Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Dimana Letak Akal, Nafsu dan Ruh…? | Menggapai Impian

Dimana Letak Akal, Nafsu dan Ruh…?

Allah سبحانه و تعالى sebelum menciptakan manusia, telah terlebih dahulu menciptakan AQAL dan NAFSU, tertera dalam kitab durratun nasihin karangan syeh ustman bin hasan as syakir, dalam hadist qudsi di sebutkan, Saat Allah سبحانه و تعالى menciptakan Aqal, Allah سبحانه و تعالى mengajukan pertanyaan pada Aqal, Yaa ayyuhal aqli, man anta wa man ana, Wahai Aqal, siapakah kamu dan siapakah Aku? ketika menerima pertanyaan, “Siapa kamu dan siapa Aku?” aqal menjawab “Ana A’bdun wa anta Rabbun.” saya hambaMu Dan Engkau Tuhanku..

Ilustrasi
Di sisi lain, saat Allah سبحانه و تعالى menciptakan Nafsu, dan di ajukan pertanyaan yang sama, nafsu menjawab, Ana ana wa anta anta, Aku ya aku, dan kamu ya kamu, lantas Allah سبحانه و تعالى memasukkan ke neraka panas selama 1000 tahun, setelah itu nafsu di tanya lagi, namun tetap gak kapok juga dengan menjawab hal yang sama, lantas di masukkan ke neraka dingin selama 1000 tahun, setelah itu di tanya lagi, tetap juga sama jawabannya, lalu di masukkan ke neraka lapar selama 1000 tahun, lalu di angkat dan di tanya lagi, baru menjawab Ana abdun wa Anta Robbun.
  
Aqal adalah makhluq suci dengan fithrah Illahi, Aqal itu ibarat kusir yang mengendalikan nafsu.

Di manakah letak Aqal dan nafsu....?

Aqal dan nafsu itu terletak di dalam QOLBU, qolbu dalam arti jasmani adalah Organ jantung manusia, di terangkan dalam hadist nabi riwayat muslim,
Nabi bersabda
 
Ketahuilah, sesungguhnya dalam jasad terdapat segumpal daging, apabila dia baik maka jasad tersebut akan menjadi baik, dan sebaliknya apabila dia buruk maka jasad tersebut akan menjadi buruk, Ketahuilah segumpal daging tersebut adalah “Qolbu” “. ( Hadis Riwayat Bukhori ).

Qolbu dalam bahasa arab artinya jantung, menurut Imam Al-ghozali, perenungan itu dilakukan mulai dari qolbu yang berpusat di dada, bukan dilakukan melalui pemikiran (al-fikri) dalam otak kepala..

Firman Allah SWT :

 أَفَلَمْ يَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَتَكُونَ لَهُمْ قُلُوبٌ يَعْقِلُونَ بِهَا أَوْ آذَانٌ يَسْمَعُونَ بِهَا ۖ فَإِنَّهَا لَا تَعْمَى الْأَبْصَارُ وَلَـٰكِن تَعْمَىالْقُلُوبُ الَّتِي فِي الصُّدُورِ

afalam yasiiruu fii l-ardhi fatakuuna lahum quluubun ya’qiluuna bihaa aw aatsaanun yasma’uuna bihaa fa-innahaa laa ta’maa l-abshaaru walaakin ta’maa lquluubullatii fii shshuduur

[22:46] maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai qolbu, dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah qolbu yang di dalam dada.
QS. Al-hajj 22:46

Di jelaskan pada ayat di atas, bahwa qulub atau qolbun itu letaknya fis shuduur, di dalam dada, dan yang ada di dada itu adalah jantung (heart), bukan hati / liver, yang berada di bawah dada, di atas perut.

Dalam alqur’an di jelaskan.. Bahwa sesungguhnya ILMU itu letaknya di jantung qolbun fis shuduur, ilmu itu mencakup Aqal dan Nafsu.

Dalam jantung, ada syaraf-syaraf yang bersambung ke otak.

Otak ada dua bagian, yaitu otak kanan yang disebut EQ, tempat syaraf emosional, seperti marah, sedih, senang, takut, dll. DI sinilah yang menghubungkan dengan NAFSU yang berpusat di jantung.

