Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Kalau Anda Punya Masalah, Berbahagialah !! | Menggapai Impian

Kalau Anda Punya Masalah, Berbahagialah !!

DON'T BE SAD
Mendengar judul diatas mungkin anda bertanya-tanya, apakah saya tidak salah ketika mengatakan hal itu. Anda mungkin berkata ” bukankah lebih berbahagia kalau kita sama sekali tidak punya masalah? ” Kalau demikian, ANDA SALAH BESAR. Dimana ada kehidupan disitu pasti ada permasalahan. Namun tahukah anda bahwa dibalik setiap masalah terkandung suatu peluang emas dan kesempatan yang besar untuk maju. Ada sebuah kata-kata bijak dari Norman Phill yang patut anda renungkan.Dalam bukunya ” You Can If You Think You Can” , ia mengatakan begini :

”apabila Tuhan ingin menghadiahkan sesuatu yang berharga, bagaimanakah ia memberikannya kepada anda? Apakah ia menyampaikan dalam bentuk suatu kiriman yang indah dalam nampan perak?. Tidak. Sebaliknya Tuhan membungkusnya dalam suatu masalah yang pelik. Lalu melihat dari jauh apakah anda sanggup membuka bungkusan yang ruwet itu dan menemukan isinya yang sangat berharga. Bagaikan sebutir mutiara yang mahal harganya yang tersembunyi dalam kulit kerang ”.

Pernyataan tersebut bukanlah sekedar kata-kata yang indah untuk menghibur anda yang sedang kalut menghadapi suatu masalah. Ini adalah perubahan paradigma dan perubahan   cara berfikir. Keadaan apapun yang kita hadapi sebenarnya bersifat netral. Kitalah yang memberikan lebel positif atau lebel negatif terhadapnya. Peristiwanya sendiri sebetulnya tidak begitu penting. Tetapi respon kita terhadap peristiwa itu adalah segala-galanya.

Semua kesulitan sesungguhnya merupakan kesempatan bagi jiwa kita untuk tumbuh. Sayangnya lebih banyak orang yang mengganggap masalah sebagai sesuatu yang harus di hindari. Mereka tidak mampu melihat betapa mahalnya mutiara yang terkandung dalam setiap masalah. Ibarat mendaki gunung, ada orang yang gampang menyerah, mereka mundur teratur dan menolak kesempatan yang berikan oleh gunung. 

Ada orang yang gampang puas yang mendaki sampai ketinggian tertentu kemudian mengakhiri pendakiannya dan mencari tempat yang nyaman untuk berkemah dan beristirahat. Mereka hanya mencapai sedikit kesuksesan. Tapi sudah merasa puas dengan hal itu. Orang ketiga adalah orang yang seumur hidupnya melakukan pendakian dan tidak pernah membiarkan apapun menghalangi pendakiannya, orang seperti ini senantiasa melihat hidup sebagai ujian dan tantangan ia dapat mencapai puncak gunung karena memiliki mentalitas yang jauh lebih tinggi mengalahkan tingginya gunung. Orang dengan tipe ini benar benar meyakini apa yang pernah dikatakan H. Shock :

” Jangan pernah mengukur tinggi sebuah gunung  sebelum anda mencapai puncaknya karena begitu anda ada puncak anda akan melihat betapa rendahnya gunung itu”.

Semua masalah sebenarnya adalah rahmat terselubung. Mereka berjasa karena dapat membuat kita menjadi lebih baik, lebih bijaksana, lebih arif, lebih sabar.

Anda baru bisa disebut sebagai manager yang baik kalau anda mampu  memimpin seorang bawahan yang sulit yang membuat para manager yang lain angkat tangan.

Anda baru disebut sebagai orang tua yang baik kalau anda dapat menanggani anak yang bermasalah ataupun menantu yang keras kepala yang melakukan sesuatu melebihi batas  kesabaran anda. Anda baru dapat disebut profesional kalau anda mampu menangani pelanggan yang cerewet. Yang sering mengeluh yang banyak maunya.

