Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... "Hanya" karena Durhaka, Inilah Akibatnya... | Menggapai Impian

"Hanya" karena Durhaka, Inilah Akibatnya...

Dikisahkan, pada zaman Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ada seorang pemuda bernama ‘Alqamah. Ia seorang yang menghabiskan waktunya untuk beribadah kepada Allah Ta’ala; mengerjakan sholat, shiam, dan bersedekah. Suatu hari ia sakit dan semakin hari semakin parah. Istrinya pun menyuruh seseorang menghadap Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk menyampaikan, “Suamiku, Alqamah sedang saekarat. Dengan ini aku bermaksud mengabarkan keadaannya kepadamu, wahai Rasulallah.”



Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengutus ‘Ammar, Shuhaib dan Bilal. Beliau bersabda, “Berangkatlah kalian, dan talqinkanlah ia dengan kalimat syahadat.” Mereka bertiga berangkat dan memasuki rumahnya. Mereka mendapati ‘Alqamah sedang sekarat sehingga dengan segera mereka mentalqinnya dengan ucapan ‘Laa ilaaha illalLah’. Namun lidah ‘Alqamah kelu, tak mampu mengucapkan kalimat syahadat. Sahabat bertiga menyuruh seseorang menemui Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengabarkan bahwa ‘Alqamah tidak mampu mengucapkan kalimat syahadat. Usai dibacakan, Nabi bertanya, “Adakah salah seorang ibu-bapaknya yang masih hidup?” seseorang menjawab, “Wahai Rasulullah seseorang ibu yang sudah sangat renta.” Maka beliaupun mengutus seseorang dan berpesan, “Katakan kepadanya jika ia kuat berjalan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memanggilnya. Namun jika tidak hendaknya ia tetap tinggal dirumah, Rasulullah akan menemuinya.” Utusan itu sampai kepadanya dan menyampaikan pesan dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Wanita itu berucap, “Jiwaku siap menjadi tebusan jiwanya. Aku lebih pantas mendatangi beliau.” Maka wanita itupun berdiri dengan tongkat dan berjalan menemui Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Ia berucap salam dan beliaupun menjawabnya. Lalu Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bertanya, “Wahai Ummu ‘Alqamah, jujurlah kepadaku. Kalaupun kamu berdusta akan turun wahyu dari Allah Ta’ala. Bagaimana keadaan anakmu ‘Alqamah?” 

Ia menjawab, “Wahai Rasulullah, ia rajin menunaikan shalat, shiyam dan banyak bersedekah.” Rasulullah bertanya lagi. “Lalu bagaimana dengan dirimu?”. Wanita itu menjawab,”Wahai Rasulullah aku   MURKA   dengannya.”. 

“Mengapa?” tanya beliau. “Karena ia lebih mengutamakan istrinya dari pada diriku dan ia tidak mau taat kepadaku.”, jawab Ummu ‘Alqamah. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Sesungguhnya murka Ummu ‘Alqamah menghalangi lisannya untuk mengucapkan syahadat.” Beliau melanjutkan, “Bilal, pergi dan bawakan untukku kayu bakar yang banyak.”. Wanita itu bertanya, “Apa yang akan Anda lakukan, Wahai Rasulullah ?” Beliau menjawab “Aku hendak membakarnya dihadapanmu” Wanita itu menimpali, “Wahai Rasulullah, ia adalah anaku. Hatiku tidak akan kuat menyaksikannya dibakar dihadapanku.” .”Wahai Ummu ‘Alqamah, adzab Allah lebih dahsyat lagi kekal. Jika kamu senang terhadap ampunan Allah baginya, ridhailah dia. Demi yang jiwaku ada di tangan-Nya, shalat, shiyam, dan sedekahnya tidak mendatangkan manfaat baginya selama kamu murka.“, sabda nabi. Mendengarnya wanita itu berkata, “Wahai Rasulullah, aku bersaksi di hadapan Allah, para malaikat, dan siapa saja yang hdir disini dari antara kaum muslimin bahwa aku telah ridha kepada anakku,’Alqamah.” 

Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Bilal, berangkat dan lihatlah apakah ‘Alqamah sudah dapat mengucapkan ‘Laa ilaaha illallah’ atau belum. Bisa saja Ummu ‘Alqamah tadi mengatakan yang bukan dari lubuk hatinya karena malu kepadaku/” Bilal beramgkat dan melihat kondisi ‘Alqamah. Ia berkata,”Wahai sekalian orang, murka Ummu ‘Alqamah menghalangi lidahnya dari syahadat, dan ridhanya telah melepaskan kekeluan lidahnya.” 

Pada hari itu juga ‘Alqamah meninggal. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam hadir, memerintahkan untuk memandiakn dan mengkafaninya. Lalu beliau menshalatkan dan menghadiri prosesi penguburannya. Beliau berdiri di ujung kuburnya bersabda :

“Wahai sekalian Muhajirin dan Anshar, barangsiapa mengedepankan istrinya dari pada ibunya niscaya akan mendapatkan laknat dari Allah, para malaikat, dan manusia semuanya. Allah tidak akan menerima infaqnya juga sikap adilnya sehingga ia bertaubat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan berbuat baik kepadanya serta memohonkan keridoannya. Keridloan Allah terletak pada keridloannya, kemurkaan Allah terletak pada kemurkaannya.“


Mari senantiasa memohon kepada Allah untuk senantiasa membimbing kita dalam menggapai keridlaanNya dan menjauhkan kita dari sikap durhaka kepada orang tua. Sesungguhnya Dia Maha Pemurah, Maha Mulia, Maha Penyayang, lagi Maha Pengasih.

Semoga dari sedikit artikel di atas, bisa di jadikan sebuah renungan yang dalam untuk kita semua...Semoga bermanfaat untuk pembaca yang budiman.


144 comments:

  • KangFarhan says:
    3/20/2012

    ibu kita adalah yg paling berhak untuk dihormati setelah Allah dan rosulnya.. bagus banget bang artikel kali ini ... sangat menginspirasi kita tuk selalu berbuat baik kepada ibu kita

  • BRI Jakarta Veteran says:
    3/20/2012

    sangat mencerahkan bathin, terima-kasih sahabat & salam

  • Peduli AlamKu says:
    3/20/2012

    ini ajaran agar kita selalu taat pada orang tua, rido orang tua rido tuhan juga. dan ini mengajarkan betapapun kita jahat kepada orang tua, dia akan selalu memaafkan kita. sunggu mulia mereka, mungkin tidak setiap dari kita adalah orang tua. tapi setiap dari kita adalah anak. so hargai orang tua. makasih renungannya gan.

  • cerita anak kost says:
    3/20/2012

    saya ternyuh membacanya, emang kasih sayang orang tua tida batasnya. sampai kita berbuat salah pun ia masih memaafkan. semoga kita di beri kekuatan untuk memuliakan orang tua, makasih renungannya.

  • Blog M says:
    3/20/2012

    Berbaktilah kepada ke 2 orang tua. agar kelak bisa masuk surga. Surga yang nomor keberapa itu...? saya ngk tau. yang tau hanya Allah...

  • info obat alami says:
    3/20/2012

    pepatahpun mengatakan sorga di telapak kaki ibu...

  • . . kisah nya bener-bener menyentuh banget. segimana pun kita pokoknya jangan pernah lupa sama ortu kita, apalagi ibu. walopun ada yg sayang dengan kita, tapi sayang nya seorang ibu melebihi dari siapun. smoga aja kita smua menjadi anak yg berbakti sama orang tua dan juga sholeh sholehah. amieeeeennnn,, . .

  • penyuluh perikanan says:
    3/21/2012

    terima kasih, artikel yang memiliki makna dan hikah bagi kya semua
    salam kami penyuluh perikanan
    http://penyuluhpi.blogspot.com/

  • Ary_Putra says:
    3/21/2012

    Mengucapakan Terima Kasih Buat Sahabat Semua Atas Kunjungannya.... Semoga Artikel di atas bisa di jadikan untuk kita renungkan bersama. Semoga kita bisa menjadi anak yg berbakti terhadap kedua orang tua kita. Ridho Allah SWT tergantung Ridho Orang Tua kita. Salam Sukses selalu Sahabat

  • obat herbal usus buntu says:
    3/21/2012

    hanya karna murka sang ibu..
    sang anak susah untuk mengucapkan kalimat syahadat di ujung kehidupan nya..
    padahal rajin beribadah..
    semoga kita tidak jadi anak yang durhaka terhadap orang tua.

