Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Manfaat Sedekah ( KEMATIAN BISA DIUNDUR ) | Menggapai Impian

Manfaat Sedekah ( KEMATIAN BISA DIUNDUR )

KEMATIAN BISA DIUNDUR
(Yusuf Mansur)

Kematian memang di tangan Allah. Maka ada satu hal yang bisa membuat kematian menjadi sesuatu yang bisa ditunda, yaitu kemauan bersedekah, kemauan berbagi dan peduli.


SUATU hari, Malaikat Kematian mendatangi Nabiyallah Ibrahim, dan bertanya, “Siapa anak muda yang tadi mendatangimu wahai Ibrahim?”

“Yang anak muda tadi maksudnya?” tanya Ibrahim. “Itu sahabat sekaligus muridku.”

“Ada apa dia datang menemuimu?”
“Dia menyampaikan bahwa dia akan melangsungkan pernikahannya besok pagi.”

“Wahai Ibrahim, sayang sekali, umur anak itu tidak akan sampai besok pagi.” Habis berkata seperti itu, Malaikat Kematian pergi meninggalkan Nabiyallah Ibrahim. Hampir saja Nabiyallah Ibrahim tergerak untuk memberitahu anak muda tersebut, untuk menyegerakan pernikahannya malam ini, dan memberitahu tentang kematian anak muda itu besok. Tapi langkahnya terhenti. Nabiyallah Ibrahim memilih kematian tetap menjadi rahasia Allah.

Esok paginya, Nabiyallah Ibrahim ternyata melihat dan menyaksikan bahwa anak muda tersebut tetap bisa melangsungkan pernikahannya.

Hari berganti hari, minggu berganti minggu, bulan berganti bulan, dan tahun berganti tahun, Nabiyallah Ibrahim malah melihat anak muda ini panjang umurnya.

Hingga usia anak muda ini 70 tahun, Nabiyallah Ibrahim bertanya kepada Malaikat Kematian, apakah dia berbohong tempo hari sewaktu menyampaikan bahwa anak muda itu umurnya tidak akan sampai besok pagi? Malaikat Kematian menjawab bahwa dirinya memang akan mencabut nyawa anak muda tersebut, tapi Allah menahannya.

“Apa gerangan yang membuat Allah SWT menahan tanganmu untuk tidak mencabut nyawa anak muda tersebut, dulu?”

“Wahai Ibrahim, di malam menjelang pernikahannya, anak muda tersebut menyedekahkan separuh dari kekayaannya. Dan ini yang membuat Allah memutuskan untuk memanjangkan umur anak muda tersebut, hingga engkau masih melihatnya hidup.”

Saudara-saudaraku, pembaca “Kajian WisataHati” dimanapun Anda berada, kematian memang di tangan Allah SWT. justru itu, memajukan dan memundurkan kematian adalah hak Allah. Dan Allah memberitahu lewat kalam Rasul-Nya, Muhammad saw bahwa sedekah itu bisa memanjangkan umur. jadi, bila disebut bahwa ada sesuatu yang bisa menunda kematian, itu adalah…SEDEKAH.

Maka, tengoklah kanan-kiri Anda, lihat-lihatlah sekeliling Anda. Bila Anda menemukan ada satu-dua kesusahan tergelar. maka sesungguhnya Andalah yang butuh pertolongan. Karena siapa tahu kesusahan itu digelar Allah untuk memperpanjang umur Anda. Tinggal apakah Anda bersedia menolongnya atau tidak. Bila bersedia, maka kemungkinan besar memang Allah akan memanjangkan umur Anda.

Saudara-saudaraku sekalian, tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan ajalnya akan sampai. Dan, tidak seseorangpun yang mengetahui dalam kondisi apa ajalnya tiba. Maka mengeluarkan sedekah bukan saja akan memperpanjang umur, melainkan juga memungkinkan kita meninggal dalam keadaan baik. Bukankah sedekah akan mengundang cintanya Allah? Sedangkan kalau seseorang sudah dicintai oleh Allah, maka tidak ada masalahnya yang tidak diselesaikan, tidak ada keinginannya yang tidak dikabulkan, tidak ada dosanya yang tidak diampunkan, dan tidak ada nyawa yang dicabut dalam keadaan husnul khatimah.

