Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Keberanian Entrepreneur Ala Abdurrahman bin ‘Auf. MASUK GAN !! | Menggapai Impian

Keberanian Entrepreneur Ala Abdurrahman bin ‘Auf. MASUK GAN !!

Adalah Abdurrahman bin Auf radhiallahu ‘anhu, salah seorang yang berangkat hijrah ke negeri Madinah dari Mekah tanpa berbekal apapun, beliau melangkah menuju Allah dan Rasul-Nya. Sesampainya para sahabat di Madinah, masing-masing mendapatkan seorang rekan dari penduduk Madinah yang dijalinkan persahabatan mereka oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Abdurrahman bin Auf mendapatkan rekan Sa’ad Bin Rabi Al Anshari radhiallahu ‘anhuma. Saking kuat persahabatan yang dijalinkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam antara mereka, Sa’ad bin Rabi’ serta merta berkata pada Abdurrahman. “Silahkan ambil separuh hartaku untukmu.” Namun, apa jawaban Abdurrahman? 




Beliau menolak dengan halus seraya berkata, “Terima Kasih", Semoga Allah memberkahi hartamu, tunjukkan saja padaku di mana letak pasar!”
Mulai sejak itu beliau berwirausaha sehingga menjadi salah seorang sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang kaya raya. Sungguh menakjubkan sikap yang ditunjukkan Abrurrahman bin Auf ini, beliau lebih memilih untuk memulai usaha dari nol daripada menerima pemberian orang lain. Inilah sikap yang harus ditiru oleh para wirausahawan muslim, yaitu: sikap Berani untuk memulai usaha.

Beranjak dari hikmah yang dapat kita ambil dari sahabat ini, maka kami akan mengajak para wirausahawan muslim terutama para pemula, untuk membangkitkan keberanian dalam beberapa hal, di antaranya :

1. Berani Memulai

Sudah rahasia umum, bahwa seorang dilanda rasa takut untuk memulai suatu usaha karena yang terbayang di hadapannya adalah “bagaimana kalau gagal”.
Maka, untuk menepis perasaan ini, marilah kita buat perhitungan: Kalau kita mau mulai, ada dua kemungkinan yang menanti: mungkin berhasil atau mungkin gagal. Tapi, kalau kita tidak pernah memulai, cuma ada satu kepastian yang menghampiri, pasti gagal. Nah, sekarang silahkan pilih,


Berani mencoba = 50% gagal – 50% berhasil
Takut / tidak mau mencoba = 100% gagal?


Rasa takut bercampur khawatir yang diderita oleh setiap pemula usaha adalah suatu  yang wajar adanya. Karena mereka sekarang sedang memasuki “dunia lain”. Tapi bukan berarti ketakutan itu harus dipelihara menjadi semak belukar. Malah seharusnya dipangkas sehingga bisa memantapkan langkah untuk menapak.

Jangan khawatir wahai pebisnis muslim! Tanpa kita sadari, sebenarnya kita sudah memiliki modal “berani” yang kita bawa sejak lahir. Bukankah ketika kita masih berumur 9 bulan, kita sudah berani untuk mulai berdiri dan berjalan? Walau kita tahu akan jatuh bahkan sering mengalaminya. Apakah ketika itu kita menyerah karena sering gagal? Ternyata tidak, kita berani melawan karena kita yakin akan tiba di tujuan, walau jalannya banyak ditaburi ranjau kegagalan. Kini lihatlah buktinya! kita telah bisa berjalan dan berlari. Ini semua berawal dari keberanian kita untuk memulai sesuatu yang baru.

Berani yang kami maksudkan di sini adalah berani yang penuh perhitungan, memperhatiakan rambu-rambu dan peraturan. Bukan berani “nekat” atau membabi- buta, yang pada dasarnya adalah bergerak tanpa perhitungan.

Tawakkal bukan dilakukan karena takut memulai. Tapi sebaliknya, setelah kita berani melangkah dan memulai, baru kita tawakkal. Karena kita tahu manusia hanya berikhtiyar dan mencoba sekuat tenaganya, adapun yang menentukan rezeki hanyalah Allah Ta’ala.

