdul Aziz says:
    3/01/2013

    dengan masalah kita akan belajar menjadi dewasa. belajar memecahkan masalah tersebut..
    mantab gaaaan...

  • cara mengobati asam urat says:
    3/01/2013

    informasi yang menarik gan , dan bermanfaat pastinya , sukses selalu , salam kenal aja !!

  • dani fakhri says:
    3/01/2013

    waw, klo kata syahrini tuh cetar membahana mas topik nya xD

  • insya Alloh, setelah membaca post di atas, memberikan pencerahan kepada saya, untuk lebih mensyukuri apa yang telah Alloh anugerahkan.

  • makasih dah untuk kajiannya hari ini . .
    oiya gan maaf nih kalo selama ini kami dianggap hanya sebagai spammers..
    :)
    di tunggu postingan terbarunya terutama untuk kategori hiburannya biar ga jenuh..

  • alluky says:
    3/01/2013

    benar sob:D
    masalah membuat diri kita menjadi dewasa

  • Pascalmatlab says:
    3/01/2013

    wah menarik sekali
    saya jadi termotivasi

  • mebel ukir jepara says:
    3/02/2013

    ea betul banget mr. memang dalam kehidupan kita tidak dari suatu masalah yang mana kita dituntut untuk menyelsaikannya dalam waktu yang tertentu sehingga kita bisa menjalani kehidupan dengan baik dan semua kita bis berjalan stab by stab.

  • penyuluh perikanan says:
    3/03/2013

    Setiap kita memang banyak masalah, walaupun masalahnya berbeda, demikian juga kadar masalahnya pun bermacam macam,....
    postingan menarik yg sangat bermanfaat
    terima kasih sudah berbagi

  • kusuma says:
    3/03/2013

    setuju banget dengan postingan sobat kali ini ..nice info promo bonus 50%

  • cahyo jm says:
    3/03/2013

    ijin nyimak dulu gan sangat bermanfaat nih infonya,,,makasih sudah berbagi

  • Kang Farhan says:
    3/03/2013

    Masalah bkn untk dihindari tpi untuk dihadapi... Menjadikan kita selalu mwas diri dan semakin hebat menghadapi mslh

  • Icahbanjarmasin says:
    3/03/2013

    Semoga saja kita selalu bisa bersyukur apa pun yang sudah Allah SWT berikan...amien.

  • Gen - Q says:
    3/03/2013

    Setuju sekali sobat. Memendam masalah hanya akan berujung pada kesedihan dan kegelisahan tak tanpa akhir yang hanya akan berdampak pada kemunduran kreativitas kita sehingga membuat kita tidak akan melangkah maju. Nice post ^_^)b

  • penyuluh perikanan says:
    3/04/2013

    postingan yg penuh motivasi,
    masalah memang selalu ada, terkadang kita tahu cara mengatasinya, tapi memang lupa untuk mewujudkannya.

  • obat herbal leukemia says:
    3/04/2013

    semoga kita semua bisa menghadapi masalah yang ada di kehidupan ini.

  • masalah memang tak selama nya menyengsarakan karena masalah bisa bermanfaat bagi orang lain.

  • waduuuuhh artikelnya yg semngt dnk sobatku. biar selalu semangat nih & juga teman2 lain juga biar pada semangat. heheheh

  • seribupilihan says:
    3/04/2013

    nice sharing..semoga kita meningkatkan lg prestasi diri kita..:-)

    done follow you..jemput baca artikel seribupilihan ya..:-)

  • channel cctv says:
    3/05/2013

    Hadapi saja masalah yang datang dengan ikhlas, asal jangan mencari-cari masalah yang ngak perlu...

  • obat lemah syahwat says:
    3/08/2013

    hidup butuh proses mas broooo

  • MuhammadIbnuh says:
    3/08/2013

    Terimakasih artikelnya :) Jadi nambah ilmu nih, salam blogwalking :) | Ibnuh Mobile

  • rental mobil jakarta says:
    3/08/2013

    Makasih informasinya, membuka wawasan saya tentang masalah yagn saya hadapi.