Mudah-mudahan Allah berkenan memperpanjang umur, sehingga kita semua berkesempatan untuk mengejar ampunan Allah dan mengubah segala kelakuan kita, sambil mempersiapkan kematian datang. Amin...

Sampai ketemu di pembahasan berikutnya. Insya Allah, kita masih membahas “sedikit tentang menunda umur, tapi kaitannya dengan kesulitan-kesulitan hidup yang kita hadapi “.

Salam, Yusuf Mansur.
Salam Wisata Hati.

“Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan di siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur yang telah ditentukan, kemudian kepada Allah-lah kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan” (An-Nisaa: 78)




Sumber : http://www.wisatahati.com

127 comments:

  • hzndi says:
    3/11/2012

    merenung dan membcca artikel abang

  • Jejak Puisi says:
    3/11/2012

    subhanallah..., keutamaan sedekah yg ini baru ane tau sob.

    thanks dah berbagi. salam blogger n happy blogging^^

  • Ary_Putra says:
    3/11/2012

    Sama2 sahabat... TERIMA KASIH sudah berkunjung. mudah-mudahan kita lebih semangat serta giat lg dalam bersedekah melihat keutamaan serta fadilah yg luar biasa besar sekali dari sedekah tsb. Salam sukses

  • Search ilmu says:
    3/11/2012

    maksud dari kematian bisa di undur gmana yah??


    bukanya mati itu sudah di takdirkan ???

  • NICKY OKTAVIAN says:
    3/11/2012

    Insya Allah sob tetap nengok kanan kiri membantu yg lemah.. Amin....

  • Ary_Putra says:
    3/11/2012

    Mohon biasakan membaca isi artikelnya dulu donk, baru komentar kawan, pasti tadi cuma baca Judulnya doang ya ?? lagi pula kan di situ jg sudah di jelaskan !!

  • "b@ndit" says:
    3/11/2012

    subhanalla,, ternyata manfaat sedekah sangat besar sekali,,

    Thank's dah berbagi, sob,,

  • Suatu motivasi sedekah yang snagat dahsyat, terimakasih artikelnya sob :)

  • Fajar345 says:
    3/11/2012

    subhanallah. kekuatan sedekah itu ternyata dahsyat..
    Thanks sob artikel nya bermanfaat :-)

  • Kang Farhan says:
    3/11/2012

    alhamdulillah...kajian abang selalu memberi warna tersendiri bagi saya dan sahabat2 semua... semoga kita selalu tergolong orang2 yg rajin bersedekah ya bang....
    aamiin

  • Foredi Obat Tahan Lama says:
    3/12/2012

    sangat sangat bermanfaat sekali sedekah ini. membuat kita panjang umur

  • pasarherbal says:
    3/12/2012

    begitu ya ternyata.....baru tau ane...makasih ya sob...atas infonya

  • Obat Alami Stroke says:
    3/12/2012

    Terima kasih telah berbagi ilmu yang berguna,
    semoga allah senantiasa memeberi keberkahan.
    Amin...

  • tas cantik murah says:
    3/13/2012

    Subhanallah Allah telah memberikan jalan beramal yg cukup mudah bagi kita...

  • obat jantung koroner says:
    3/13/2012

    jadi ingat dosa jarang ngasih sedekah, thanks buat artikel nya keren,

  • Info obat alami says:
    3/13/2012

    Allah maha agung sekiranya seperti itu yang harusnya kita lakukan, semoga Allah meridhoi.Amin

  • adi zulpika says:
    3/13/2012

    artikel yang bermanfaat, semoga kita semua menjadi orang yg murah hati dan murah rezeki dan bisa membantu sesama,,, amin,,
    Yg jelas apapun yg kita perbuat ,apapun kebaikan yg kita lakukan semua harus dilakukan dengan keiklasan, jangan pernah meminta imbalan apapun walaupun sama allah swt ,karena allah maha mengetahui apa yg kita kerjakan,, ! Allah maha bijaksana,maha adil,maha kuasa,semua pasti mendapat balasan,,
    Itulah kehidupan,,, menjelang ajal menjeput, hidup di dunia adalah jalan menuju akhirat, ketahuilah dan sadarilah bahwa semua alam semesta beserta isi-isinya di ciptakan oleh allah swt,
    sadarlah bahwa kita ciptaannya, wajib kita menyembahnya, karena tanpanya kita tak akan ada, dan tak ada artinya, karena hidup di dunia cuma sementara, allahhuakbar