Yang kedua yaitu otak kiri yang menghubungkan syaraf memory, kecerdasan, berfikir, daya ingat, rasional, yang disebut IQ pusat intelegensi, di sinilah PUSAT AQAL yang berhubungan dengan syaraf di jantung.

Jantung bukan sekedar pemompa energy yang berupa darah menuju ke otak, sebab jantung adalah pusat segala energy yang ada, detakan jantung itu tidaklah bekerja otomatis, tapi di kendalikan oleh Sang Maha Pengendali.
Saat manusia menforsir daya otak kiri-nya, maka jantung bereaksi, begitu juga jika perasaan cinta, benci, senang, sedih, di otak kanan bangkit, maka akan bereaksi pada jantung.

Imam ghozali berpendapat dengan dasar ayat alqur’an di atas, bahwa ILMU itu bukan di otak, tapi di dalam qolbu, penglihatan itu bukan pada mata, tapi di dalam qolbu, pendengaran itu bukan pada telinga, tapi di dalam qolbu, pembicaraan itu bukan pada mulut, tapi di jantung qolbu haqiqotun..

Otak, mata, telinga, mulut, itu hanyalah peralatan yang berupa RAGA, yang di kendalikan oleh AQAL dan NAFSU yang terletak dalam JANTUNG QOLBU.

Lalu apakah ruh itu??

 وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ ۖ قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي وَمَا أُوتِيتُم مِّنَ الْعِلْمِ إِلَّا قَلِيلًا

wayas-aluunaka ‘ani rruuhi quli rruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina l’ilmi illaa qaliilaa [17:85]

Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: “Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit”.  QS. al-isra 85

Alqur’an sendiri telah menegaskan, bahwa Ruh itu adalah urusan-Nya, Kita tidak tahu melainkan sedikit, sedikit bagi Allah سبحانه و تعالى akan pengetahuan manusia.

Ilustrasi

Ruh ibarat Energi, ruh dalam lafadz arab, berasal dari kata “riih” رياح yang maknanya angin.

Dalam ilmu pengetahuan eksak, gerakan angin itu terjadi karena reaksi energi elektromagnetic, yang terus bergerak, energi elektromagnetic ini dalam unsur atom di sebut elektron yang kita rasakan sebagai energi aliran listrik.

Dan ternyata, tiada satupun profesor di dunia yang dapat menjelaskan apakah listrik itu dengan paten, seperti halnya tiada seorang ulama’ yang dapat menjelaskan apakah ruh itu.

Yang kita tahu, hanyalah sebatas pengertian bahwa, ruh itu adalah energi yang dapat menghidupkan benda organik, sedangkan listrik itu adalah energi yang dapat menghidupkan benda anorganik.

Jadi, ruh itu bukanlah seperti di film atau gambar, yang berbentuk bayangan, atau asap, sungguh berlepas diri tentang hal itu.

Begitu juga listrik, bukan lah petir yang berapi, terang, seperti dalam gambar, itu hanyalah reaksi percikan api, yang panas, sedangkan listrik sendiri tidak berwarna, tidak terlihat, juga bukan kalor atau panas.

Kesimpulanya.

RAGA itu di kendalikan oleh AQAL dan NAFSU yang terletak dalam QOLBU yang dapat hidup karena ada RUH dengan KUASA الله سبحانه و تعالى

 
Wallahu’alam Bisshowab.

90 comments:

  • zhey five says:
    3/09/2012

    wahhh makasih ya bang.... curahat ilmu nya.... cukup memahami benak hati nih....

