Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... 10 Golongan yang tidak akan Masuk Surga | Menggapai Impian

10 Golongan yang tidak akan Masuk Surga

Ibnu Abas r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda, “Ada sepuluh golongan dari umatku yang tidak akan masuk surga, kecuali bagi yang bertobat. Mereka itu adalah :

  1. al-qalla’
  2. al-jayyuf
  3. al-qattat
  4. ad-daibub
  5. ad-dayyus
  6. shahibul arthabah
  7. shahibul qubah
  8. al-’utul, az-zanim, dan 
  9. al-’aq li walidaih.

Selanjutnya Rasulullah saw. ditanya, “Ya Rasulullah, siapakah al-qalla’ itu?” Beliau menjawab, “Orang yang suka mondar-mandir kepada penguasa untuk memberikan laporan batil dan palsu.

Rasulullah saw. ditanya, “Siapakah al-jayyuf itu?” Beliau menjawab, “Orang yang suka menggali kuburan untuk mencuri kain kafan dan sebagainya.

Beliau ditanya lagi, “Siapakah al-qattat itu?” Beliau menjawab, “Orang yang suka mengadu domba.

Beliau ditanya, “Siapakah ad-daibub itu?” Beliau menjawab, “Germo.

Rasulullah saw. ditanya, “Siapakah ad-dayyus itu?” Beliau menjawab, “Dayyus adalah laki-laki yang tidak punya rasa cemburu terhadap istrinya, anak perempuannya, dan saudara perempuannya.

Rasulullah saw. ditanya lagi, “Siapakah shahibul arthabah itu?” Beliau menjawab, “Penabuh gendang besar.

Rasulullah saw. ditanya, “Siapakah shahibul qubah itu?” Beliau menjawab, “Penabuh gendang kecil.

Rasulullah saw. ditanya, “Siapakah al-’utul itu?” Beliau menjawab, “Orang yang tidak mau memaafkan kesalahan orang lain yang meminta maaf atas dosa yang dilakukannya, dan tidak mau menerima alasan orang lain.

Rasulullah saw. ditanya, “Siapakah az-zanim itu?” Beliau menjawab, “Orang yang dilahirkan dari hasil perzinaan yang suka duduk-duduk di tepi jalan guna menggunjing orang lain. Adapun al-’aq, kalian sudah tahu semua maksudnya (yakni orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya).

Mu’adz bertanya kepada Rasulullah saw, “Wahai Rasulullah, bagaimana pandangan engkau tentang ayat ini:

 yauma yunfakhu fiish-shuuri fata’tuuna afwaajaa, yaitu hari (yang pada waktu itu) ditiup sangkakala, lalu kalian datang berkelompok-kelompok?” (An-Naba’: 18)

“Wahai Mu’adz, engkau bertanya tentang sesuatu yang besar,” jawab Rasulullah saw. Kedua mata beliau yang mulia pun mencucurkan air mata. Beliau melanjutkan sabdanya.

“Ada sepuluh golongan dari umatku yang akan dikumpulkan pada Hari Kiamat nanti dalam keadaan yang berbeda-beda. Allah memisahkan mereka dari jama’ah kaum muslimin dan akan menampakkan bentuk rupa mereka (sesuai dengan amaliyahnya di dunia). Di antara mereka ada yang berwujud kera; ada yang berwujud babi; ada yang berjalan berjungkir-balik dengan muka terseret-seret; ada yang buta kedua matanya, ada yang tuli, bisu, lagi tidak tahu apa-apa; ada yang memamah lidahnya sendiri yang menjulur sampai ke dada dan mengalir nanah dari mulutnya sehingga jama’ah kaum muslimin merasa amat jijik terhadapnya; ada yang tangan dan kakinya dalam keadaan terpotong; ada yang disalib di atas batangan besi panas; ada yang aroma tubuhnya lebih busuk daripada bangkai; dan ada yang berselimutkan kain yang dicelup aspal mendidih.”

Mereka yang berwajah kera adalah orang-orang yang ketika di dunia suka mengadu domba di antara manusia. Yang berwujud babi adalah mereka yang ketika di dunia gemar memakan barang haram dan bekerja dengan cara yang haram, seperti cukai dan uang suap.”