  • hamparan says:
    3/13/2012

    kematian adalah sesuatu yang telah ditetapkan Allah. dan Allah SWT. berkehendak mutlak terhadap apa yang telah ditetapkan. dan sedekah mempunyai keutamaan yang besar untuk mendapatkan keridhoan serta simpati Allah SWT, terimakasih kawan atas sharingnya

  • Huzna Souvenir says:
    3/13/2012

    memang banyak keajaiban-keajaiban tentang sedekah yang pernah kita dengar, tapi yang sulit itu dan tertinggi itu mengikutkannnya dengan "ikhlas" semoga kita jg bisa mengamalkannya......

  • MENULIS KARYA SASTRA says:
    3/13/2012

    YA BISA DIUNDUR. TAPI INGET YAH DENGAN IKHLAS JANGAN NIATNYA BIAR MATINYA DIUNDUR. HEHE
    NICE SHARE. :)

  • Tukang Sapu says:
    3/13/2012

    Subhanallah, ternyata begitu dhasyatnya sedekah,,,

  • subhanallah....
    klo begitu mari kita rajin bersedekah denganniat yang ikhlas hanya untuk mencari ridho alloh swt...

  • Abed Saragih says:
    3/14/2012

    Terima kasih udah membagi yg bermanfaat bagi saya sebagai pembaca.

  • Truna Bali says:
    3/14/2012

    marilah ulurkan tangan kita sob buat orang orang disamping kita ini,,,, makasi infonya gan..... keren abis,,,
    ane bersedekah mepunia alakadarnya,,, alias semampunya...

  • jadi terbangkitkan kembali untu bersedakah..........benar-benar informasi yang membantu dan bermanfaat

  • Richa (Icha) ☺ says:
    3/16/2012

    wah.. ceritanya membangkitkan keinginan kita untuk mau bersedekah

  • wakh bagus gan ...akan di jadikan motivasi hidupku

  • obat herbal usus buntu says:
    3/22/2012

    pelajaran yang sangat bagus......
    terimakasih gan.

  • ruicao c2joy says:
    3/22/2012

    artikel yang bagus......
    semoga bermanfaat untuk orang banyak sehingga mereka sadar akan manfaat sedekah.

  • xamslimer says:
    3/22/2012

    ternyata selain menambah harta...
    sedekah juga bisa menambah umur.

  • terimakasih sudah berbagi pengetahuan nya...
    semoga kita bisa lebih rajin bersedekah.

  • sedekah membantu sesama yang membutuhkan.

  • jamu kuat pria perkasa says:
    3/23/2012

    sedekah adalah ibadah yang paling mudah bagi umat manusia, karena sedekah hanya membutuhkan ke iklahasan

  • Foredi Obat Tahan Lama says:
    3/23/2012

    kematian hanya milik ALlah yang tau tapi kita hanya bisa ber ikthiar.

  • nice article sob, terharu saya baca kisahnya ...

  • xamthone plus says:
    3/28/2012

    thanks renungannya gan ..

    ane jugqa kalo nsore2 suka mendengar ceramahannya ust.yusuf mansyur..

    benar2 bkin tenang hati dan ingin rasanya langsung menggerakan kedua kaki dan ingin langsung mengaplikasikannya.

  • saya kalu sedekah suka mengharapkan imbalan nya gan ?
    gimana sih supaya ga kayak gitu ?

  • subhanawloh, umur panjang juga rejeki untuk kita, artikel yang bagus, ini untuk mempertebal ke imanan kita semua. thanks.

  • sedekah itu kan bisa sama keluarga,kerabat mapun teman , ayo kita bersedekah

  • mawus says:
    4/05/2012

    emang gak perlu meragukan manfaat sedekah... kalau masih ragu sama aja buang - buang waktu

  • obat jantung says:
    4/05/2012

    Subhanalloh,, renungan yg bagus

  • luar biasa sekali ternyata, dengan sodakoh juga besar sekali manfa'atnya.
    terima kasih banyak.