  • agen xamthone plus tegal says:
    3/21/2012

    murka ibu adalah murka allah..
    jadi jangan sampai kita membuat ibu kita menjadi murka kepada kita.

  • agen xamthone plus slawi says:
    3/21/2012

    semoga bisa jadi pelajaran buat kita semua..
    supaya tidak durhaka terhadap orang tua..
    apa lagi ibu kita.

  • terimakasih artikel nya...
    sangat mengingatkan sekali.

  • isman says:
    3/21/2012

    Jika diperbolehkan bertuhan lagi setelah Allah, maka ibulah orangnya...

  • tentu kita harus taat dan patuh kepada kedua orang tua terutama kepada ibu ..
    ibu sanagat lah berarti buat kita ..
    do'a nya sangat mujarab begitupun dengan sumpah nya ..

  • kasih ibu sepanjang masa ..
    ibu adalah segalanya buat kita ..
    maka kita harus menghormatinya .. dengan do'a nya yang tulus kita akan selamat ..
    amin ..

  • ibu ..
    kasih mu takan pernah terganti maafkan aku selama ini yang telah menyia nyiakan mu .. aku minta maaf aku ga mau seperti alqamah yang durhaka kepada ibu nya ,,
    ibu ampuni dosa dosa ku ..

  • terimakasih atas informasinya!!!salam kenal dan semoga kita bisa menjadi orang yang berbakti kepada orang tua amin... Ibu ma'afin atas kesalahanku semuanya!!!

  • COF says:
    3/22/2012

    Surga dibawah telapak kaki ibu..., terima kasih artikel menariknya, mudah2an jadi renungan untuk kita semua.

  • Jejak Puisi says:
    3/22/2012

    ridho Allah ada di ridho orang tua, terlebih ibu. y Robbi...., semoga ibuku meridhoi apapun yg hamba lakukan u/ selalu berada di jalan-Mu yang bernar.

    trims atas kisahnya... salam sukses n semangat selalu ;)

  • Andikwin K.A says:
    3/23/2012

    informasi yang bagus kang!

  • Nuno says:
    3/23/2012

    Jangan Durhaka, berbaktilah pada orang tua

  • lina@happy family says:
    3/23/2012

    Jangan sampai melawan dan durhaka dengan orang tua kita. Kedua orang tua saya sudah meninggal. Ayah saya meninggal bulan Januari yang lalu. Saya ikhlas, tetapi rasa kehilangan tetap ada.

  • XAMthone says:
    3/23/2012

    sughanaloh kuasa mu begitu besar ya alloh,,,,

  • Jasa Pembuatan Blog says:
    3/25/2012

    Sesuai hadits Rasulullah SAW, derajat seorang Ibu 3x lebih tinggi dari seorang Ayah. Tidak diragukan lagi kita wajib mentaati dan berbuat baik kepada seorang Ibu. Doa seorang ibu lebih mustajabah daripada doa dari 1000 Kyai.Maka,berbaktilah kepada Ibu jika ingin sukses di segala bidang.

  • kulit manggis says:
    3/25/2012

    saya banyak belajar dari blog ini, makasih ya atas semua infonya, bermanfaat sekali,

  • Ruang Inspirasi says:
    3/26/2012

    Sungguh beruntung bagi mereka yang masih punya orang tua terutama ibu, karena masih bisa mencurahkan kasih sayang dan berkesempatan untuk membalas jasa orang tua (meski tak mungkin bisa terbalas sepenuhnya)

    Ridho orang tua, adalah ridho Allah juga...

  • Azka Zulham says:
    3/26/2012

    Nice Artikel gan,Membuat Kita sadar akan Kebesaran Allah SWT...

  • ibu itu segalanya bagiku,,,,

  • Obat Glaukoma Alami says:
    3/27/2012

    subhanallah..jangan pada niru yah yang jelek gnii

  • subhanallah semoga aku bukan anak yang seperti itu....

  • diabetes melitus says:
    3/30/2012

    thanks gan artikel nya ini mengingat kan pad ibu saya gan, salam kenal

  • obat herbal kanker darah says:
    3/30/2012

    mksih postingan nya gan,, mudah2an bermanfaat banyak..

  • arief ahsan says:
    3/30/2012

    keren,, kita juga harus ingat akhirat.. jangn sampe mati dengan label durhaka.