Yang berjalan jungkir-balik adalah mereka yang ketika di dunia gemar memakan riba. Yang buta adalah orang-orang yang ketika di dunia suka berbuat zhalim dalam memutuskan hukum. Yang tuli dan bisu adalah orang-orang yang ketika di dunia suka ujub (menyombongkan diri) dengan amalnya.”

Yang memamah lidahnya adalah ulama dan pemberi fatwa yang ucapannya bertolak-belakang dengan amal perbuatannya. Yang terpotong tangan dan kakinya adalah orang-orang yang ketika di dunia suka menyakiti tetangganya.”

Yang disalib di batangan besi panas adalah orang yang suka mengadukan orang lain kepada penguasa dengan pengaduan batil dan palsu. Yang tubuhnya berbau busuk melebihi bangkai adalah orang yang suka bersenang-senang dengan menuruti semua syahwat dan kemauan mereka tanpa mau menunaikan hak Allah yang ada pada harta mereka.”

Adapun orang yang berselimutkan kain yang dicelup aspal mendidih adalah orang yang suka takabur dan membanggakan diri.” (HR. Qurthubi)

Saudaraku, adakah kita di antara 10 daftar yang dipaparkan Rasulullah saw. di atas? Bertobatlah, agar selamat !!



 NB : Semoga dari artikel di atas bisa di jadikan pembelajaran serta renungan untuk kita semua Umat Muslimin. Amin

76 comments:

  • iman arsyad says:
    2/20/2012

    semoga saya nggak termasuk dari 10 golongan itu amin

  • Ary_Putra says:
    2/20/2012

    AMIN. Semoga kita semua tidak termasuk salah satu dari golongan tsb TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA KAWAN.

  • obat herbal kanker usus says:
    2/20/2012

    masyaallah...
    semoga kita semua tidak masuk dalam 10 golongan tersebut.

  • cerita anak kost says:
    2/20/2012

    ane pernah dengar yang dayyus gan di ceramahnya zainudin mz. yang lain samar samar. alqatta yang mengadu domba ngeri juga gan, banyak di indonesia yang sengaja ato tidak mengadu domba kita smua.
    ane pelajari dulu yang lain ah, ane juga taukut klo masuk neraka. makasih gan ya.

  • Ricdetop says:
    2/20/2012

    Naudzubillah .. semoga kita tidak termasuk kedalam golongan itu.
    Terima kasih sudah sharing ..

  • obat herbal keputihan says:
    2/20/2012

    semoga saja kita semua bisa menjadi calon penghuni surga...
    bukan calon penghuni neraka.

  • obat herbal glukoma says:
    2/20/2012

    artikel yang bagus..
    bisa jadi bahan untuk kita renungkan.

  • Ary_Putra says:
    2/20/2012

    Buat Sahabat Blogger Tercinta, Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk serta Rahmat & Kasih sayangnya kepada kita semua agar kita slalu jg dalam lindungaNya terhindar dari perilaku/sifat2 seperti apa yg telah di sampaikan oleh Baginda Rasulullah saw di atas. Amin Salam

  • obat herbal insomnia says:
    2/20/2012

    memang sangat mengerikan siksaan nya jika kita melanggar perintah allah...
    terimakasih sudah mengingatkan saya.

  • ubaybingokil.com says:
    2/20/2012

    ini artikel yang bagus sob.. ? semoga dengan mengetahui artikel ini, kita sendiri sahabat - sahabat kita, bisa intropeksi diri, bukan hilang di telan kenikmatan duniawi semata,

    dan biar sadar, kalau di duniawi ini, hanya jalan sementara mnju alam yang kekal di akhirat kelak,,

    terima kasih sahabat telahh sharing lewat artikel ini :)

    happy blogging

  • Ary_Putra says:
    2/20/2012

    Terimakasih juga atas kunjungannya sahabat
    Memang benar semestinya kita hrs senantiasa lbh mendekatkan diri pada Allah SWT, agar kita bisa terhindar dari sifat/perilaku tsb. karna kenikmatan di Dunia tak sebanding dgn kenikmatan yg ada kelak di Akhirat. Semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita pada perilaku2 yg di RidhoiNya, & senantiasa slalu memberikan petunjuk kepada kita semua. Amin

  • Mas Mur says:
    2/20/2012

    Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa diridloi Allah dan sentiasa dalam lindungannya..Amin...
    Keren Sob...