  • Luar biasa, sebuah inspirasi yang menggugah. Semoga kita diberi kekuatan dan hidayah untuk selalu istiqomah, belajar dan bersedekah. Amien

  • khasiat daun sirsak says:
    4/18/2012

    jangan lah kita semua itu pelit dengan rizky kita...:)
    allah akan melihat kebaikan kita walaupun setipis rambut ;D

  • hendra says:
    4/22/2012

    kudu perbanyak sedekah ni biar umurnya panjang

  • banyak keajaiban yang datang bila kita sering bersedekah..
    thanks untuk sharingnya..

  • Cara Diet Yang Baik says:
    5/01/2012

    subhanallah.......terimakasih share nya

  • songkok gresik says:
    5/04/2012

    alhamdulillah yah, saya masih bis untuk bersedekah, walaupun tidak separoh harta, tetapi insya'aalh kalo' ada rejeki yg lagi. amin ya rabbal alamin.

  • yahoopos says:
    5/06/2012

    Terimakasih atas info yang anda berikan ini sangat berharga dan memberi pengetahuan baru untuk saya,.,,

    nitip link :Yahoo Pos dan singapore pos

    By:Yahoopos.blogspot.com

  • salah satunya dengan kita bersedkah yah,, thx for info..

  • jasa seo murah says:
    5/11/2012

    sungguh pencerahan yang baik sekali,,, semoga kita semua dapat melaksanakan sedekah dengan tulus . . .

  • Harta adalah titipan Allah, jangan sampai harta yang tidak dibawa ke alam kubur malah menjadi bumerang bagi kita.

  • Ikhbal Gusri says:
    5/16/2012

    wah, saya baru tau ini, terima kash telah membag infonya mas :)

  • Iklan says:
    5/19/2012

    Terimakasih, tulisannya sangat menginspirasi

  • sedekah tidak akan membuat kita miskin , justru akan menambah berlipat ganda ...
    nice post gan :)

  • Obat herbal hiv aids says:
    5/23/2012

    Bersedekah lapangkan jiwa dan bersihkan harta .

  • tik tok says:
    5/30/2012

    artikel yg sangat bermanfaat Kang..ditunggu artikel2 selanjutnya

  • obat herbal nyeri haid says:
    6/18/2012

    allahuakbar,,,sedekah ituu sayangatlah luar biasa..

  • jelly gamat says:
    6/19/2012

    subhanalloh,,,mudah-mudahan jadi teladan untuk kita semua amin,

  • yuk kita pada shodaqoh.

  • Obat herbal gagal ginjal says:
    6/22/2012

    mantap deh gan info nya sangat bagus dan sangat menarik nie gan,,,,,

  • masyaALLah sungguh besar keutamaan shodaqoh.

  • info obat tradisional says:
    6/24/2012

    manfaat sedekah . . . semoga saya pun bisa seperti anak itu

  • sodaqoh memang dahsyat banget deh.....

  • OBAT HERBAL KANKER HATI says:
    7/01/2012

    seandainya banyak yang tahu keistimewaan dalam bersedeqah, pasti banyak yang sedeqah.

  • Nuno says:
    7/04/2012

    Mari bersedekah, mari berbagi dan saling peduli

  • keren gan artikel nya .

  • OBAT HERBAL SAKIT GINJAL says:
    7/06/2012

    kalau orang paa baca artikel ini, mungkin banyak yang pada sedeqah.

  • Trimakasih yah info nya .. :):)

  • Info nya sangat bermanfaat .. :):)

  • Info nya sangat bermanfaat .. :):)

  • Unik Plus Plus says:
    7/16/2012

    alangkah indah orang bersedekah dekat dengan khaliq dekat dengan makhluq...

  • tas branded says:
    7/17/2012

    bermanfaat bagi kita, terimakasih sudah share gan...

  • fahmyramdani says:
    7/17/2012

    mantap gan infonya dan sangat menarik, semoga bermanfaat dan semoga kita seukses selalu gan

  • alat ukur says:
    7/19/2012

    smoga dengan ada nya ni, semua nya mw membantu orang yg kurang mampu.amin.

  • alat safety says:
    7/19/2012

    hal ni menunjkkan betapa penting nya bantuan yang akan kita beri.

  • bakoeltas says:
    7/22/2012

    subhanallah..
    sungguh besar manfaat bersedekah..

  • rahmat solihin says:
    7/25/2012

    subhanallah.....makasih gan atas sarannya

  • skripsi informatika says:
    7/26/2012

    subhanalloh,,,
    kisah yang bagus mkasih untuk share

  • Mahluk Hina says:
    8/07/2012

    Yang kau lakukan menentukan yang kau hasilkan, dan yang kemudian menentukan nilai dan hargamu bagi orang lain. Terimakasih buat infonya sob....