2. Berani Bertahan atau Berani Bersaing

Setelah langkah pertama dimulai, kini dituntut keberanian lain, yaitu keberanian bertahan dalam persaingan bisnis. Persaingan dalam dagang atau dunia usaha adalah hal lumrah dan pasti adanya, karena kita bukan sedang berjualan di hutan. Akan ada yang berjualan atau memproduksi benda seperti punya kita, maka beranilah dalam menghadapi persingan ini. Anggaplah persaingan adalah pemicu adrenalin untuk menambah semangat kita dalam berusaha.

Bila Anda dulu pernah sekolah di SMP atau SMA, coba Anda bayangkan! Bila dalam kelas Anda tidak ada saingan, hanya Anda anak yang pintar. Pasti Anda akan puas dengan nilai 7 karena sudah menempati rangking pertama. Tapi, bila ada pesaing yang mampu meraih nilai 9, pasti Anda akan lebih giat belajar untuk memperoleh nilai 10 agar memperoleh peringkat pertama.

3. Berani Tampil Beda

Tampil beda kebutuhan paling urgen dalam menghadapi persaingan. Mungkin produk atau jasa yang kita jual adalah barang umum di pasaran. Oleh karena itu, jalan menggaet pelanggan adalah dengan berani tampil beda dalam berbagai hal, baik dalam iklan, pelayanan, tampilan, dan lain sebagainya.

Ini adalah beberapa contoh praktik “tampil beda” dari pelaku usaha yang mungkin pernah kita jumpai :
Anda pernah membaca slogan salah satu super market: “Anda dapat harga yang lebih murah dari kami, maka kami ganti selisihnya”. Saya yakin sekali, pasti ada salah satu barang yang dijual di tempat lain dengan harga lebih murah, tapi pernahkah ada yang datang untuk komplain? Jadi, apa fungsi slogan itu? Tak lain hanyalah untuk tampil beda guna memikat daya tarik konsumen.

Pernah tahu ada warung bakso namanya “ora pathe enak” (bahasa jawa), yang artinya: gak begitu enak. Kira-kira kalau Anda seorang penggemar bakso, apa Anda akan tertarik untuk mencobanya? Nah, berawal dari mencoba inilah yang akan mengalir ke ketagihan.

Pernah dengar ada rumah makan melayani para tamunya bukan dengan menghidangkan makanan, tapi dengan mempersilahkan mereka memasak sendiri, yang tentunya di bawah bimbingan chef yang profesional. Ternyata ide itu sangat menarik bagi orang yang hobi dunia kuliner.


Boleh-boleh saja untuk tampil beda, selama itu masih dalam koridor dibolehkan oleh syariat.



Sumber: PengusahaMuslim.com

88 comments:

  • Iklan Baris Tanpa Daftar says:
    7/30/2012

    Ikut menyimak artikelnya gan :-)

    Salam,

  • Outbound di Malang says:
    7/30/2012

    Terimakasih informasi nya gan, sangat bermanfaat
    nice post :)
    ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

  • obat herbal alami says:
    7/30/2012

    berani tampil beda itu yang sangat penting...
    karena dengan begitu kita jadi lebih mudah untuk menarik pelanggan.

  • obat herbal insomnia says:
    7/30/2012

    semoga kita bisa menjadi wirausahawan yang sukses.

  • Belajar Forex says:
    8/01/2012

    Wah... bagus artikelnya nih. Nice post, keep posting




    Belajar Forex

  • wah ini sangat bagus sekali untuk saya dan teman2 yang inigin menjadi wirausahawan..thanks sobat

  • benar benar artikel yang sangat membangun para penbaca.. banyak ilmu yang saya dapatkan dari sini..

  • arie says:
    8/04/2012

    wah menarik nich artikelnya,,,

    sangat memotivasi untuk lebih bersemangat lagi..

  • blog pendidikan says:
    8/08/2012

    stuju dengan penjelasan 3 poin pada artikel ini. patut di contoh keberanian seorang abdurrahman

  • yozi dahfil putra says:
    8/08/2012

    tetap semangat...
    dan semangat terus sob !!!
    salam kenal dari yozidahfilputra.blogspot.com
    follow #736, folbek ya sob,,,,

  • Sharing Software Update says:
    8/08/2012

    satu lagi gan.. pantang menyerah itu wajib....

  • cah ndeso says:
    8/10/2012

    artikel yang sangat bermanfaat thanks.

  • artikel yang sngat mnarik sekli ,,,intinya memang kita tak boleh terkalahkan dengan raa takut kita jika kita ingin mncapai sesuatu yang sudah kita impikan

  • Andri Carly says:
    8/11/2012

    Sangat bermanfaat sob, memberikan motivasi untuk kita,,,

  • InfoGratis says:
    8/11/2012

    Kisah Inspiratif....