  • Info_tips&bisnis says:
    2/20/2012

    Subehanallah.. Semoga kita semua tida termasuk dalam golongan ini,,

  • Ranti says:
    2/20/2012

    Infonya bagus banget, setidaknya mengingatkan kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah S.w.t

  • Zikir dan Kontemplasi says:
    2/20/2012

    semoga kita di jauhkan dari 10 Golongan yang tidak akan Masuk Surga.
    posting yang bagus untuk peringatan bagi kita semua

  • Jejak Puisi says:
    2/20/2012

    innalillah... merinding sob bacanya. insya Allah ana tidk termasuk dari 10 golongan tersebut. amin y Allah...

  • sweethy says:
    2/20/2012

    Subhanallah postingan yang bernuansa Islami, moga kita jadi hamba yang Beriman hanya kepada ALLAH SWT. Aamiin.

  • KangFarhan says:
    2/20/2012

    semoga kita semua bukan termasuk ke 10 golongan di atas ya bang...aamiin...
    Insya Allah terhindarkan dari fitnah yg dapat menjerumuskan kita ke neraka kelak...
    sangat bagus artikelnya bang... sangat menggugah hati tuk selalu taat kepada Allah
    terima kasih bang

  • rizki_ris says:
    2/20/2012

    Kunjungan malam sobat
    semoga kita tidak termasuk dalam sepuluh golongan tersebut
    amiiin

  • Ary_Putra says:
    2/20/2012

    Terima Kasih Atas Kunjungannya Para Sahabat Setia Blogger, Dari artikel di atas mudah-mudahan kita semua slalu terus dalam lindunganNya dan terhidar dari golongan tsb.Amin

  • Indramayu Cyber Team says:
    2/20/2012

    semoga saya tidak termasuk ke dalam orang2 yg dimaksud..

  • muhammad hidayat says:
    2/20/2012

    wah, mantap gan, thanks yah informasinya...

    hehehe...mudahan saya gak termasuk 10 golongan itu...AMIN

  • warungbelajar says:
    2/20/2012

    semoga kita bukan bagian dari golongan itu kak , dan artikel disini memang sungguh bagus , dan ijin kakak biasanya saya share juga di facebook saya kakak :D

  • BRI Jakarta Veteran says:
    2/20/2012

    semoga saja kita termasuk kedalam golongan itu, thanks sahabat atas pencerahannya.

  • wah ini artikel bagus amat semoga bermanfaat bagi orang yang membacanya.....

  • subhannallah semoga artikelnya dapet membantu pengetahuan mengenai 10 golongan tersebut

  • bocah n says:
    2/20/2012

    yang no.1 banyak tuh di negeri ini, nauzubillahiminzalik!.. semoga kita senantiasa memohon ampun atas dosa2 yang telah kita perbuat!

  • Chute says:
    2/21/2012

    Artikel yg sngat menarik...
    Makasih bnyak pencerahannya..!!

  • Rumah Info says:
    2/21/2012

    Benar2 bermanfaat.. moga perilaku saya bisa lebih baik dan lebih baik lgi setelah termotivasi dg postingan ni

  • ABC says:
    2/22/2012

    wah...
    agan perlu hati2 nie, soalnya udah berfatwa juga :D
    semoga kita gak termasuk salah satunya.. amin

  • Bun No Ichi says:
    2/22/2012

    nauzubillahiminzalik...mudah-mudahan kita di jauhkan dari yang sepuluh golongan itu,,
    aamiin..

  • semoga kita tidak termasuk semua golongan yang diatas..amin

  • lina@happy family says:
    2/23/2012

    Terima kasih pencerahannya...
    Semoga kita semua diberi keselamatan dunia dan akhirat!