  • Ary_Putra says:
    3/09/2012

    OK..Sama-sama. And Thanks juga sudah mampir ya sahabat. Semoga artikel di atas bisa menambah wawasan n pemahamam baru ya kawan. Salam sukses selalu

  • Jejak Puisi says:
    3/09/2012

    jadi bukan hati y sob melainkan jantung?

    thanks dah berbagi sob. sangat bermanfaat. salam blogger n happy blogging^^

  • cerita anak kost says:
    3/09/2012

    klo ruh saya ga terlalu paham, cuma yang penah denger dalinya yang 'ruh itu urusan tuhanku'
    klo yang nafsu sma akal ane pernah denger dari kiyai ane, ya begitu. si nafsu di masukan di dalam neraka selama 1000 tahun lamanya. klo dari segi ilmu tasawuf maka nafsu itu di bagi beberapa bagian yang letaknya tidak mesit di jantung, makanya kenapa orang tasawuf senang berzikir karena ingin mengempur nafsu mereka dengan zikir agar nafsu itu tidak 'membeludak' sampai sampai mengendalikan diri kita.

    makasih gan, saya jadi belajr di sini tentang hati. bahwa klo hti itu bersih, selayak cerminy yang bersih. tidak hnya kita yang bisa bercermin tapi orang lain pun bisa bercermin, tentunya dari ahlak prilaku kita. begitu pula sebaliknya

  • Muro'i El-Barezy says:
    3/09/2012

    BERSILATURRAHIM SAMBIL MENIKMATI ARTIKEL YANG BERMANFAAT, TRIMS ILMUNYA SOBAT:}

  • Kang Farhan says:
    3/09/2012

    mantap banget penjelasan abang ary...sangat terperinci mengenai kaitan akal dan nafsu...
    semoga kita akan lebih menjaga akal dan nafsu kita selalu di jalan Allah...aamiin..
    salam semangat selalu dan semoga berkah tulisan ini untuk abang

  • informasi, artikel yang sangat bagus
    menambah wawasan buat saya....

  • akal itu manusia itu ada yang cepat dan ada ya lambat menanggap sesuatu ya!!!salam kenal dan terimakasih atas informasinya...

  • bazokawap says:
    3/10/2012

    wah,,
    menarik gan..
    makasih ilmunya

  • isman says:
    3/10/2012

    Thanks pencerahannya!
    Ada yang bikin Aku puyeng...
    Qolbu dalam arti jasmani itu organ jantung?
    Dari mana sumbernya Mas? Apakah hewan punya Qalbu?

  • elmud says:
    3/10/2012

    Akal adalah raja
    Hati itu Penasehat
    Raga Panglima nya

    Dan ketiga nya harus tunduk pada satu aturan agar selamat yaitu syariat Islam untuk satu tujuan beribadah pada Allah


    Sukses selalu Blogger Indonesia

  • Obat Alami Stroke says:
    3/10/2012

    terima kasih atas udah share ilmu yang bermanfaat.
    semoga jadi penyejuk qolbu kita semua.
    amin..

  • Bukan Master says:
    3/10/2012

    wah ..
    Thanks infonya bang ,,
    Sangat Bermanfaat bagi saya
    Forbiden-403 Sekarang Pindah blog bang..+Saya udah Follow #672, Follback di tunggu

  • Boby Aoliya says:
    3/10/2012

    keren kang artikelnya, share lagi ya kang :D

  • Gasa Obat Kuat Perkasa says:
    3/12/2012

    kalo menurut ane sih, di dalam diri kita sendiri apalagi di dalam hati

  • Wibowo Amir Syachputra says:
    3/12/2012

    Assalammualaikum,

    thank's atas kunjungannya di maujadijuragan.blogspot.com selamat buat blognya semoga jadi tambahan untuk diakherat nantinya.
    mohon dukungan program maujadijuragan sedekah dengan mengklik satu iklan yang ada di blog ane. Insyaallah hasilnya nanti akan disumbangkan di PPA Dharul Qur'an.
    terima kasih
    Wasalam

  • obat jantung koroner says:
    3/13/2012

    nambah lagi nih wawasan, makasi gan artikel nya sangat bermanfaat, salam kenal.

  • Anonymous says:
    3/14/2012

    DMR,..

    Yang saya pahami ruh itu tujuh lapis/bagian : akal,jiwa,ilmu,nafsu,iman,..,..
    Yang merupakan satu kesatuan yang tidak boleh tidak ada salah satunya, dan ditutupi oleh tabirnya masing-2, Hilang satu ??
    Akal -> gila
    Nafsu -> malaikatkah.
    Jiwa -> mati
    Ilmu -> idiot
    Iman -> kafir
    ..
    ..
    Punya bentuk dan warna masing-2, Letaknya yang erat jadi satu dengan badan ini dbatasi/berdiri diatas takdir/ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Illahi.