  • bermanfaat sekali, makasih udah share...

  • krisnanto (OM Kris) says:
    4/02/2012

    Syurga ditelapak kaki ibu.

  • erwin says:
    4/02/2012

    setelah membaca artikel ini aku jadi teringat perbuatan salahku pada ibuku

  • ya...mari kita renungkan........

  • asfa blog says:
    4/04/2012

    ibu maafkan anakmu ini,sedih saya kalau baca cerita tentang ibu ,begitu besar pengorbanan ibu kita,,,,,,,

  • ridhonya orang tua, ridhonya allah, ini sebagai pelajaran buat kita yang hidup di dunia, bahwa ridho orang tua itu sangat besar.. artikel yang bemanfa'at sekali. thanks.

  • lalu bagaimana apabila seorang wanita pada suaminya , apakah harus mengedepankan seorang ibu dulu atau suami dulu

  • obat jantung says:
    4/05/2012

    ibu, maafkn aku apabila aku sering brbuat salah...

  • ya Allah,,,semoga saya tidak,,,,secara sadar dan tidak kita hanya manusia biasa,,harus selalu meminta maaf,,terima kasih gan

  • Phạm Minh Tâm says:
    4/05/2012

    ( Thank blog for you great - http://www.vatinam.net )

  • murka orang tua murkanya allah juga, itu sebagai pelajaran buat kita gan,. artikel yang menarik, makasih mohon maaf sebelumnya..

  • cara merubah pdf ke word says:
    4/06/2012

    Semoga saya bkn anak yg durhala yang di zalimi allah :)

  • Trica Jus says:
    4/08/2012

    mksih postingan nya gan,, mudah2an bermanfaat banyak..

  • senam aerobik says:
    4/09/2012

    terima kasih atas infonya...
    menarik...
    salam kenal...

  • info obat tradisional says:
    4/10/2012

    kalo baca kisah begini jadi ngebayangin berapa banyak dosa sama orang tua . . .

  • iam says:
    4/10/2012

    semoga kita termasuk insan yang cinta orang tua

  • semoga kita dihindarkan dari sifat durhaka kepada orang tua,,,aamiin,,

  • ea tuhaaan, jauh kan saya dari seperti sifat durhaka pada orang tua saya.
    artikel yang bagus banget ini pelajaran yang bisa kita ambil.
    terima kasih banyak.

  • Obat Herbal Kanker Darah says:
    4/12/2012

    subhanallah, semoga semua itu tidak terjadi. terimakasih infonya semoga sukses.

  • obat herbal kanker darah says:
    4/13/2012

    semoga ibu kita sayang terhadap anaknya

  • Remaja says:
    4/17/2012

    semua yang trjadi dalam hidup tidak jauh dari yang nmanya cobaan

  • obat herbal trica jus says:
    4/18/2012

    bermanfaat sekali gan artikel nya.... semoga berkah

  • khasiat daun sirsak says:
    4/18/2012

    kita harus bisa membuat ibu kita bahagia ..
    walaupun tidak bisa dengan materi , tp kalo kita menurut atas didikan org tua, yakin pasti akan ada dalam lindungan allah.amin:)

  • Info Indonesia says:
    4/19/2012

    Artikel yg bagus, bisa dijadikan pembelajaran buat para anak agar lebih menghormati orang tuanya

  • karpet berkualitas says:
    4/20/2012

    ya ampun jangan sampai durhaka sama orang tua..

  • SeaSon says:
    4/20/2012

    makasih infonya...bener2 memberi motivasi

  • find Gadget says:
    4/20/2012

    saya setuju mas, ijin saya share sama kawan ya mas

  • berbisnis di rumah says:
    4/22/2012

    subhanallah...thanks atas ceritanya dan sharenya ya...mg bermanfaat...salam

  • Memang sangat besar kasih sayang seorang Ibu terhadap anak-anaknya. Dan seringnya malah anak berbuat yang tidak menyenangkan terhadap orang tuanya. Termasuk saya harus lebih berempati terhadap Ibu untuk lebih berbakti kepadanya...