  • Lembaga Bahasa says:
    2/27/2012

    Terima Kasih Ilmunya, mudah-mudahan setelah mengetahui semua hal diatas, kita bisa berhati-hati dalam menjalani kehidupan yang sebentar ini

  • Ridlo TaufiQ says:
    2/27/2012

    numpang Share Gan via FB, Di tunggu Follow back-nya

  • obat jerawat says:
    2/29/2012

    masi banyak gan buat ilmunya,.. semoga kita tidak ter masuk ornag orang seperti itu,.!!!

  • arie5758 says:
    3/03/2012

    Semoga saja kita semua menjadi hamba yang selalu diampuni.. mengerikan sekali jika kehidupan kita buruk didunia, maka diakhirat kondisi kita akan hina.

    Namun utk 10 golongan yg tidak masuk surga ada yg menjadi ganjalan sob, apakah ada penjelasan mengenai penabuh gendang besar dan kecil seperti nomer 6 dan 7? Mereka termasuk penabuh genderang perang atau pemusik? Terima kasih sebelumnya:)

  • jelly gamat says:
    3/03/2012

    sangat bermanfaat gan,,, berdakwah lewat blog...

  • obat herbal sakit maag says:
    3/09/2012

    waduh takut juga ya ,, terimakasih atas informasinya

  • ya alloh semoga hambamu ini terhindar dari semua itu
    dan ya alloh jadikanlah hambamu ini orang yang selalu berada di jalan mu
    amin

  • astagfirullah aladzim ..
    ya allah jauhkan lah saya dari golongan di atas ..
    semoga kita semua menjadi orang yang lebih baik lagi
    amin ..

  • ya tuhan jauhkan lah saya dari golongan di atas ..
    semoga kita tergolong kedalam orang orang yang beriman
    amin ..

  • tik tok says:
    5/28/2012

    Semoga kita semua terhindar dr golongan orang diatas dan sama2 menuju jalan redho allah,amin

  • Ace Maxs menyembuhkan says:
    6/27/2012

    astagfiruloh teringat akan dosa-dosa

  • Obat Herbal Penyakit Tipes says:
    10/17/2012

    astagfirullah,,semga saya tidak ya Allah..ngeri sekaliii

  • Supercoolzz says:
    11/14/2012

    semoga saya tidak termasuk golongan tersebut.. aamiiin..:)

  • xamthone says:
    11/15/2012

    mengerikan,TUHAN ampuni aku...

  • Anonymous says:
    12/02/2012

    Hi, just wanted to mention, I loved this article.
    It was practical. Keep on posting!
    Feel free to surf my web-site - elitecigarettestore.com

  • Anonymous says:
    12/16/2012

    Hi everybody, here every one is sharing such knowledge, therefore it's good to read this webpage, and I used to go to see this webpage every day.
    my website - asuntoturkista.net

  • Anonymous says:
    12/21/2012

    hi!,I love your writing very much! percentage we keep in touch more approximately your article on AOL?
    I need a specialist in this area to solve my problem.
    Maybe that's you! Having a look ahead to see you.
    Here is my website :: acne kit

  • Anonymous says:
    12/22/2012

    Your way of telling everything in this piece of writing is in fact pleasant,
    all be able to effortlessly know it, Thanks a lot.
    My homepage Wohnungen kaufen Antalya

  • Anonymous says:
    12/23/2012

    Valuable information. Lucky me I found your website
    unintentionally, and I'm shocked why this twist of fate did not took place earlier! I bookmarked it.
    Feel free to visit my weblog http://bostaditurkiet.net/fastigheter-bodrum

  • Anonymous says:
    12/26/2012

    When someone writes an post he/she retains the plan of a user in his/her
    brain that how a user can know it. Thus that's why this article is outstdanding. Thanks!
    Check out my webpage ... http://immobilienalanya.net/immobilien-alanya/

  • Anonymous says:
    12/27/2012

    Hi there! Would you mind if I share your blog with my twitter group?
    There's a lot of folks that I think would really enjoy your content. Please let me know. Many thanks
    My webpage: propertyinturkeyforsale.net

  • Anonymous says:
    12/27/2012

    Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account
    it. Look advanced to more added agreeable from you!