  • natural cures for lupus says:
    8/12/2012

    subhanallah perbanyak sedekah yuk

  • JSS Indonesia says:
    8/15/2012

    banyak banget ya manfaat sedekah. sedekah yuk.. makasih gan artikelnya sangat bermanfaat dan memotivasi kita untuk bersedekah..

  • inonugo journals says:
    8/31/2012

    Kematian memang rahasia dan milik Allah swt.

  • Penbgobatan asam lambung says:
    9/24/2012

    salam sehat gan aku suka blog kamu

  • Obat Tbc Alami says:
    9/27/2012

    mantap

  • clicksomemore says:
    9/29/2012

    Greаt artіcle....This is νery intereѕting, You are an eхсesѕivеly skіlled blogger. I'll join yοur гss feеd and sіt up foг іn seаrch of more of your еxcellent posts. Also, Ι’ve shared yοur webѕіte in my ѕocial networks,Тhank you foг another great post. i got something good to share..come visit me sometimes :D

  • sedekah memang luar biasa ya...
    apalagi di bln ramadhan... ^^

  • thanks artikelnya mantap izin bookmark ya..^_^

  • Limit Komputer says:
    11/03/2012

    Takjub sya membacanya ....

    Sungguh indah besar skai manfaat sdekah

  • Obat Alami says:
    11/07/2012

    Bersedekah itu indah , 1/4 harta yang diberikan tuhan kepada kita itulah rejeki orang yang membutuhkan daripada kita .

  • Abed Saragih says:
    11/09/2012

    Betul Mas.Jelas bahwa semakin banyak kita memberi kepada orang yang kurang dari kita akan memberi pahala dan membuat umur panjang.

  • DUTA LONG RELOAD says:
    11/09/2012

    subhanalloh, , ,sedekah memang benar-bnar memberikan manfaat untuk kita

  • jakarta spa says:
    11/12/2012

    Sungguh besar faedah sedekah, bukan hanya menolak bala, umurpun bisa nambah, masya Allah, wallahu a'lam bissawab

  • Template Seo friendly says:
    11/12/2012

    sedekah juga rahasia kekayaan gans :D banyak2 sedekah insyaallah rezeki lancar

  • yusuf.syarif10@gmail.com says:
    11/12/2012

    Hal : Permohonan Dana Bantuan Beasiswa Perkuliahan
    Kepada Yth,
    Para Pembaca yang di Rahmati Allah 
    Di tempat.
    السلام عتيكم ورحمة الله وبركاته
    Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah . Shalawat dan salam marilah senantiasa kita limpahkan kepada Nabi besar Muhammad , pembawa dan pemimpin kebenaran bagi umat manusia. Serta sholawat dan salam semoga terlimpahkan kepada para sahabat Nabi  dan orang-orang yang senantiasa istiqomah didalam mengikuti jejak dan sunnah Muhammad .
    Alhamdulillah atas karunia dan nikmat Allah  kita dapat meneruskan dakwah dan perjuangan Nabi Muhammad  untuk menyebarkan Islam ke seluruh umat manusia dan ini adalah karunia serta nikmat dari Allah  bahwa kita telah dipercaya oleh Allah  untuk memegang amanah meneruskan perjuangan Nabi .
    Saya adalah seorang santri alumni dari salah satu Pondok Pesantern di Sumtra Utara ini. Ayah saya adalah seorang petani yang memiliki hutang sebesar ± 200 juta rupiah. Saya sekarang mengajar di salah satu Pondok Pesantren di Kab. Labuhan Batu Selatan (LABUSEL). Yang Alhamdilllah saya mengajarkan pelajaran salah satu bahasa internasional yang membumi yaitu bahasa inggris. Saya seorang guru abdi yang tamatan SMA/Aliyah. Dengan hal tersebut ilmu yang saya punyai untuk mengajarkan kepada siswa sangatlah minim. Apa lagi di era zaman yang serba maju seorang guru harus mempunyai title (gelar) minimal S1.
    Dengan alasan-alasan tersebutlah saya seorang guru sadar bahwa ilmu yang saya miliki masih minim dan harus di tambah. Tetapi saya sedih dengan biaya yang saya miliki belum mencukupi dan sangat minim.
    Dengan inilah saya mengajak para pembaca sekalian untuk menyisihkan keapangan rezki yang dimiliki. Agar sekiranya membantu saya untuk menambah biaya kuliah saya. Dan saya berharap kepada anda untuk menginfakkah harta anda untuk orang yang semangat dalam menuntut ilmu seperti saya Insya Allah. Insya Allah harta yang anda infakkan sekalian adalah salah satu amalan jariyah (amalan yang tidak pernah putus pahalanya) hingga hari kiamat. Yang Insya Allah ini adalah salah satu jalan kepada Anda untuk menambah berat timbangan amalan kebaikan anda disisi Allah , ketika kita semua di kumpulkan oleh Allah ta’ala untuk di hitung Amalnya. Amiin…
    Dan saya berharap kepada Anda sekalian untuk menginfakkan harta yang anda miliki dengan niat yang tulus ikhlas agar Allah menambah rezeki anda semua. Dan saya memohon dan berharap sekiranya saya jika di berikan infak ini salah seorang dari anda tidak mengikat saya ke lembaga atau istansi. Karena saya akan mengamalkan semua ilmu yang saya dapat kepada semua orang baik muda atau pun tua baik laki-laki ataupun wanita tanpa terkecuali.
    Yang Alhamdulillah anda bisa menyalurkan dan menyisihkan harta Anda sebgai infak yang bermanfaat ke Rekkening bank BRI saya.