    Tidak ada manusia yang hidup didunia ini yang bisa terbuka ketujuh tabir tsb, lalu dia masih hidup !! kecuali Rasullullah SAW (Isra Mi'raj).

    Kapan terbuka tabir penutupnya ??
    . Kiamat
    . Nafas tinggal di kerongkongan

    Heran Mati itu pasti tapi masih saja kita lalai, Hari pembalasan itu pasti tapi kita masih tertawa.

    Rabbukum a'lamu bikum iy yasya' yarhamkum au iy yasya' yu'adzdzibkum..

  • masi banyak buat infonya salam knal ajj,.!

  • hamba hanya bisa bersyukur kehadirat Allah SWT, yang telah menganugrahkan akal kepada hamba.............. ampunilah dosa hambamu bila lancang dalam menggunakan akal serta tidak dapat menjaga nafsu. terimakasih gan atas informasinya yang sangat amat bermanfaat

  • jus manggis says:
    3/15/2012

    waah bagus sekali artikel ini. mengandung pelajaran spiritual tinggi. terima kasih ya mas sudah bagi2.

  • kowandy says:
    3/18/2012

    ulasan yg menarik..thanks ya gan

  • Admin says:
    3/20/2012

    This Blog give most motivation for my life,
    thanks friends.

  • awab says:
    3/22/2012

    baguss artikelnya,...
    jadi tambah ilmu pengetahuan

  • SASTRA REMAJA 11 says:
    3/27/2012

    Keren gan artikelnya. ane paling suka baca-baca yang begini nih. :)

  • Wanita Hamil says:
    3/29/2012

    informasi yang sangat berguna mas..
    memang kita harus mengenali diri kita sendiri, baik batin, pikiran, dan roh..

  • tutorial blog says:
    4/02/2012

    bagus gan artikelnya. ternyata letak akal, nafsu , dan ruh itu ada di qolbu ya.

  • mantaf banget nie artikel gan, ini sebagai ilmu buat saya. thanks.

  • terimaksih informasinya , artikel ini menambah pengetahuan baru buat saya pribadi

  • Olla Ramlan says:
    4/09/2012

    pembahasan tentang hakekat ya kayaknya, lumayan buat nambah ilmu

  • Obat Herbal Kanker Hati says:
    4/12/2012

    info yang bermanfaat, terimakasih semoga sukses dan tetap berkarya.

  • Buka Mata says:
    5/04/2012

    RAGA, AQAL, NAFSU, QOLBU dan RUH memang saling berhubungan. Artikel yg menarik.

  • Bagus Journey says:
    5/04/2012

    wah makasih saya jadi tambah pengetahuan

  • toko komputer says:
    5/07/2012

    oh jadi gitu ya.. jadi lebih jelas taunya sekarang kalau dulu baru tau sedikit sisanya nebak nebak mkasih infonya

  • jasa seo murah says:
    5/09/2012

    thnks infonya yah...sukses selalu sob

    signature,
    JASA SEO MURAH

  • Qolbu itu adalah jantung.
    tapi selama ini kebanyakan orang mengartikan Qolbu itu sebagai hati. sama halnya dengan kata "Heart" diartikan sebagai hati. Kira2 kenapa ya?

  • outbound di malang says:
    5/15/2012

    salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

  • sakahayang.com says:
    5/16/2012

    curahan ilmu yang sangat bermanfaat,
    umumnya kita menerjemahkan kalbu itu hati,
    ternyata jantung ,,, makasih sob,

    wilujeng ngeblog

  • jus manggis says:
    6/15/2012

    wah,,, sangat sejuk sekali membacanya,,,
    maha benar Alloh,,,,

  • A.Salim says:
    6/19/2012

    Assalamu'alaikum, silaturrahmi sambil menambah tetesan ilmu yang bermanfaat.