  • bank syariah says:
    8/12/2012

    Klo sahabat2 Nabi jaman dulu, bisnis selalu dibarengi infak dan sedekah. berbeda dengan enterpreuner sekarang yang hanya mementingkan materi saja

  • roxty says:
    8/12/2012

    entrepreneur gagal 10x bangkit 11x

  • boleh juga ya ane coba gan,,, terimakasih ya

  • souvenir tasbih says:
    8/13/2012

    sungguh patut ditiru keteladanan Abdurrahman bin Auf radhiallahu ‘anhu, kita sewajarnya berusaha mandiri, jangan jadi pengusaha yang memanfaatkan fasilitas.
    syukron sob pencerahanya, jazakallah khair...

  • harga laptop says:
    8/15/2012

    entrepreuner memang tiada habisnya, banyak manfaatnya, semoga artikel seperti ini diperbanyak ya

  • sewa mobil disurabaya says:
    8/21/2012

    org yg sderhana.. :) patut dcntoh..

  • management consultant says:
    8/27/2012

    Terima kasih untuk artikelnya, sangat menginspirasi sekali ceritanya...:D keep posting

  • semoga kisah Abdurrahman bin Auf menjadi pegangan untuk kita dalam melakukan wirausaha dalam tuntunan islam. terimakasih atas sharenya.

  • alay info says:
    8/29/2012

    ^_^ menginspirasi... salam sukses dah kalo gitu!!!

  • semoga kita mampu meneladani prilaku yang terpuji seperti yang dilakukan oleh Abdurrahman bin Auf radhiallahu ‘anhu

  • MateriDakwah says:
    9/03/2012

    Subhanallah....
    Terima kasih Gan...

    jadi tambah semangat mencoba sesuatu yang baru

  • sewa mobil di surabaya says:
    9/05/2012

    menginspirasi sekali.. terima kasih..

  • Belanja Online says:
    9/05/2012

    Kata-kata ini emang bener-bener ajaib...

    Berani mencoba = 50% gagal – 50% berhasil
    Takut / tidak mau mencoba = 100% gagal?

  • Prie Bidar says:
    9/09/2012

    1.Berusaha sekuat tenaga dan semua karena Allah semata 2.Berdoa terus dan mohon keridhoan dari Allah 3.Tawakkal berserah diri kepada Allah dan Allah akan memberikan yang terbaik bagi kita
    Cara Cepat Hamil

  • entreseo says:
    9/10/2012

    Abdurrahman bin Auf memang terkenal dengan keahlian entrepreneurnya broww


  • Inilah aku..
    Menapak tilas hidup ini yang penuh dengan qalbu
    meneruskan keadaan
    memperbaiki keadaan....
    SALAM SUKES BLOGGER INDONESIA...

  • penerjemah bahasa arab says:
    9/15/2012

    memang benar sob, modal pertama menjadi seorang pengusaha adalah sebuah keberanian tapi keberanian yang menggunakan perhitungan dan ilmu...salam kenal n sukses selalu.thanks

  • fauzi says:
    9/17/2012

    isi dalam artikel ini memeang sangat baik, akan tetapi banyak orang yang tidak menyadarinya dan ttap mempertahankan kegelapan sebagai tempat hidupnya

  • Aldio Blog says:
    9/20/2012

    mantap gan, ijin mampir kesini

  • artikel berbobot yang penuh dengan motivasi. komentar yang masuk juga relevan semua. senang berlama-lama di blog teman. banyak hal untuk pembelajaran. abdurrahman bin auf salah satu sahabat rosul yang berjiwa bisnis dan berkepribadian yang mandiri... sosok yang patut ditiru, selain rosul sendiri tentunya. happy blogging sobat :)

  • agussalam says:
    9/24/2012

    trlalu jauh jka kita mau mmbndingkn akhlak rasululloh maupun shbatnya dgn orng jman skrang..
    trlalu bnyak org jman skrang yg blum mnydari tjuan hdup ssngguhnya,shngga khdpannya pun jauh brbda dgn rasululloh & shbatnya yg mncntai Alloh SWT.