  • sepatu murah says:
    3/09/2013

    I Like This Article, sangat bermanfaat. makasih ya boss

  • mas-andes says:
    3/09/2013

    sudah sewajarnya kalo setiap manusia mempunyai masalah, hidup tanpa masalah ibarat makan tanpa garam. bikin hidup lebih sensasi mas :D

  • Dont Touch Me says:
    3/10/2013

    Karena dg adanya masalah manusia supaya lbh bisa berfikir maju bro

  • alluky says:
    3/10/2013

    kunjungan yang kesekian kalinya gan
    thanks ya

  • Siloker says:
    3/11/2013

    "masalah sepertinya punya banyak teman.. sebab dia sering tidak datang sendirian"

    Pernyataan agan collection27 diatas kayaknya bener juga dah.. ibarat pepatah udah jatuh ketimpa tangga lagi..

  • Meitri Setiyo says:
    3/11/2013

    Berkunjung k sini mas,,masih belum ada yang baru ya mas,,

  • penyuluh perikanan says:
    3/12/2013

    Informasinya sangat menarik , berguna dan bermanfaat kawan
    dapat juga pengetahuan baru buat saya
    terima kasih sudah berbagi

  • dahsyattt sekali, membuat kita semakin kuat menghadapi segala masalah, memang masalah tergantung kita menanggapinya.

  • masalah memang tidak bisa di hindari, tapi bisa diminimalisir. dan jangan sekali-kali menghindar dari masalah kecil, karena nantinya akan menjadi masalah besar

  • games bola says:
    3/14/2013

    Saya suka banget sama quotesnya bro..
    Satu satunya masalah dengan mimpi adalah bahwa kita terlalu menikmatinya dan lupa mewujudkannya..

  • Model Rumah says:
    3/15/2013

    Wuih asli kren banget artikelnya mas bro, mengeluh dengan kondisi yang kurang menguntungkan memang sadar atau tidak merupakan sifat kebanyakan manusia, sebaliknya bila diberi sesuatu yang menguntungkan menurut dia malah suka gembira berlebihan. thx share

  • Thnks gan atas infonya ..
    info ini sangat bermanfaat bagi saya...
    semoga maju trus boger2 indonesia dgn brita2 yg positif..

    :) :) :)

  • lampu kabut mobil says:
    3/27/2013

    masalah memang tidak bisa di hindari, tapi bisa diminimalisir...jadi jgn takut untuk menghadapinya..

  • ale dhandiez says:
    3/27/2013

    ternyata bikin artikel menarik di blog itu ga gampang. . .
    semoga apa yang saya dapat di blog ini bisa saya jadikan referensi buat blog saya.
    makasih gan.

  • Internet says:
    4/07/2013

    Life is never flat..begitu juga Lie is never flat...nice posting...salam kenal

  • Kiat Sukses says:
    4/11/2013

    yang namanya orang hidup pasti ada masalah...tapi bagaimana kita menyikapinya...good posting salam kenal

  • DiGugel says:
    4/19/2013

    Kunjungan baliknya selalu saya tunggu, dan jangan lupa untuk menambahkan saya kedalam Lingkaran G+ anda, terima kasih ...

  • DiGugel says:
    4/19/2013

    keren bro artikelnya


    Kunjungan baliknya selalu saya tunggu, dan jangan lupa untuk menambahkan saya kedalam Lingkaran G+ anda, terima kasih ...

  • resep membuat sambal says:
    5/03/2013

    sebenarnya masalah adalah bentuk pelajaran dalam rangka pendewasaan. sebaiknya jangan menghindari masalah

  •  Vans oldskool says:
    5/04/2013

    Alhamdulillah dapet pencerahan,thank's semoga kita semua bisa menghadapi ujian dari ALLAH amin

  • Sepatu Mizuno says:
    5/06/2013

    miskin dan kaya
    bahagia dan sengsara
    segalanya adalah ujia
    kalau miskin solusinya ya bersabar
    kalau kaya solusinya ya bersyukur

  • afandy says:
    5/07/2013

    dengan itu kita bisa belajar untuk tau arti hidup

  • sepatu adidas murah says:
    5/09/2013

    Terimakasih banyaka ya gan atas infonya semoga bermanfaat bagi saya dan orang lain,dan saya berterikasih bnyak karna link saya di ijinkan berada di situs ini,untuk agan semoga sehat selalu aja,amien

  • Muhammad Faris Al Fatih says:
    5/14/2013

    memang sob, hidup didunia ini memang lah banyak masalah, jika manusia yang masih hidup dan waras berkata tidak punya masalah itu bohong, ya ga ?

    ya seperti lagunya last child (pedih) anggaplah semua ini satu langkah dewasakan diri.. :P

    terima kasih infonya sob..