  • terima kasih sudah berbagi ilmu.

  • baru tahu, terima kasih ya atas pencerahannya..

  • Obat Herbal Alergi says:
    7/12/2012

    Aqal adalah makhluq suci dengan fithrah Illahi, Aqal itu ibarat kusir yang mengendalikan nafsu.

  • Trimakasih yah info nya .. :):)

  • Trimakasih yah info nya .. :):)

  • Info nya sangat bermanfaat .. :):)

  • Info nya sangat bermanfaat .. :):)

  • artikel yang bagus, terima kasih sudah berbagi ilmu..

  • Anonymous says:
    7/30/2012

    sangat bermanfaat untuj jadi pacuan hidup...

  • akal itu manusia itu ada yang cepat dan ada ya lambat menanggap sesuatu ya!!!salam kenal dan terimakasih atas informasinya...

  • Definisi says:
    8/13/2012

    Subhanallah aku baru tau nii,,,sob,,, makasih banyak y postingannya sangat bermanfaat

  • management consultant says:
    8/29/2012

    Otak manusia memang luar biasa, tetapi kita sebagai pemiliknya harus bisa mengendalikan otak dan diri kita...lewat ilmu pengethuan dan agama...:)

  • fahmyramdani says:
    9/04/2012

    ingonya mantao gan saya jadi dapet inspirasi sesudah baca artikelnya.. mantao banget dah

  • Motivator Indonesia says:
    9/11/2012

    akal itu manusia itu ada yang cepat dan ada ya lambat menanggap sesuatu ya!

  • die-sry says:
    9/11/2012

    artikel yang luar biasa dan sangat vermanfaat gan untuk disimak.. mantap dah broo :)

  • Corn Computer says:
    9/25/2012

    terus berdakwah sobat, tulisan ente bgs2 bgt :)

  • Matap gan artikelnya,terimakasih dan semoga sukses selalu.

  • clicksomemore says:
    10/17/2012

    Thank you very much for ur kind visit my friend,alωays ωelcome,Keep smile today and each day and come again!

  • alarm mobil says:
    11/02/2012

    saya kurang mengerti artikelnya secara mendetail, tapi secara garis besar saya memahami intinnya. semua post2 di blog ini bagus-bagus, sangat menyuntikan moral dan motivasi kedalam diri saya. thx

  • Terapi Ion Elektrik says:
    11/06/2012

    Artikelnya bagus broo..
    Mudah2an bisa mencerahkan dan berguna bagi orang lain..

  • Obat Alami Penyakit Kista says:
    11/13/2012

    Terimakasih banyak atas informasinya...!
    salam kenal dan semoga sukses.
    Pasti artikel ini bermanfaat...

  • jurnaldunia says:
    11/15/2012

    memang nafsu sesorang gak ada habisnya,punya motor kepingin punya mobil

  • RIMA LOVE says:
    11/24/2012

    Pengetahuan baru yang aku dapat hari ini, makasih banyak gan buat infonya, salam blogger...

  • ERSA ESTLE says:
    11/24/2012

    Makasih banyak buat infonya, sangat membantu sekali saya buat saya untuk mendapatkan inspirasi baru...

  • TERBAIK DARI YANG TERHEBAT says:
    11/24/2012

    Makasih banyak gan buat infonya, aku tunggu artikel selanjutnya....

  • ulasan mobil says:
    11/25/2012

    thx gan infonya...nambah wawasan dan Pengetahuan baru.semoga bermanfaat bagi yang laennya.

  • Obat Penyakit Kista says:
    11/27/2012

    Makasih yah gan untuk artikelnya
    _ oiya saya akan berterima kasih bila agan mempersilakan saya untuk terus berkunjung ke blog ini walaupun dengan status saya yang sbagai spammers.
    sebelumnya kami mhon maaf ya.

  • ulasan auto says:
    12/05/2012

    kalo ngikutin nafsu gakk ada habisnya...selalu ingin lebih.dan lebih lagi...

  • santrinyleneh says:
    12/08/2012

    artikel sangat2 istimewa,saya sependapat dgn semua itu. mk nya dlm kalangan sufi ada istilah "man arofa nafsahu waman arofa robbahu". di tunggu artikel yg lbh dahsyat brow.