  • No Doong says:
    9/26/2012

    Isi artikel yang sangat berguna sekali, sehingga artikel ini menjadi terpopuler. Tampilan blog yang sangat dinamis dan loading yang ringan membuat pengunjung blog betah berlama lama disini. Sehingga blog ini ramai pengunjung

    jangan lupa visit my blog

    #SalamBlogger

  • mantap gan artikelnya

  • slamet homsen says:
    9/26/2012

    Berani memulai usaha, disini gan saya share link..
    http://homsen.blogspot.com

  • berbisnis di rumah says:
    9/28/2012

    wah, cerita nya benar-benar menginspirasi. Saya juga fans sama Abdurahman bin Auf dan juga Ustman. Beliau adalah pengusaha muslim yang sangat sukses.

  • cara kue lumpur says:
    10/01/2012

    sekarang ini banyak yang tidak mau melakukakannya

  • karangan bunga says:
    10/05/2012

    benar bgt harus berani tapi jangan konyol

  • pengobatan alami stroke says:
    10/14/2012

    semangat untuk menjadi pengusaha..
    seorang pengusaha emg hrs berani mengambil resiko..

  • terkadang kita terlalu takut untuk "memulai"
    sampai akhirnya tidak ada yang kita dapatkan dan menyesal - atau menyalah semua hal

  • parfum original says:
    10/15/2012

    Sangat inspiratif... izin copas ya gan...

  • Investasi Bisnis says:
    10/15/2012

    harus berani beda supaya dilirik... thanks artikelnya keren...

  • obat stroke says:
    10/19/2012

    gan giman caranya agar kita lebih berani lagi untnuk mengembangkan jiwa enterprenuer?

  • Supercoolzz says:
    10/21/2012

    wah mengispirasi sekali nih gan... baca juga ini yg mengisnpirasi Bersyukurlah Selagi Bisa

  • thanks gan artikelnya sangat bermanfaat, ditunggu postingan berikutnya..izin bookmark dl ya..^_^

  • outbound di malang says:
    10/23/2012

    salam super sahabat,
    tetap semangat dan sukses selalu ya
    ditunggu kunjungan baliknya :)

  • tatawarna says:
    10/23/2012

    memberikan peluang pekerjaan emang baik, apa lagi kalau sudah uang yang mengejar kita, bukan kita yang mengejar uang

  • Cara mengobati liver says:
    10/24/2012

    modalnya memang berani ya,,,, dalam konotasi fositip

  • Obat Tradisional Asma says:
    10/27/2012

    makasih banyak ya dah ngasih spirit saya sangat senag membaca artikel ini dan saya akan menjalankannya, thanks.......!

  • Joy Dedication (Dany) says:
    10/28/2012

    Ulasan spirit entrepreneur yang sangat menginspirasi, Masbro..! :)
    Bila kenan saya boleh menambahkan, faktor optimisme pun sepertinya patut menjadi bekal bagi kita yang terjun di dunia kewirausahaan.

    Salam kenal dan salam hangat,
    Dany
    :)

  • obat maag kronis herbal says:
    10/29/2012

    sajian informasi yang sangat bermanfaat dan sangat baik untuk disimak

  • terjemahinggrisindonesia says:
    10/29/2012

    mantap nih artikelnya... Saya termasuk pengagum sahabat abdurrahman bin auf.

  • PENAWARAN USAHA SUSU SALWA says:
    10/29/2012

    Tulisan yang sangat bermanfaat untuk menambah semangat.... sangat menarik sekali gan ulasannya

  • Cara Membuat com says:
    10/30/2012

    Teringat tentang pemenang yang tidak pernah berhenti, mereka bukannya tidak pernah gagal tapi mereka tidak berhenti berusaha.

  • alarm mobil says:
    11/02/2012

    saya sudah "memulai" ni, tidak boleh ada keraguan lagi, harus terus memberikan 100%. thanks untuk postingan yang berguna ini.

    kepada yang lain yang sedang mempromosikan websitenya, mari berikan 100% bahkan lebih untuk melayani visitor kita, meninggalkan komentar di blog sahabat.

  • Ada info says:
    11/05/2012

    Subhanalloh, inspiratif sekali.
    Faktor lain yg kadang membuat org enggan memulai usaha adlh modal. Meski begitu jika qt serius akan memulai, Insya Allah pasti ada jalan.

    Salam Indonesia!