  • Fx Guard Inteligent says:
    4/23/2012

    nice info, blog anda sangat bagus sekali (perfect) .! visit back to : onlyx-45.blogspot.com

  • Tukar Link Yuk says:
    4/23/2012

    air susu dibalas air tuba. ..
    salam kenal

  • Bugil Bokep says:
    4/23/2012

    masih banyak contoh lainnya, ...dtunggu postingan briktuny

  • semoga kita di jauhkan dari sifat durhaka kepada orang tua.

  • obat osteoporosis says:
    4/24/2012

    inallilahi,inilah contoh yang nyata
    terimakasih share nya.

  • oleh oleh khas medan says:
    4/25/2012

    Artikel yg bagus. Kita memang harus lebih menghargai dan menghormati ortu kita

  • ICAH BANJARMASIN says:
    4/27/2012

    Bagiku Ibu adalah segalanya bang disamping ayahku....salut buat artikelnya abang..

  • bursaobatherbal says:
    4/27/2012

    pantas klo surga di telapak kaki ibu, jadi teringat ibu yang mengandung,melahirkan,merawat,mendidik dstrnya sudah sepantasnya kita berbakti kpd ibu...artikel nice ntuk saling mengingatkan...

  • Dede Rukmana says:
    4/27/2012

    pembelajaran buat kita untuk tidak durhaka pada orang tua

  • SR11 says:
    4/27/2012

    Jangan durhaka kepada Ibu,
    Ditunggu komentar baliknya,

    Salam dari SR11 :)

  • Fx Guard Inteligent says:
    4/28/2012

    Bagus sekali artikelnya, Sangat bermanfaat sekali Sob.. Visit back ya: http://onlyx-45.blogspot.com/

  • sigit hermawan says:
    4/29/2012

    ucapkanlah ibu... ibu... ibu...
    setelah itu... bapak...

  • Muhammad Hidayat says:
    5/02/2012

    Wahh.. Thanks bgt yah sob..
    Sangat bermanfaat nih..

  • Darmawan Saputra says:
    5/02/2012

    Artikel yg sangat bermanfaat..
    Saya sudah follow blog anda..
    Saya harapkan anda juga bersedia follow blog saya yg reputasinya masih jauh dibawah anda..
    thx..
    http://onlyx-45.blogspot.com/

  • Btw, kenapa pakai kata "hanya"? Durhaka itu masalah serius

  • sungguh luar biasa siksa yang di dapat, jika seorang anak durhaka pada kedua orang tuanya. Di dunia saja sudah menderita seperti itu, apalagi siksa di akherat..
    semoga kita menjadi anak yang sholeh/sholehah amin.

  • zhi cun lee says:
    5/05/2012

    Subhanallah... A_a'udzu billahi mindzalik....

  • andra says:
    5/06/2012

    subhanallah

    mengerikan


    trimakasih kunjungan sebelumnya

  • chipshoes says:
    5/06/2012

    harus jadi anak yang sholeh

  • Hisyam Fakhri says:
    5/06/2012

    serem gan , di tunggu kunjungan baliknya :D

  • wongcrewchild says:
    5/07/2012

    sangat mnyentuh dan membuka matahati, mencerahkan bagi kita semua, smoga org tua kita sllu kita muliakan, thanks sob

  • Kamus Mandarin Online says:
    5/10/2012

    boleh dong comment disini..

  • Trica Jus says:
    5/14/2012

    berbagi Kata Kata Motivasi
    Senyumlah, tinggalkan sedihmu. Bahagialah, lupakan takutmu. Sakit yg kamu rasa, tak setara dengan bahagia yg akan kamu dapat.
    Air mata tak selalu menunjukkan kesedihan, terkadang karena kita tertawa bahagia bersama sahabat terbaik kita.

    semoga bermanfaat :D

  • IVAN says:
    5/16/2012

    pelajaran berharga tentunya... agar kita tidak menirunya.. :)

  • Ridho Allah bergantung pada Ridho Orang Tua, terutama Ibu.
    semoga kita bisa menjadi anak2 yang soleh/solehah.

  • Videografi says:
    5/18/2012

    menjadi terharu bacanya :(

  • dosa besar dong, apalagi sama orang tua yang udah ngurus kita

  • ryan says:
    5/20/2012

    terimakasih ats motivasi nya gan .......