  • ulasan hoby mobil says:
    12/10/2012

    Makasih banyak gan buat infonya,di tunggu artikel selanjutnya....

  • caramembuat223r says:
    12/11/2012

    satu lagi tambahan pengetahuan soal roh

  • top automotive terlengkap says:
    12/12/2012

    Terimakasih banyak atas informasinya...!
    salam kenal dan semoga sukses.

  • automotive hijau says:
    12/16/2012

    Makasih banyak buat infonya, sangat membantu sekali saya buat saya untuk mendapatkan inspirasi baru...

  • informasi mobil says:
    12/18/2012

    wahhh makasih ya bang.... curahat ilmu nya.... cukup memahami benak hati nih....

  • panduan top automotif says:
    12/20/2012

    artikel sangat2 istimewa,saya sependapat dgn semua itu. mk nya dlm kalangan sufi ada istilah "man arofa nafsahu waman arofa robbahu".

  • dunia otomotif says:
    12/23/2012

    klo ruh saya ga terlalu paham, cuma yang penah denger dalinya yang 'ruh itu urusan tuhanku'

  • informasi autofuture says:
    12/26/2012

    wahhh makasih ya bang.... curahat ilmu nya.... cukup memahami benak hati nih....

  • theautoz says:
    12/28/2012

    wahhh makasih ya bang.... curahat ilmu nya.... cukup memahami benak hati nih....

  • info carfans says:
    1/03/2013

    semoga kita akan lebih menjaga akal dan nafsu kita selalu di jalan Allah...aamiin..
    salam semangat selalu dan semoga berkah tulisan ini untuk abang

  • autogags says:
    2/27/2013

    wah ..
    Thanks infonya bang ,,
    Sangat Bermanfaat bagi saya

  • obat multikhasiat says:
    3/12/2013

    makasih bnyak gan atas info nya...! sangat bermanfaat...! maju terus bloger indonesia dalam berkarya...!

  • Anonymous says:
    6/12/2013

    Τhe final pеrson гesiԁing in thе circle
    wіns the οverall gamе. It is аlso great because sеveral рlayers can play at the same time.
    Νame The Childrеn Frоm Popular ΤV Showѕ: See how many guests can guess thе right names of
    popular ТV show kids. Exercising utilizing the tгampoline vidеo
    games just beсame an efficient and fun ways tο
    get cleanse and toned. Unlike your typical Kineсt dancing game there are nο breakѕ
    іn between songs with Zumbа.

    My web blog fun games online

  • Anonymous says:
    8/18/2013

    Wah mantap banget nih penjelasan nya bang dapat menjadi pelajaran yang sangat berharga membuat kita lebih memahami diri sendiri. Terhadap apa yang di ciptakan Allah swt

  • owh,,baru tahu saya tentang ini..:)

  • Anonymous says:
    11/10/2013

    I'm really loving the theme/design of your website. Do you
    ever run into any browser compatibility issues? A few of my blog
    visitors have complained about my site not working correctly in Explorer but looks great in Firefox.
    Do you have any tips to help fix this issue?


    My blog post - ohio mud run; ,

  • Anonymous says:
    11/11/2013

    Hi, this weekend is nice in support of me, because this point in time i am reading this great educational piece of writing here at
    my residence.

    my weblog - fitness clubs toledo ohio

  • Anonymous says:
    11/26/2013

    Hello to every one, for the reason that I am in fact keen of reading
    this blog's post to be updated daily. It consists of good information.


    Also visit my web page: site ()

  • Anonymous says:
    4/02/2014

    Thanks for the good writeup. It if truth be told was a enjoyment
    account it. Glance complex to more delivered agreeable
    from you! By the way, how could we keep up a correspondence?


    Take a look at my weblog; HD Resolutions Wallpapers ()

  • Anonymous says:
    4/27/2015

    Alhamdulillah..tambah ilmu

  • semoga kita dijauhkan dari nafsu yang menjerumuskan ke neraka aamiin

Gambar Komentar