Untuk mencapai kesuksesan anda perlu memiliki kecerdasan dan daya tahan yang tinggi untuk menghadapi masalah. Hal tersebut dimulai dari mengubah pola fikir dan paradigma anda sendiri. Mulailah melihat semua masalah yang anda hadapi sebagai peluang sebagai kesempatan sebagai rahmat. Anda akan merasa tertantang namun tetap mampu menjalani hidup yang tenang dan damai. Berbahagialah jika anda memiliki masalah. Itu artinya anda sedang hidup dan berkembang. Justru bila anda tidak punya masalah sama sekali, saya sarankan anda segera berdo’a :

” Ya Tuhan, Apakah kau tidak percaya lagi padaku sehingga kau tidak mempercayakan satupun kesulitan untuk aku atasi”.

Dengan do’a demikian anda tak perlu hawatir Tuhan amat mengetahui kemampuan kita masing-masing ia tak akan pernah memberikan suatu beban yang kita tak sanggup memikulnya. Jadi Kalau Anda Punya Masalah, Berbahagialah !.

50 comments:

  • Gus Nana says:
    1/02/2012

    Gus Nana ucapkan terima kasih kepada collection27 yangsudah memberikan penyegaran pikiran berupa sebuah Tips berfikir positif, tips seperti ini membuat hidup saya menjadi lebih semangat lagi. Bravo dan sukses selalu untuk anda

  • mania-xp says:
    1/02/2012

    beratnya cobaan itu sesuai dengan iman kita. wkwkww

  • Icah Banjarmasin says:
    1/02/2012

    Mantef banget bang artikelnya..jujur aku suka yg beginian..

  • PutuBlog says:
    1/02/2012

    Nice Post gan.. Mudahan bermanfaat bagi kita semua..

  • Duniasharing says:
    1/02/2012

    Makasih anda udah sajikan artikel yang bermanfaat , memang benar dari balik semua msalah itu ada hikmanya dan benar Allah tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampuan hambanya. Tetep semangat dalam mengahapi semua cobaan atau masalah :)

  • Free Bass Lessons says:
    1/02/2012

    Memang harus berbahagia...

  • renovasi rumah says:
    1/03/2012

    bersyukur lah..itu intinya...

  • Sugraha says:
    1/03/2012

    bner banget t, biarpun kita dalam banyak masalah harus tetap berbahagia, hidup itu sudah masalah jangan bkin tambah banyak masalah..
    jangan lupa komen balik ya gan.. hehehe

  • Asuransi Prudential says:
    1/03/2012

    Punya masalah menandakan Tuhan yakin bahwa kita mampu menghadapainya. Tuhan aja yakin jadi tidak ada alasan untuk kita tidak yakin :)

  • Muhammad Muchlis says:
    1/03/2012

    luar biasa bung artikelnya.. pencerahan banget

  • Kanker Darah / Leukimia says:
    1/03/2012

    saya setuju gan dengan postingannya,salm kenal,kunjungi balik ya

  • photoshop says:
    1/03/2012

    mari yuk kita rame-rame berbahagia karena ini permulaan tahun yg baru...hooohhoh

  • AYRIY ZONE says:
    1/03/2012

    Masalah yg di di hadapi setiap manusia adalah cobaan hidup,,

  • lina@happy family says:
    1/03/2012

    Menjadi bahagia adalah pilihan hidup.

  • surya ramadhan says:
    1/03/2012

    ayo semangat,....
    salam blogwalking di 2012

  • Alief Nartama Kurniawan says:
    1/03/2012

    betul, udah 2012 janganlah mengeluh ;)

  • Zikir dan Kontemplasi says:
    1/03/2012

    Semoga kita menjadi hamba yang pandai bersyukur

  • Deganshah Putra says:
    1/03/2012

    Tapi kebanyakan orang bila dapat masalh langsung frustasi (mirip kayak ane :D). siip deh nanti ane coba berbahagia.

  • Fazri says:
    1/03/2012

    kebanyakan orang berdo'a kepada tuhannya kalau sedang membutuhkan. tapi kalau sedang diuji kesenangan apakah masih ingat..
    sipp gan post infonya
    berdo'a lah selalu dan percayakan do'a mu kan terdengar.

  • fajar Kurniawan JE says:
    1/03/2012

    Wahhh... super sekali pak :)

  • choki says:
    1/03/2012

    Masalah itu memang didedikasikan untuk orang-orang yang hidup dan waras, hidup tanpa masalah berarti.....

  • Hendri Prastio Kurniawan says:
    1/03/2012

    pasti harus bahagia gan.....always be happy....

  • sampeweweh says:
    1/03/2012

    artinya tuhan sayang sama kita :D

  • Muhammad Fajar says:
    1/03/2012

    Saya selalu bahagia kok.. Cuma bahagia itu juga ada level nya.