  • gak boleh dispelekan, durhaka pada orang tua adalah dosa besar!
    thanks sharenya gan

  • Surga berada di telapak kaki ibu..
    ya alloh jauhkan kami dari sifat/perilaku yang engkau murkai .
    nice post gan :)

  • Camelow says:
    5/23/2012

    Jadi terharu baca artikel di atas .

  • cerita anak kost says:
    5/23/2012

    wah emang tu sebesar apapun kesalahan kita, orang tua selalu lapang atas hal itu. bukinya, si ibu tetap saja bisa merelakanya daripada si anak tersiksa dengan sakitnya.

  • nice ppt says:
    5/23/2012

    surga memang benar benar di bawah kaki ibu ya.

  • jujur saya menrinding membaca artikel ini....

  • blog pendidikan says:
    6/08/2012

    zaman sekarang dengan kecanggihan teknologi, bisa terkikis, budaya, toleransi, sikap akan ikut terkikis pula, pendidikanadalah kunci utama dari semua itu, baik itu pendidikan yg berasal dari lingkungan keluarga, pendidikan formal, harus lebih diarahkan untuk membina karakter diri dengan pendidikan yg harmonis saling hormat menghormati, dan menghargai....

  • xamthone plus says:
    6/13/2012

    semoga tidak terjadi pada saya, karena terkadang kita bisa berkata tidak mungkin sy durhaka pada ibu, tapi lebih baik berdoa pada Tuhan agar Dia menguatkan iman kita. amin

  • ibu maafkan anakmu ini.

  • Nuno says:
    6/30/2012

    Jangan durhaka pada orang tua terutama pada ibu

  • IBU saya tahu saya gak bisa membalas semua kebaikanmu walau dengan apapun, maka maafkanlah aku IBU..........

  • Trimakasih yah info nya .. :):)

  • Info nya sangat bermanfaat .. :):)

  • Info nya sangat bermanfaat .. :):)

  • Hanya ingin kunyanyikan senandung dari hati untuk mamah hanya sebuah lagu sederhana lagu cintaku untuk mamah :)

  • subhanalloh bagus sekali gan infonya
    trims gan atas infonya mudah mudahn ada manfaatnya bagi kita semua

  • Surga ada di telapak kaki Ibu itu benar adanya. serajin apapun kita beribadah,tapi kalo tidak mengakui seorang Ibu,maka azablah jadinya

  • modern calssic furniture says:
    8/30/2012

    pelajaran yang sangat berharga...kawan untuk kita semua

    salam kenal
    ditunggu kunjungan baliknya ya..!!
    .n_n.
    http://www.damarlarascipta.com

  • Masterius says:
    9/06/2012

    sangat terharu...
    semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua
    amin

  • Diabetes Melitus says:
    9/09/2012

    Semoga postingan di atas, bsa bermanfaat bagi orang2 yang membacanya khususnya bagi anak yang selama ini suka melawan pada orangtuanya .

  • Obat herbal gagal ginjal says:
    9/16/2012

    suat artikel sekaligus suatu nasihat yang sangat berharga bagi ku.

  • fahmy ramdani says:
    9/17/2012

    kita harus menyayangi ibu dengan sepenuh hati, karenarido tuhan itu berada di ridonya seorang ibu

  • rental mobil surabaya says:
    9/18/2012

    memang dalam kitab sudah dituliskan kalau kita harus menghormati ibu kita

  • Corn Computer says:
    9/25/2012

    bagus sekali sob ceritanya, ane baru tahu malahan, menambah ilmu agama ane
    jazakallah

    salam kenal :)

  • OBAT HERBAL SAKIT MAAG says:
    10/03/2012

    Ibu adalah orang yang berani berkorban demi anak-anaknya, maka dari itu hormati & sayangi dia.

  • motivator indonesia says:
    10/03/2012

    hindari durhaka dehh
    syang sma orang tua lebih baik :')

  • jenis mesinjahit says:
    10/03/2012

    bagus banget ceritanya gan

  • Tomi says:
    10/04/2012

    nari berbakti kepada kedua orang tua kita.

  • Obat Tradisional Jerawat says:
    10/18/2012

    Ibu Maafkan segala kesalahanku sekarang aku sadar kalau dulu aku sering banget bikin ibu nangis sekarang aku baru sadar dan aku minta maaf.

  • Mantaf,,, memberikan inspirasi!