  • Mens Lutfi says:
    5/15/2013

    Info yang sangat penting dan info yang sangat bermanfaat ,infonya juga sangat bagus, juga menarik
    Thanks gan semoga bermanfaat

    kunjungi di website kami

  • Vinayudittia says:
    5/25/2013

    Thnks gan atas infonya ..
    info ini sangat bermanfaat bagi saya...
    semoga maju trus boger2 indonesia dgn brita2 yg positif..

  • carapakaiw says:
    5/26/2013

    kalau gak ada masalah berarti bukan hidup namanya

  • deri says:
    5/28/2013

    keren juga nih infonya, maksih ya. dan moga sukses slalu.

  • caramenjual says:
    5/30/2013

    menarik sekali gan...ulasan selanjutnya ditunggu

  • caramenjual says:
    5/30/2013

    semoga setiap orang yang mendapat masalah dapat menanganinya

  • Desain Rumah Minimalis says:
    6/04/2013

    di dalam kehidupan pasti ada masalah gan..soalnya saya sering mengalami hal tersebut.
    roda selalu berputar

  • obat tradisional stroke says:
    6/06/2013

    terimakasih atas infonya

  • liairna says:
    6/07/2013

    masalah pasti akan selesai jika kita mau mencari jalan keluarnya

  • sitirobiah says:
    6/08/2013

    semoga cepat teratasi

  • sitirobiah2013 says:
    6/08/2013

    next

  • agus sidik says:
    6/09/2013

    ya kadang kita memang selalu terlarut-larut dalam impian, yang seharusnya kita terlarut dalam perwujudanya,,,

  • Fyzin Ahmad says:
    6/10/2013

    Jangan terlalu banyak bermimpi tapi perbanyaklah berbut. right

  • obat pelangsing badan says:
    6/10/2013

    makasih atas infonya semoga dapat bermanfaat untuk semua yang membaca

  • obat herbal diabetes says:
    6/12/2013

    dengan alloh meberikan ujian kepada kita berarti Alloh masih menyayangi kita.benar ga gan?

  • cepi xtm btkl says:
    6/13/2013

    mkasih sob buat informasinya ,saya setelah membaca artikel di blog ini menjadi sedih ,,,,

    mkasih sob untuk telah mengingatkan ku ke masa lalu ,,,,,,aku cinta allah dan se isi alamnya ....


    nangissssssssssssssssss ............

  • cepi xtm btkl says:
    6/14/2013

    mkasih sob buat informasinya yah ,,
    saya suka dengan blog mu sob keren banget ..........

  • cepi xtm btkl says:
    6/16/2013

    makasih banyak yah sob buat informasinya saya suka banget dengan blog anda karna artikel dan ceritanya bagus-bagus semua sob ..salam kenal aja

  • MaungBandung.COm says:
    6/18/2013

    saya merasa terbantu dengan informasi ini, terimakasih teman semoga tambah sukses.

  • DiGugel says:
    6/18/2013

    mantap bro artikelnya semoga blognya nambah maju yah bro

  • Terima kasih atas pencerahannya.

  • gamefree says:
    6/18/2013

    setiap hari pasti ada aja maslah kalau sudah seperti itu ya cari aja pemecahannya

  • udin says:
    6/19/2013

    masalah itu adalah tanda bagi orang yang hidup

  • smk n btkl says:
    6/23/2013

    makasih gan buat informasinya yah semoga bermanfaat buat kita semua dan salam kenal aja ayah dari aku

  • ramadan says:
    6/28/2013

    Makasih banyak artikelx, sangan bermanfaat sekali bagi saya. Dapat menambah n mebuka lebar pikiran saya, skali l makasih yah mas bro.memang masalah it bukan untuk kta cuekkan atau di biarkan sj berlalu, tpi kta harus hadapi dgn iklas n harus tetap slalu dapat meyelesikanx.