    By the way, how could we communicate?
    Take a look at my homepage ... http://asuntoturkista.net/

  • afrilla adhitya says:
    12/28/2012

    wahh sya nggak ngerti artinya sob

  • Anonymous says:
    12/28/2012

    Hello There. I discovered your blog the usage of msn.

    This is an extremely neatly written article. I will be sure to bookmark it and
    return to read extra of your helpful info. Thank you for
    the post. I will definitely return.
    Here is my homepage - Bolig til salgs i Bodrum

  • Anonymous says:
    12/29/2012

    Have you ever considered about including a little bit
    more than just your articles? I mean, what you say is fundamental and all.
    Nevertheless think about if you added some great graphics or
    videos to give your posts more, "pop"! Your content is excellent but with
    images and clips, this site could definitely be one of the
    greatest in its niche. Amazing blog!
    My website Antalya Real estate

  • 99 says:
    1/01/2013

    trima kasih sudah mengingatka sobat

  • obat penyakit jantung says:
    1/01/2013

    semoga kita tidak termasuk ke dalam 10 golongan tersebut.. nau'dzubila

  • Anonymous says:
    1/08/2013

    Whats up are using Wordpress for your blog platform?
    I'm new to the blog world but I'm trying to get started and set
    up my own. Do you need any html coding expertise to make your own blog?
    Any help would be greatly appreciated!
    Here is my page whitening skin

  • taruhan bola terkenal says:
    1/17/2013

    masyaallah jangan sampe saya termasuk salah satu dari golongan diatas. nauzubilahimindzalik.

  • Anonymous says:
    1/22/2013

    Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied
    on the video to make your point. You obviously know what youre talking about,
    why waste your intelligence on just posting videos to your site when you
    could be giving us something informative to read?
    Here is my website ; acne help

  • Anonymous says:
    1/25/2013

    I think the admin of this site is truly working hard in favor of his web site, since here every material is
    quality based material.
    My website - http://uhr.www.blue-ox.at/

  • Anonymous says:
    1/25/2013

    We're a bunch of volunteers and starting a new scheme in our community. Your website provided us with useful information to work on. You have performed a formidable activity and our entire group will likely be thankful to you.
    Here is my weblog ; medical insurance savings

  • Anonymous says:
    1/27/2013

    It's perfect time to make some plans for the future and it's time to
    be happy. I've read this post and if I could I want to suggest you few interesting things or tips. Perhaps you can write next articles referring to this article. I desire to read even more things about it!
    Take a look at my web site - daily intake values

  • Anonymous says:
    1/27/2013

    I just like the helpful information you supply on your articles.
    I will bookmark your blog and check once more right here regularly.
    I'm rather sure I will be told plenty of new stuff right right here! Best of luck for the following!
    Also visit my blog : family tree website

  • Anonymous says:
    1/30/2013

    I do not even know how I ended up here, but I thought
    this post was great. I do not know who you are but definitely you are going to a famous blogger
    if you are not already ;) Cheers!
    My website ; seo firms

  • Anonymous says:
    2/03/2013

    Nice post. I was checking continuously this blog and I am impressed!
    Extremely helpful information specifically the last part :) I care
    for such info much. I was seeking this certain information
    for a long time. Thank you and best of luck.
    Here is my site - good plumbing companies

  • Anonymous says:
    2/22/2013

    Hi there! Do you know if they make any plugins to help with SEO?
    I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm not seeing very good gains.
    If you know of any please share. Appreciate it!

    my blog post: article link

  • asri says:
    5/06/2013

    serem bangettt tuh rasanya kalau menjadi orang yang seperti goloongan2 tersebut

  • OBAT HERBAL KANKER HATI says:
    6/11/2013

    Semoga kita tidak tergolong kedalamnya.

  • Na'u dzubillahi min dzalik.. Semoga kita semua gak termasuk ke dalam golongan-golongan tersebut , amin :)

  • obat herbal diabetes says:
    9/18/2013

    mudah-mudahan kita tidak termasuk golongan itu...

  • toko bunga lotus says:
    9/20/2013

    thx gan buat infonya...

  • astagfirullah,,mudha-mudahan jangan termasuk ke dalam slah satunya..

Gambar Komentar