  • rahasia sukses says:
    11/03/2012

    Bukti cinta Allah kepada alqomah,,dia tidak dimatikan sebelum mengucapkan laailahaillallah dan mendapat ridho ibunya,,hari ini betapa banyak orang yang mati tanpa membawa kalimat itu dan gak mendapat ridha ibunya,,

  • obat kanker says:
    11/04/2012

    info yang sangat bermanfaat sekali buat di simak

  • SeoTry says:
    11/13/2012

    Orang tualah segalanya didunia ini.. Jagan sekali-sekali mengecewakan mereka

  • xamthone says:
    11/15/2012

    sungguh bacaan yang menyentuh hati...

  • azmi says:
    11/19/2012

    Suatu pelajaran yang sangat berharga bagi kita sebagai anak. Itulah hidup dan itulah durhaka. oleh karenanya, yuk kita berbakti pada orang tua, tidak akan ada kita kalau tidak ada orang tua kita. makasih atas pencerahannya gan, salam kenal.

  • abdulrohim says:
    11/20/2012

    sejahat jahat nya anak pd ortu tp ttp ortu menyayanginya

  • baju bayi lucu says:
    11/21/2012

    agan terimakasih banyak, artikel diatas sungguh mengingatkan kpd ibu saya, artikel yang seperti ini yang perlu kita dukung. sekalilagi terimakasih.. nice share :)

  • tips dan info serta hiburan yang menarik cuma ada disini.
    :D
    _makasih yah gan udah ngijinin ane singgah di mari
    semoga bermanfaat ..

  • obat migren says:
    12/03/2012

    sangat bermanfaat menjadi bahan renungan untuk kita semua,,selama meminta kita dalam kebanaran kita harus mentaati orang tua terutama ibu

  • BlogSeno says:
    12/11/2012

    Ibu adalah harta yang tak ada bandingnya dengan dunia bagiku... Nice Share gan (^_^)

  • jangan sampe ane durhaka sama ibu ane.

  • sewa ac says:
    1/09/2013

    yampun-_- harus semakin berbakti dong yaa saya :) hehehehe

  • agen bola online says:
    1/10/2013

    subhanallah udah dididik,dibesarin sama ibu kok masih mau durhaka. heran.....

  • Anonymous says:
    1/29/2013

    hi!,I love your writing very so much! proportion we keep in touch more approximately your article
    on AOL? I require an expert in this house to resolve
    my problem. May be that's you! Having a look ahead to look you.
    My page: agen bola tangkas

  • Indah P says:
    2/08/2013

    Artikelnya emang bagus buat renungan. Link blog ini sdh sy pasang sejak saya bikin blog loh,yg jelas sy sdh ijin lewat CBox coz loket pendaftaran tuker link ditutup. mknya sy tiap hari selalu berkunjung di sini. cb mas tengok lagi di Bloglist dgn nama Menggapai Impian. Klw mas akan pasang link saya silahkan dan sy ucapin mksh.

  • ibu yang telah melahirkan kita, sayangi ibu kita seperti kita menyayangi sang pencipta :)

  • Agen Ace Maxs Pekanbaru says:
    3/31/2013

    jangan sekali2 kita durhaka kepada orang tua seperti malin kundang terutama kepada ibu kita... karna surga ada dibalik telapak kaki ibu...

  • pess 2013 says:
    6/13/2013

    ya tuhan aku tlah berdusta kpada orang tua ku sendiri ,,
    yat tuhan ma'apkan aku ,,,
    aku syang kalian semua ,,,,


    mkasih gan buat infonya yagtelah membuat aku sedih ....

  • Ibu adalah segalanya.. Tiada tandingan ,

  • Maka dari itu jangan sekali-kali menyakiti hati seorang ibu ...

  • toko bunga lotus says:
    9/20/2013

    thx buat infonya,memenag bener kalau ibarat kata surga itu ada di telapak kaki ibu...

  • toko bunga lotus says:
    9/20/2013

    ibu adalah orang pertama yg harus & patut kita sayangi karna ibu lah yg melahirkan dan mrawat kita hingga dewasa dan ibarat kata surga itu ada di telapak kaki ibu...

  • Resep kuliner says:
    12/10/2015

    sangat menyentuh sekali dan sangat bermanfaat. :' semoga bisa jadi anak yang taat buat ibu.

Gambar Komentar