  • obat herbal penyakit says:
    7/03/2013

    nice info , ijin menyimak dahulu

  • obat diabetes kering says:
    7/03/2013

    postingan anda sangat inspiratis sehingga membuat pembaca menjadi nyaman

  • Kata Mutiara says:
    7/07/2013

    Masalah yang datang adalah ujian. Ujian ada 2 rupanya, ujian berupa kesusahan, maupun ujian berupa kesenangan. Mari kita renungkan bersama. Da ingat, ujian akan menggugurkan dosa kita bila kita berserah pada Yang Maha Pengasih

  • zhi cun lee says:
    7/12/2013

    Life is Never Flat. wow amazing.

  • Kertas Amplop Karton says:
    7/18/2013

    thanks informasinya yang menyegarkan mas. Jadi ingat sekarang akan hakikat hidup kita

  • sepatu adidas running says:
    7/19/2013

    maksih imfonya gan
    www.newsepatu.com

  • info yang sangat bermanfaat bagi kehidupan

  • boyz-freedownload says:
    7/20/2013

    mantap infonya gan (y) xD
    nice artikel dah xD

    kunjungi balik situs saya^^
    saya tunggu kunjungan dan comment yg relevannya^^

  • Obat Herbal Kista says:
    7/26/2013

    Informasi yang anda sajikan dan telah baca & saya simak, ternyata banyak mempuanyai arti yang berlebih. Terimakasih banyak gan & selamat beristirahat.:)

  • Kalau dalam hidup tidak ada masalah.. lurus-lurus ajah .. itu gak berasa hidup .. iya gak??
    hahah (so banget kata-kataku)

  • caramengatasi5h says:
    7/30/2013

    kadang tergantung pola pikir juga

  • Tenga Indonesia says:
    8/02/2013

    perbaiki diri sama evaluasi diri itu yang penting sih..

  • Informasinya bagus, ijin untuk menyimak ya gan, ditunggu juga nih update terbarunya.

  • ane suka sama kata2 di akhir,, yang satu2nya masalah dengan mimpi adalah bahwa kita terlalu menikmatinya sehingga kita lupa mewujudkannya.. itu bener banget.. semoga kita semua bisa menyelesaikan semua masalah kita ya gan..

  • obat sakit pinggang says:
    8/03/2013

    masalh akan selalu datang dalam setiap kehidupan manusia..

  • Yunn Hakim says:
    8/03/2013

    masalah menjadikan setiap orang menjadi hidup dan belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik dari waktu ke waktu.

  • Ibnu says:
    8/14/2013

    Tidak ada kapten kapal tangguh yg berasal dr lau yg tenang, tp mrk tangguh krn sering melewati badai dan laut yg ganas. Demikian hidup...

  • mesinrumahtangga says:
    8/21/2013

    banyak sekali informasinya yang bagus2 di sini....kalau bisa update terus artikel seperti ini kang....ini blog favorit sy...

  • Artikel di atas banyak memberikan informasi yang menarik, sungguh sangat luar biasa. Terimakasih gan dari semua informasinya. Semoga selalu dalam keadaan sehat dan berkah.

  • OBAT PENYAKIT AMBEIEN says:
    8/23/2013

    Sangat betul gan....

  • Terapi Ion says:
    8/26/2013

    Betul gan,, karena ada masalah maka ada segalanya..

    Visit back blog ane juga ya :

    Terapi Ion Elektrik Rendam Kaki Detox

  • memang gan, apabila ingin sukses pasti akan menghadapi masalah-masalah, untuk itu kita harus hadapinya...