  • BRI Jakarta Veteran says:
    1/03/2012

    sangat inspiratif sekali sahabat

  • Chikunk says:
    1/03/2012

    postingan yang sangat menarik sob. . . :)

  • Irwan Efendi Webblog says:
    1/04/2012

    Masalah apapun bisa diselesaikan dengan kepala dingin dan bertawakkal pasti akan terselesaikan

  • SangPencariKedamaian says:
    1/04/2012

    Manusia tidk luput dari salah, Allah membebani hambaNya sesuai dengan kadar kemampuannya " Laa yukallifullahu nafsan illa Wus'aha..".

  • Seri Bahasa says:
    1/04/2012

    ya...manusia dinamakan nggak bisa lari dari segala permasalahan...karena itu lumrah dalam kehidupan...dan juga dugaan untuk menguji kesabaran serta ketabahan umatNya...yang penting kita harus redho dengan ketentuan Ilahi...tapi jangan pula lupa untuk memperbaiki diri yang serba kekurangan...

  • Setiawan Brothers says:
    1/04/2012

    intinya jangan lari dari masalah sob

    klo ada masalah selesaikan

    nice info nya nih

    follow back ya

  • banguninspirasi says:
    1/04/2012

    masalah itu ibarat batu, bisa jadi batu sandungan tapi bisa juga dijadikan batu loncatan. Tergantung cara kita memandang masalah itu sendiri

  • hamparan says:
    1/04/2012

    setuju dan benar sekali sob,, semoga tetap jernih pikiran kalo ada masalah,

  • Arman says:
    1/04/2012

    bener sob, mana ada hidup tanpa masalah, ga ada maslh ga hiduplah..

  • kakafay says:
    1/04/2012

    Masalah adalah salah satu dinamika kehidupan,dengan masalah kita menjadi pintar,jika berusaha menyelesaikan masalah itu,Orang yang pintar adalah yang banyak masalah tapi mampu menyelasaikannya..

  • FREE_MOVIE says:
    1/04/2012

    masalah adalah suatu ujian apakah kita bisa menyikapinya,,yang penting kita sabar,ikhtiar Insyaallah segala masalah bisa kita selesaikan,,

  • hemmh,,saya tersenyum membaca ini gan,,memang seharusnya kita berbahagia jika di berikan masalah,,karena itu satu pijakan kita melangkah ke arah yg lebih baik,,

  • Aam Bae Lah says:
    1/05/2012

    setiap orang pzt pny mslh..lo yg gak pny mslh namanya orang gila..hhe

  • mrofiuddin says:
    1/07/2012

    "Kalau Anda Punya Masalah, Berbahagialah !!"shiip...karena sebenarnya "masalah" itu tidak ada...yang ada adalah "Agenda".(oleh karena itu masalah merupakan agenda yang harus kita selesaikan)
    :)

  • Mari Berbagi says:
    1/08/2012

    masalah atau persoalan jika disikapi secara bijak akan menjadi pembelajaran yang berharga.

  • Pecinta says:
    2/09/2012

    terima ksih share yang bagus ini gan

  • masi banyak buat semangat,..!!

  • gamat luxor banjarmasin says:
    4/18/2012

    setiap manusia diberi cobaan yang berbeda..:)
    seseuai kemampuannya :)

  • setiap permasalahan akan membuat kita lebih dewasa dalam menjalani hidup ini.

  • setiap masalah akan membuat seseorang menjadi dewasa dalam menjalani hidup.

  • masalah adalah berkah buat kemajuan kita ...thasnks gan

  • sayapun saat ini sedang dalam masalah besar,,,tapi percaya bahw semua akan indah pada waktunya

  • masalah yang di berikan pertanda tuhan masih sayang sama kita ..

  • taruhan bola online says:
    1/10/2013

    yup, betul sekali! setuju deh sama bung yg satu ini :)

  • Apeace says:
    2/14/2013

    makasih gan artikelnya...
    bermanfaat banget tuk motivasi bagi orang2 kayak ane...yang pny sejuta milyar ribu triliun masalah...
    :'(

    peace,love and respect for you gan..!

  • toko bunga lotus says:
    9/24/2013

    setuju banget gan, meskipun kita punya masalah tapi kita harus tetap bahagia..

Gambar Komentar