    A/N : Dedy Yusuf
    No. Rek : 5322-01-005177-53-4
    Bank : Bank BRI Medan
    Unit : Unit Melati Medan

    Demikianlah Surat permohonan bantuan menambah biaya kuliah saya yang saya sampaikan, yang Insya Allah mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua baik saya yang dapat menambah ilmu saya dan anda yang dapat menambah rezeki anda baik harta maupun pahala. Saya sampaikan juga bahwa ini adalah bukan suatu penipuan yang banyak terjadi disekitar kita. Tapi ini Alhamdulillah benar adanya. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada para pembaca yang sudah menginfakkan hartanya untuk keilmuan saya. Dan saya berdoa kepada Allah semoga Anda selalu dalam lindungan Allah dan limpahan harta dan nikmat kesehatan yang sangat berhaga dari apapun. Amiin …
    والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    Hormat Saya,


    ( Dedy Yusuf )

  • He4lthy says:
    11/14/2012

    memang , menurut saya sedekah, itu bnyak sekali manfaat nya... saya aja sudah mencobanya

    http://h34lthy.blogspot.com/

  • vimax says:
    11/14/2012

    harus sering banyak beramal nih...

  • Obat Asam Urat Herbal says:
    11/19/2012

    itulah manfaatnya sedekah

  • ebook seo plus says:
    11/20/2012

    oke deh...lain kali rajin2 bersedekah

  • ini mengingatkan saya tentang bersedekah bukan di kala kita kaya atau sebagai nya, tapi bersedekah di kala ada kesempatan. good post :)

  • Obat Penyakit Gagal Ginjal says:
    11/27/2012

    kunjungan sore perdana nih gan..
    oiya kami tunggu artikel selanjutnya namun jangan lama lama yah..heheee
    Semoga bermanfaat untuk para bloger..amin

  • aplikasi Blackberry says:
    12/18/2012

    Itulah salah satu keindahan islam .. karena berbagi tak perbah rugi . .

  • agen ibcbet terbaik says:
    1/07/2013

    wah saya baru tau kalo dengan bersedekah umur kita bisa panjang.

  • info loker says:
    1/11/2013

    terimakasih saudaraku yang sdh mengingatkanku utk bersedekah

  • Nanang Aris says:
    2/02/2013

    Sedekah sedekah sedekah

  • Agus Riyanto says:
    2/05/2013

    mantap.,,indah,y sedekah.

  • sedekah merupakan amal ibadah yang sangat diridhai oleh allh :)

  • Bayu Santoso says:
    4/16/2013

    As'salammuallaikum. Alhamdullilah. Terima kasih atas informasinya. La Haula Wa La Quwwata Illa Billahil Aliyyil Azim. Subhanallohil Azim. shodaqoh97.blogspot.com.