  • Teknogers Blog says:
    8/27/2013

    setiap orang pasti memiliki masalah, tetapi kita harus kuat untuk menghadapinya

  • makasih informasinya sangat bermanfaat

  • semoga setiap orang yang mendapat masalah dapat menanganinya

  • Obat Sembelit Untuk Bayi says:
    8/29/2013

    Mkasih banget baut informasinya,

  • anjastria patrice says:
    9/02/2013

    hidup ini memang tak lepas dari masalah, namun dengan masalah itulah hidup kita lebih berwarna dan indah...

  • downloadgamemobil says:
    9/03/2013

    setiap masalah bisa dipecahkan dengan kesabaran

  • Zona Teknik says:
    9/12/2013

    mksh atas infonya. mga bermanfaat

  • Obat Herbal Jantung says:
    9/13/2013

    Informasinya sangat bagus gan, semoga dalam mengelola bloggernya lancer dan selalu sukses.

  • syabany says:
    9/16/2013

    daftar artikelnya sangat bagusa dan sangat bermanfaat, makasih...
    semoga sukses saja

  • Puncak Village says:
    9/17/2013

    masalah itu anugerah , ia nya yang membuat kita lebih tegar
    Info Villa didaerah puncak. Coba deh diklik!

  • Alat bantu seks pria says:
    9/17/2013

    makasih banyak gan, artikel agan emang mantab banget :D

  • toko bunga lotus says:
    9/20/2013

    bagus juga nih infonya semoga bisa brmanfaat buat semuanya...

  • Muhammad Ammar Fathin says:
    9/20/2013

    Kunjungi balik ya
    http://berbagi--ilmu.blogspot.com/

  • syabany says:
    9/20/2013

    artikelnya sangat bagus dan sangat bermanfaat, makasih
    semoga sukses saja..

  • Obat Alami Penyakit Asma says:
    9/24/2013

    Terimakasih gan, informasinya sangat luarbiasa dan saya akan coba untuk mempraktekannya. Semoga saja Sukses gan.

  • melisa says:
    9/29/2013

    makasih atas informasinya sangat bermanfaat

  • info penyakit says:
    10/01/2013

    Semoga saja semua masalah dpt diatasi...:)

  • Tulisan di atas ternyata banyak memberikan informasi menarik kepada saya, terimakasih gan

  • obat kutil kelamin says:
    10/03/2013

    otakkkk

  • obat benjolan says:
    10/05/2013

    terima kasih atas informasinya, bermanfaat banget buat saya yang sedang mencari informasi.

  • andi says:
    10/05/2013

    wow bagus banget infonya. thx semoga sukses.

  • bisnis online gratis says:
    10/07/2013

    thnks banget gan..
    makalahnya bermanfaat gan

  • Selamat malam gan, setelah saya belognya menarik gan. Terimakasih semoga sukses selalu dan diberikan kesehatan.

  • pengusaha muuda says:
    10/16/2013

    Masalah..harus segera di selesaikan
    dengan..! Banyak cara
    setiap masalah pasti ada jalan keluar
    nya....

  • pengusaha muuda says:
    10/16/2013

    Masalah hidup memang mutlak
    ada dalam hidup qt..tergantung qt menyikapinya

  • toko bunga lotus says:
    10/18/2013

    bagus dan menarik gan artikelnya....

  • agung says:
    10/18/2013


    sukes terus gan makasih infonya,,,

  • sevenliveasia says:
    10/22/2013

    thanx y infonya

  • sevenliveasia says:
    10/25/2013

    inilah arti hakikat dalam hidup kita gan,sangat bermakna artikelmu ini gan

  • uji says:
    10/28/2013

    masalah memang sangat erat dengan kehudupan

  • miky says:
    10/31/2013

    artikelnya sangat menarik untuk saya simak dan menambah wawasan pengetahuan saya, nice infonya gan... sukses terus ditunggu artikel selanjutnya!!!

  • Harga Mobil Motor Hp says:
    11/01/2013

    biarkan dia berlalu seperti angin dan yang baik pun akan datang

  • Obat Untuk Penyakit ISK says:
    11/04/2013

    Terimakasih banyak gan dari informasi yang anda sajikan dan memberikan bayak wawasan yang saya dapatkan.

  • obat kutil kelamin ampuh says:
    11/06/2013

    setiap masalah tapi ada jalan keluarnya

Gambar Komentar