  • Terapi Ion Elektrik says:
    11/06/2012

    artikelnya sungguh inspiratif..
    Semoga dapat melahrikan entepreneur2 baru di tanah air.. :)

  • Ilmu internet says:
    11/09/2012

    makasih atas tipsnya, memang kalau belum dicoba maka kita tidak akan tahu hasilnya, benar begitu.

  • choky says:
    11/09/2012

    inti dari semuanya ialah keberanian :) dan memang itulah kuncinya kesuksesan :)

  • Your blog posts and articles are very interesting, for me become more know, I hope you keep your blog so I can visit again to see your blog posts and articles more ... thanks for the info

  • bunga papan duka cita says:
    11/13/2012

    mantap tips nya, sukses selalu gan.

  • Kye says:
    11/14/2012

    sukses sukses sukses my sugest :)
    nice info gan :)

  • deden H says:
    11/20/2012

    Artikelnya bagus sekali. Banyak contoh pada zaman Rasullulah yang bisa kita teladanin bagaimana untuk suskes dunia dan akhirat. Kita kadang lupa kalau sudah ada contoh bagus di Islam tetapi masih sering mencari-cari model lain untuk dijadikan contoh.

  • Media Pembelajaran says:
    11/24/2012

    Menjadi entrepreneur adalah pilihan, sekaligus ujian ..terima kasih artikelnya, jadi CEMANGAT

  • ulasan automotive says:
    11/25/2012

    sungguh patut ditiru keteladanan Abdurrahman bin Auf radhiallahu ‘anhu, kita sewajarnya berusaha mandiri, jangan jadi pengusaha yang memanfaatkan fasilitas.
    semoga kita mampu meneladani prilaku yang terpuji seperti yang dilakukan oleh Abdurrahman bin Auf radhiallahu ‘anhu
    Berani mencoba jgan takut mencoba.
    salam sukses..

  • panduan otomotif says:
    12/05/2012

    terkadang kita terlalu takut untuk "memulai"(jangan takut)
    sampai akhirnya tidak ada yang kita dapatkan dan menyesal
    sukses gan..

  • hoby mobil terbaru says:
    12/10/2012

    Terimakasih informasi nya gan, sangat bermanfaat
    nice post :)

  • top auto says:
    12/12/2012

    Banyak contoh pada zaman Rasullulah yang bisa kita teladanin bagaimana untuk suskes dunia dan akhirat.

  • iPhone 5 Gadget Impian says:
    12/13/2012

    keberanian dan kesuksesan seorang Abdurrahman bin Auf radhiallahu ‘anhu bisa menjadi inspirasi dalam memulai dan menitih karir

  • review automotive hijau says:
    12/16/2012

    Menjadi entrepreneur adalah pilihan, sekaligus ujian ..terima kasih artikelnya, jadi CEMANGAT

  • info top otomotif says:
    12/20/2012

    sungguh patut ditiru keteladanan Abdurrahman bin Auf radhiallahu ‘anhu

  • informasi dunia otomotif says:
    12/23/2012

    Menjadi entrepreneur adalah pilihan, sekaligus ujian ..terima kasih artikelnya

  • review autofuture says:
    12/26/2012

    harus berani mencoba nie...jgan takut gagal dolo..

  • theautoz says:
    12/28/2012

    Ikut menyimak artikelnya gan :-).
    terima kasih...

  • panduan carfans says:
    1/03/2013

    bagus artikelnya nih. Nice post, keep posting

  • automotive gags says:
    2/27/2013

    menginspirasi sekali.. terima kasih infonya

  • Agen Ace Maxs Batam says:
    3/31/2013

    Bisnis yang paling utama harus action... kalo banyak mikir gak bakal terealisasi...

  • jasa pengaspalan hotmix says:
    6/06/2013

    motivasi bagus..bagi orang orang yang membutuh kan kemajuan

  • Obat Kuat Pria says:
    6/27/2013

    Lagi2 ... BERANI MEMULAI... itu yang penting...

  • Obat Tradisional Kanker says:
    6/27/2013

    Ini yang saya perlukan.... menjadi seorang pengusaha....

  • Jual Sprei Murah says:
    6/27/2013

    Layak dicoba nih... Thanks gan udah di share...

  • Jual Madu Pahit says:
    6/27/2013

    menjadi pribadi yg amanah, dan berani mencoba agar tidak 100% GAGAL...

  • Mobil Toyota says:
    6/27/2013

    Cari yang uni dan berbeda dengan yang lain... pasti bisa... Thanks gan

Gambar Komentar