  • Wiky Sherdy says:
    5/28/2013

    Terimakaih atas semua penjelasan nya,aku bener2 kagum atas kekuatan sedekah..

  • jual madu asli says:
    6/22/2013

    Subhanallah... itulah diantaranya keajaiban sedekah. Allah akan memanjangkan usia kita. Mantaps. Makasih gan sudah posting artikel ini.

  • Anonymous says:
    7/23/2013

    Saya kira ada yg perlu diluruskan dlm kisah ini karena Allah itu Maha menepati janji walapun umur adalah hak prerogatif namun ketika sudah diputuskan umurnya ketika dlm rahim kematian itu tdk bisa diajukan ataupun diundur. Silakan bc Alqur'an.

  • Bersedekah memang banyak manfaatnya, tapi kalaupun bersedekah sebesar atau sebanyak apapun tetapi ngasihnya tidak ikhlas dan hanya iingin mendapat pujian saja percuma .. Bener gak gan????

  • Obat Herbal Untuk Keloid says:
    10/24/2013

    jadi kalau mau hidup lebih lama bersedekah lah..:)

  • Anonymous says:
    1/21/2014

    I am regular visitor, how are you everybody? This article posted at this
    web page is genuinely nice.

    Here is my homepage: best web hosting small business reviews

  • subhanaAllah,,,memberi sedekah memang sellau jalan keluar semua msalah bahkan ajal pun..

  • Anonymous says:
    2/26/2014

    Hi there, just became alert to your blog through Google, and found
    that it is really informative. I'm going to watch out for brussels.
    I will be grateful if you continue this in future. Numerous people will
    be benefited from your writing. Cheers!

    Also visit my page :: profuseanyplace86.blog.com ()

  • Anonymous says:
    3/01/2014

    Saved as a favorite, I love your site!

    Review my page ... savoyshoe68535553.pen.io ()

  • Anonymous says:
    3/01/2014

    This piece of writing is truly a good one it helps new the web users, who are wishing in favor of blogging.


    Here is my web blog ... nonstopardor007.blog.com ()

  • Anonymous says:
    3/07/2014

    Hello it's me, I am also visiting this site daily, this website is actually
    fastidious and the people are actually sharing good thoughts.


    Also visit my homepage p57-hoodia-shop.com - ,

  • Anonymous says:
    3/08/2014

    What i don't understood is in truth how you are not actually much more
    well-appreciated than you might be right now. You're so
    intelligent. You recognize therefore considerably with regards
    to this subject, produced me in my view consider it from a lot of numerous angles.
    Its like men and women don't seem to be fascinated until it is something to do with
    Lady gaga! Your personal stuffs excellent. All the time care for it up!


    Feel free to surf to my weblog :: click me

  • Anonymous says:
    3/14/2014

    Hi there all, here every one is sharing these knowledge, therefore it's pleasant to read this website,
    and I used to pay a quick visit this weblog all the time.



    Feel free to visit my webpage: Business Electricity Rates

  • Anonymous says:
    3/20/2014

    I always spent my half an hour to read this blog's articles or reviews
    all the time along with a mug of coffee.

    my page: friendship sms messages

  • Anonymous says:
    3/22/2014

    I think this is one of the most vital information for me.
    And i'm glad reading your article. But wanna remark on some general things, The web site style is perfect, the articles is really
    nice : D. Good job, cheers

    Feel free to visit my web page :: blogs.peru21.pe ()

  • Anonymous says:
    3/27/2014

    I have been surfing online greater than 3 hours nowadays, but I by no means found any interesting article like yours.
    It is lovely price enough for me. Personally, if all webmasters and
    bloggers made good content as you did, the web might be a lot more
    useful than ever before.

    Look into my web site ... click me [www.wrp.pl]

  • Anonymous says:
    3/28/2014

    Excellent way of explaining, and fastidious post to take facts regarding my presentation topic, which i am going to
    deliver in institution of higher education.

    Also visit my web-site: mandc.com ()

  • Anonymous says:
    3/28/2014

    Excellent way of explaining, and fastidious post to take facts regarding my presentation topic, which i am going to
    deliver in institution of higher education.

    Also visit my web-site: mandc.com ()

  • Anonymous says:
    4/09/2014

    Fastidious answers in return of this query with genuine arguments and describing
    all on the topic of that.

    Take a look at my web site click me

Gambar Komentar